Olahan Kambing di Berbagai Daerah Indonesia, Inspirasi Masakan Idul Adha

Idul Adha dirayakan setiap 10 Dzulhijah dalam kalender Islam. Dalam perayaan Idul Adha ini biasanya menyembelih hewan kurban dan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Tidak berhenti di situ saja, banyak juga keluarga lainnya berbondong-bondong memasak olahan daging kambing ataupun juga sapi. Buat Teman Traveler yang saat ini masih bingung untuk mengolah daging kambing, ada beberapa inspirasi yang datangnya dari Nusantara. Apa saja?

1. Tengkleng, Solo

Tengkleng, Via Instagram kulinerjogja
Tengkleng, Via Instagram kulinerjogja

Solo, Jawa Tengah terkenal memiliki banyak kuliner enak dan memanjakan perut. Salah satunya yang berbahan dasar daging kambing adalah tengkleng. Jika dilihat sekilas, tengkleng akan mirip dengan gulai kambing. Bedanya, kuah dari tengkleng ini sedikit lebih encer daripada gulai. Tengkleng biasanya terbuat dari tulang kambing yang memiliki daging yang masih menempel. Bagian-bagian yang jadi favorit antara lain adalah tulang iga.

2. Sate Buntel, Solo

Sate Buntel, Via Instagram dwiarifwicaksono
Sate Buntel, Via Instagram dwiarifwicaksono

Olahan daging kambing lain dari Solo yang bisa menjadi inspirasi untuk olahan nanti adalah sate buntel. Sate buntel memiliki citarasa yang begitu gurih, tak salah banyak orang ketagihan dengan kuliner satu ini. Daging kambing dicincang sampai halus kemudian kepal-kepal lonjong lalu ditusuk dan dilapisi atau dalam bahasa Jawanya dibuntel dengan minyak kambing.

3. Kagape Kambing, Jepara

Kagape Kambing, Via Instagram boomakan
Kagape Kambing, Via Instagram boomakan

Kagape kambing merupakan kuliner khas Jepara. Kuliner yang sangat mudah dijumpai di Jepara terutama saat Hari Raya Idul Adha. Jika dilihat sekilas, kagape ini mirip dengan kari, namun bedanya adalah penggunaan air asam jawa dan santan kental. Ini merupakan hidangan kaya rempah dan memiliki citarasa yang begitu sedap.

4. Sate Kambing, Jawa

Sate Kambing, Via Instagram bandungfoodsociety
Sate Kambing, Via Instagram bandungfoodsociety

Sate kambing merupakan salah satu kuliner yang sangat populer. Karena pembuatannya yang cukup mudah, maka cara pengolahan satu ini hampir selalu dipilih. Untuk bumbunya sendiri bisa bumbu kecap ataupun juga sambal kacang. Rasa dari sate kambing ini juga begitu memanjakan perut, tak salah jika hampir selalu disuguhkan kala Idul Adha tiba.

5. Dendeng Batokok, Sumbar

Dendeng Batokok, Via Instagram aras_galeri
Dendeng Batokok, Via Instagram aras_galeri

Dari Sumatera Barat ada kuliner yang bernama dendeng batokok yang bisa jadi pilihan. Dendeng ini tebuat dari daging yang telah dibumbui lalu dipukul-pukul (ditokok) sampai bentuknya menipis. Proses selanjutnya dijemur hingga kering lalu digoreng. Nah, kemudian daging ini tadi diberi bumbu balado.

Ragam olahan kambing di atas bisa banget untuk dijadikan inspirasi ya Teman Traveler. Apakah kamu punya rekomendasi lain yang bisa dicontek?

Tags
kuliner Kuliner Idul Adha olahan daging kambing tips dan inspirasi
Share