Olahan Bebek Khas Indonesia, Supaya Lauk Tak Hanya Ayam Saja

Daging ayam merupakan menu yang favorit di Indonesia, tapi daging bebek juga tidak kalah nikmatnya. Memang benar jika harga daging bebek lebih mahal, tapi rasanya jangan ditanya ya, lebih gurih dengan sensasi yang bikin nagih. Membahas masalah daging bebek, olahan di Nusantara banyak ragamnya. Inilah ragam olahan bebek khas Nusantara yang bisa dicoba kenikmatannya.

Bebek Goreng

Bebek goreng lengkap dengan lalapan, Via Instagram tuk.kul
Bebek goreng lengkap dengan lalapan, Via Instagram tuk.kul

Salah satu olahan bebek yang sangat terkemuka dan bisa ditemui di berbagai penjuru Nusantara adalah bebek goreng. Bisa ditemui di warung pinggir jalan sampai dengan restoran-restoran. Biasanya bebek goreng ini dipadukan dengan lalapan dan sambal yang nikmat.

Bebek Ireng, Jawa Timur

Bebek ireng, Via Instagram surabayafoodies
Bebek ireng, Via Instagram surabayafoodies

Bebek Ireng merupakan kuliner dari Jawa Timur yang memiliki warna ireng atau dalam bahasa Indonesianya adalah hitam. Meskipun memiliki warna hitam, ini bukan berarti gosong ya. Malahan, daging bebek ini sangat empuk dan mudah terlepas dari tulangnya. Rahasia keempukan daging bebek ini adalah dimasak dalam tumisan bumbu yang banyak minyaknya. Penggunaan minyak yang melimpah inilah yang membuat rasanya makin meriah.

Bebek Songkem, Madura

Bebek songkem, Via Instagram hasan.pradana
Bebek songkem, Via Instagram hasan.pradana

Dari Pulau Garam, Madura ada olahan yang bernama bebek songkem. Tidak seperti bebek ireng, bebek songkem ini dimasak dengan cara dikukus dengan dibungkus daun pisang terlebih dahulu. Bumbu-bumbunya adalah cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, dan garam secukupnya. Bumbu-bumbu itu dibalurkan ke seluruh bagian bebek kemudian dikukus sampai matang.

Itiak Lado Mudo, Padang

Itiak lado mudo, Via Instagram kabaraso
Itiak lado mudo, Via Instagram kabaraso

Dari Padang ada itiak lado mudo yang berbahan dasar bebek. Itiak lado mudo dari bahasa Minang yang memiliki arti bebek cabai hijau. Dan memang sesuai dengan namanya, kuliner ini dimasak dengan menggunakan cabai hijau sebagai bahan dasar utamanya. Bumbu-bumbu lainnya dalah bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, dan lain sebagainya.

Bebek Betutu, Bali

Bebek betutu, Via Instagram anitajoyo
Bebek betutu, Via Instagram anitajoyo

Bebek betutu merupakan kuliner kebanggan dari masyarakat Bali. Ini merupakan kuliner bebek yang dibaluri dengan bumbu halus lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Rasanya sangat nikmat karena penggunaan bumbunya juga banyak. Nah, rasanya makin nampol lagi kala dipadukan dengan sambal matah.

Bebek Garo Rica, Manado

Bebek garo rica, Via Instagram sobatlapar
Bebek garo rica, Via Instagram sobatlapar

Kuliner bebek lainnya ada bebek garo rica yang berasal dari Manado. Kuliner dari Mando satu ini menggunakan bumbu rica-rica yang pedas. Bumbunya antara lain cabai rawit, cabai keriting, bawang putih, bawang merah, jahe, serai, dan juga kemangi. Kunci kelezatannya adalah pemakaian bebek kampung. Tapi buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, hati-hati saat menyantapnya, bisa ‘meledak’ hebat di mulut.

Bagi kamu yang menggemari daging bebek, itulah jenis-jenis olahan bebek yang bisa jadi rekomendasi untuk dijadikan lauk. Semoga informasi di atas bisa membantumu ya.

Tags
kuliner Indonesia olahan bebek khas Indonesia
Share