Tempat Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi Saat Malam Hari

Membicarakan wisata Semarang akan membuat kita langsung ingat dengan Lawang Sewu yang terkenal itu, atau kuliner peranakan seperti lumpia yang juara. Selain dua hal yang telah disebutkan Semarang juga masih memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti kawasan Pecinan yang memiliki banyak kelenteng, hingga pantai yang terletak di pesisir utara.

Pada artikel yang akan kamu baca ini, kami akan menghadirkan tempat wisata di Semarang lain daripada yang lain. Jika biasanya kita melakukan penjelajahan di siang hari, maka sudah sepantasnya mencoba keunikan Semarang di malam hari bersama pasangan. Sudah siap romantisan dengan si dia belum?

1. Jalan Pahlawan Semarang

Jalan Pahlawan Semarang [image source]
Pengin menyaksikan jantung kota Semarang yang sesungguhnya bareng pasangan? Datanglah ke Jalan Pahlawan saat malam hari. Kenapa harus malam hari? Karena atraksi yang sesungguhnya ada saat petang tiba. Lampu-lampu jalanan yang warna-warni serta bundaran tugu yang berpendar menambah keindahan jalan terbesar di Semaarang ini.

Jalan Pahlawan Semarang dari atas [image source]
Oh ya, saat malam hari, aneka kuliner khas Semarang juga banyak dijajakan di sini loh. Kamu bisa ngulier tipis-tipis sekaligus hunting foto atau menyaksikan banyak kegiatan klub di sekitaran jalan. Biasanya ada klub motor, mobil, atau kelompok seni lainnya yang unjuk kebolehan.

Nama: Jalan Pahlawan Semarang

Alamat: Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jawa Tengah

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu [image source]
Dibangun tahun 1904, Lawang Sewu yang saat ini menjadi salah satu objek wisata Andalan di Semarang pernah digunakan untuk kantor perusahaan kereta Belanda. Setelah Belanda menyerah dari Jepang, kawasan ini praktis tidak berpenghuni dan dipugar beberapa kali sebelum dijadikan objek wisata sejarah oleh PT. KAI.

Lawang Sewu, Semarang [image source]
Salah satu keunikan dari Lawang Sewu adalah banyaknya pintu dalam satu bangunan yang besar. Meski jumlahnya tidak sampai sewu (seribu). Oh ya, Lawang Sewu yang konon angker dan memiliki penunggu itu justru indah saat malam hari. Saat lampu-lampu berpendar pada bangunan, kamu akan terpesona sehingga tidak mau menikmatinya sendirian saja.

Nama: Lawang Sewu

Alamat: Kompleks Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

3. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang [image source]
Kota Lama Semarang menjadi pusat perdagangan pada abad ke-19-20. Banyaknya potensi yang dimiliki oleh wilayah seluas 31 hektare ini, Belanda menjadikannya Little Holland atau Belanda Kecil. Setelah mendapat julukan itu ragam bangunan khas Belanda dan juga Eropa banyak berdiri dan beberapa di antaranya masih utuh hingga sekarang.

Kota Lama Semarang, gedung spiegel [image source]
Kawasan Kota Lama Semarang adalah incaran banyak pemburu foto. Saat malam hari, kawasan ini menjelma menjadi kawasan unik meski kadang agak ngeri. Kamu bisa datang ke kawasan Gereja Bleduk, Mercusuar, Stasiun Semarang Tawang dan Jembatan Mberok. Di sana kamu bisa berburu foto atau mungkin selfie bareng sama pasangan?

Nama: Kota Lama Semarang

Alamat: Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Tj. Mas, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174, Indonesia

4. Pecinan Semarang

Pecinan Semarang [image source]
Enggak seru kan kalau sudah muter-muter Semarang sampai capai tapi tidak kulineran? Karena sudah malam hari, ajaklah pasanganmu ke Pecinan Semarang atau di kawasan Gang Warung Semarang. Setiap hari mulai pukul 18.00-23.00 kawasan ini steril kendaraan. Warung tenda yang menyajikan kuliner khas Tiongkok akan muncul untuk menunggu pembeli.

Pecinan Semarang yang ramai [image source]
Di pecinan ini kamu bisa menemukan aneka kuliner peranakan yang sangat nikmat. Cobalah aneka makanan ringan, berat, hingga minuman yang ada. Puaskan hasrat kulinermu di sini karena bakalan menyesal kalau tidak mencoba kuliner khas yang susah kamu temui di daerah lain.

Nama: Pecinan Semarang (Waroeng Semawis)

Alamat: Jalan Gang Warung No. 50, Semarang Tengah, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia

5. Banjir Kanal Barat Semarang

Banjir Kanal Barat Semarang [image source]
Setelah mengalami revitalisasi, Banjir Kanal Barat Semarang mulai dilirik oleh banyak orang sebagai tempat wisata. Di tempat ini sudah disediakan dudukan dengan beberapa lampion warna-warni. Di malam hari kamu bisa menjelajahi pinggiran sungai yang memiliki panjang hingga 4 km ini.

Banjir Kanal Barat Semarang, Jembatan Pleret [image source]
Oh ya, kawasan ini juga mengadakan festival Banjir Kanal Barat Semarang. Pada tahun 2016 lalu, puluhan perahu yang diberi lampion atau lampu warna-warni bergerak dari ujung ke ujung. Penduduk yang penasaran dengan festival ini membanjiri pinggiran sungai yang megah ini.

Nama: Banjir Kanal Barat Semarang

Alamat: Jalan Banjir Kanal, Garayamsari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Inilah beberapa hal yang bisa kamu jelajahi ketika berada di Semarang, khusus saat malam tiba. Bagaimana, seru banget kan? Yuk jelajahi Semarang kapan saja. Mau pagi atau malam tetap menghadirkan sesuatu yang wah.

Tags
Kota Lama Semarang semarang wisata malam semarang
Share