Nyeleneh, Inggris Membuka Museum Feses!

Biasanya museum itu menyimpan benda-benda bersejarah dan juga karya seni bernilai tinggi. Nah museum yang satu ini tidak biasa sebab benda koleksinya adalah aneka jenis feses alias kotoran mulai dari kotoran binatang hingga kotoran manusia semua ada! Museum super aneh dan terkesan menjijikkan ini bisa traveler temukan di Inggris.

Ekspektasi wisatawan saat berkunjung ke sebuah museum adalah menemukan benda bersejarah maupun melihat koleksi karya seni dari seniman tersohor dunia. Tapi bukan itu yang wisatawan dapatkan jika berkunjung ke National Poo Museum, melainkan berbagai jenis feses dari binatang dan juga manusia sebagai benda koleksinya.

National Poo Museum, via instagram
National Poo Museum, via instagram

Menjijikkan? Tentu saja tapi di situlah letak daya tarik museum nyeleneh ini. Seperti dilansir Travelingyuk dari DailyMail, museum feses bernama National Poo Museum ini resmi dibuka pada Paskah beberapa waktu lalu. Sang penemu dan pendiri museum feses ini sendiri adalah seorang pengusaha bernama Daniel Roberts.

Jika menilik pada varian koleksinya, kemungkinan besar museum feses yang ia bangun ini adalah yang pertama di dunia. Sebab sebelumnya museum kotoran juga telah ada di Italia bernama Museo Della Merda tapi museum tersebut hanya khusus mengoleksi kotoran sapi saja. Dalam pengelolaannya ia mengajar serta seniman bernama Eccleston George untuk mengisi museum tersebut.

Proses mengemas feses di museum feses [image source]
Proses mengemas feses di museum feses [image source]
Jangan dibayangkan feses-feses tersebut teronggok begitu saja di dalam etalase ya. Sebab sebelum dipamerkan feses tersebut dikeringkan dan dikemas di dalam bola kristal yang keren lengkap dengan lampu. Sehingga tidak akan tercium bau busuk dari kotoran-kotoran yang dipamerkan. Dengan hadirnya museum ini diharapkan masyarakat dapat mengenal dunia feses yang ternyata bukan sekedar kotoran yang harus dibuang namun juga bisa disulap menjadi sumber energi dan juga barang suvenir.

Berbagai Feses di National Poo Museum [image source]
Berbagai Feses di National Poo Museum [image source]
Rencananya pada tanggal 21-23 Oktober mendatang National Poo Museum akan bekerja sama dengan Kebun Binatang Isle Wight untuk merancang acara walking tour dengan konsep yang diangkat tidak jauh-jauh dari tema feses. Meski telah dijelaskan bahwa feses tersebut dikemas secara steril tapi tetap saja jika dilihat secara fisik itu adalah feses. Tertarik berkunjung?

Tags
Inggris Luar negeri Museum
Share