Notre Dame Cathedral Paris Terbakar Menjelang Paskah, Begini Keindahan Gereja Klasik Sebelum Dilalap Api

Notre Dame Cathedral Paris terbakar menjadi peristiwa pilu menjelang paskah. Tidak hanya warga Paris, ia menjadi duka dan disayangkan warga dunia. Terlebih, Notre Dame merupakan salah satu destinasi wisata yang berhasil menarik belasan juta turis setiap tahunnya.

Bagaimana peristiwa memilukan itu terjadi serta seperti apa sejarah gereja ini? Berikut ulasannya!

Fakta Tentang Kebakaran

Peristiwa Kebakaran yang Terjadi di Notre Dame via Twitter/CNN

Kebakaran terjadi pada Senin 15 April 2019 sore waktu setempat. Dilansir dari AFP, menurut juru bicara Notre Dame, struktur kayu yang menopang atap hancur oleh kobaran api.

Keganasan Api yang Membakar Notre Dame via Twitter/thisisinsider

Puncak menara dikabarkan runtuh. penyebab masih belum diketahui dengan pasti. Namun, dugaan mengarah pada api yang muncul akibat proses restorasi.

Artefak Bersejarah yang Berhasil Diselamatkan

Bagian Dalam Notre Dame yang Penuh Sejarah via Instagram/peter.sahui

Petugas pemadam kebakaran, dilansir dari AFP melalui Detik, berhasil menyelamatkan beberapa artefak berharga dengan proses penyelamatan yang luar biasa. Mereka bergegas masuk ke dalam gereja saat api masih menyala.

Crown of Thorns di Notre Dame yang Bersejarah dan Berharga via CNN

Dua artefak yang berhasil diselamatkan antara lain The Crown of Thorns dan Tunik Suci. Dua artefak tersebut memiliki sejarah yang berkaitan dengan Raja Prancis abad ke-13.

Christ’s Passion relics at Notre Dame cathedral. Nail from the cross. (Photo by: Godong/Universal Images Group via Getty Images)

Disebutkan bahwa kedua artefak tersebut sempat dikenakan Raja Prancis tersebut. Para petugas juga bergegas melindungi bagian belakang gereja’ tempat artefak berharga lainnya berada.

Sejarah Notre Dame Cathedral Paris

Megahnya Notre Dame Sebelum Terbakar via Instagram/claudiamclean_

Peristiwa Notre Dame Cathedral Paris terbakar menjadi duka tersendiri bagi masyarakatnya. Dituturkan Presiden Emmanuel Macron melalui kicauannya, peristiwa ini menguras emosi seluruh bangsa. Tidak hanya umat Katolik melainkan juga seluruh warga Prancis.

Jadi Salah Satu Atraksi Utama Milik Prancis via Instagram/itskac

Bagaimana tidak, sebab bangunan tersebut menjadi lambang agama, budaya dan seni bagi Prancis. Peletakan batu Notre Dame dilakukan sendiri oleh Raja Prancis Louis VII pada 1163 lalu.

Detail Bangunan yang Mengagumkan via Instagram/wora_dmatsen

Proses restorasi besar-besaran berlangsung pada abad 17-18. Kaca patri yang cantik serta gaya arsitektur batu katedral diambil dari proses penggambaran ajaran dalam Alkitab.

Bangunan Bergaya Cantik dan Bersejarah di Prancis

Kecantikan Notre Dame Berhasil Membius Banyak Wisatawan via Instagram/sw_coco_life

Kecantikan bangunan Notre Dame merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Ia menjadi magnet bagi belasan juta wisatawan dari berbagai negara. Peristiwa kebakaran ini pun turut menjadi perhatian khusus bagi UNESCO.

Musee du Louvre yang Tidak Kalah Mengagumkan via Instagram/bitsu_press

Selain Notre Dame, Prancis memang terkenal dengan beberapa bangunannya yang bergaya cantik. Wisata terkenal di Prancis yang bisa Teman Traveler kunjungi antara lain Musee du Louvre, Arc de Triomphe, Museum Orsay dan jangan lupakan Menara Eiffel. Semuanya mengusung gaya arsitektur yang berbeda dan klasik.

Arc de Triomphe Juga Banyak Dikunjungi Wisatawan via Instagram/nick.slater

Notre Dame Cathedral Paris terbakar menjadi duka bagi masyarakat sekitar dan siapa pun yang mengagumi bangunan megah serta bersejarah ini. Beruntung, beberapa artefak berharga sempat berhasil diselamatkan.

Semoga Proses Perbaikan Berjalan Lancar dan Cepat via Instagram/peter.augustyniak22

Semoga proses perbaikan berjalan baik dan cepat agar Teman Traveler dan beberapa wisatawan dapat segera berkunjung ya!

Tags
info terbaru Luar negeri Notre Dame Cathedral Paris Terbakar Paris prancis
Share