Minimal Sekali Seumur Hidup: Nonton Bola Langsung ke Eropa! Setuju?

Advertisement
Advertisement

Sepakbola adalah olahraga umum yang banyak digemari. Dari yang levelnya biasa saja hingga fanatik, semua itu bisa kamu ditemui dalam olah raga ini. Tapi kesampingkan fanatik atau tidak, setiap orang pasti memiliki tim kebanggaannya. Tentunya, memperoleh kesempatan untuk menonton tim kesayangan langsung di stadion merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi para penggemar sepak bola. Seperti pengalaman yang pernah didapatkan oleh Rifqi Harimuji ketika menonton pertandingan UEFA di Stockholm, Swedia, dimana Manchaster United bertemu dengan Ajax Amsterdam di Friends Arena.

Tiket Bisa Dipesan Online

Tiket Final UEFA [image source]
Tiket Final UEFA [image: Rifqi Harimuji]
Untuk membeli tiket pertandingan UEFA, kamu bisa melakukan transaksi online melalui situs resmi UEFA. Dengan menggunakan sistem undian, maka jika beruntung kamu bisa mendapatkan tiket dimulai dari harga 50 Euro atau sekitar 785 ribu rupiah. Tiket resmi ini bisa dipesan melalui website UEFA sekitar 2 bulan sebelum pertandingan, dan pengumuman pemenangnya diberikan sekitar satu bulan sebelum pertandingan. Tapi, tiket ini juga bisa kamu dapatkan langsung ketika tiba di stadion. Berdasarkan pengalaman dari Rifqi Harimuji, metode pembelian tiket go show tersebut terlalu berisiko. Apalagi jika kamu telah menempuh jarak yang jauh dan tidak mendapatkan tiket. Sedih banget kan?

Tiket Final UEFA [image source]
Tiket Final UEFA [image source]

Fasilitas Lengkap dengan Kapasitas Besar

Kapasitas Tribun yang mampu menampung 65.000 penonton [image source]
Kapasitas Tribun yang mampu menampung 65.000 penonton [image: Rifqi Harimuji]
Friends Arena tergolong sebuah stadion yang besar dan megah. Kapasitas mampu menampung maksimal 65,000 penonton. Selain itu, kompleknya yang dilengkapi dengan mall dan restaurant tersedia di dekat stadion. Belum lagi screen besar yang berada di tengah stadion, yang membuat kamu bisa melihat banyak video dari mulai video profil kedua tim, detail pertandingan, atau siaran ulang gol dan highlight pertandingan. Zona tempat duduk yang teratur dengan baik membuat penonton nyaman ketika menyaksikan pertandingan.

Screen yang berada di atas lapangan [image source]
Screen yang berada di atas lapangan [image: Rifqi Harimuji]

Nggak Takut Kelaparan, Tinggal Tunjuk Mana yang Menjadi Seleramu

Foto dari depan stadion [image source]
Foto dari depan stadion [image Rifqi Harimuji]
Stadion ini super lengkap, restoran dan mall juga ada di sekitar stadion. Tapi, pada saat pertandingan kebanyakan tempat makan di sekitar stadion pasti akan dipenuhi oleh penonton pertandingan. Jadi ada baiknya kamu datang lebih awal atau membeli hotdog yang banyak tersedia di sekitaran stadion. Pihak penyelenggara juga memiliki fasilitas kios makanan dan minuman di masing-masing area stadion, sehingga banyak fans yang memilih untuk membeli makanan untuk dibawa ke tempat duduk masing-masing.

Salah satu tempat yang menyediakan makanan [image source]
Salah satu tempat yang menyediakan makanan [image source]

Cukup Mudah di Akses Dengan Transportasi Publik

Stasiun Solna Stockholm [image source]
Stasiun Solna Stockholm [image source]
Akses menuju Friends Arena dapat dituju dengan menggunakan kereta. Kebanyakan supporter yang menonton sepak bola di stadion ini datang menggunakan kereta api. Jarak dari stasiun menuju stadion pun tidak terlalu jauh, dapat ditempuh hanya sejauh satu kilometer. Pengalaman serupa juga dialami oleh Rifqi ketika dirinya berjalan dari stasiun menuju stadion dan menyanyikan yel-yel bersama supporter yang lain.

Walaupun berada di bawah tanah stasiun ini sangat indah dan tertata [image source]
Walaupun berada di bawah tanah stasiun ini sangat indah dan tertata [image source]

Beli Merchandise dan Mampir ke Tempat Wisata di Sekitarnya

Syal dan beberapa kaos official dapat dibeli di Stadion [image source]
Syal dan beberapa kaos official dapat dibeli di Stadion [image Rifqi Harimuji]
Merchandise yang bisa dibeli dalam pertandingan adalah kaos dan syal yang mencantumkan event, tim, dan tanggal pertandingan. Untuk merchandise resmi, harganya berada di kisaran Rp470.000 – Rp780.000. Tapi nggak hanya itu saja, Stockholm dan wilayah sekitarnya juga memiliki banyak banget tempat wisata yang cantik banget karena wilayahnya memiliki pulau-pulau kecil. Teman-teman yang main ke sana bisa mengunjungi Stockholm Royal Palace, Nordic Museum, Grona Lund Tivoli, Old Town, ABBA museum, atau berpetualang menelusuri kanal-kanal Stockholm.

Merchandise resmi [image source]
Merchandise resmi [image source]
Kebanyakan stadion yang berada di Eropa memiliki fasilitas sekaligus kualitas yang terbaik pada bidangnya. Menurutmu ada nggak stadion di Indonesia yang mulai bersih dan tertata rapi?

Advertisement
Tags
Ajax Amsterdam Football MAnchaster United Stockholm Swedia UEFA
Share