Coba Aja Ikutan Ninja Tourism, Cara Unik Nikmati Pariwisata Jepang

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri
Menjadi Ninja Sehari di Kota Iga, Jepang Menjadi Ninja Sehari di Kota Iga, Jepang

Pernah menonton film atau kartun Jepang yang ada karakter ninja? Semasa kecil bisa saja nih bercita-cita menjadi salah satunya. Nah Teman Traveler bisa mewujudkan impian tersebut dengan datang ke Prefektur Mie. Kawasan ini punya cara unik perkenalkan pariwisata Jepang, dengan ninja tourism. Seperti apa sih wujudnya? Langsung dibaca ulasan berikut, ya.

Ninja Museum of Igaryu

Ninja Museum of Igaryu via Instagram @coterojas7
Ninja Museum of Igaryu via Instagram @coterojas7

Sekolah Ninja bernama “Iga-ryu”, menjadi salah satu yang cukup populer di Jepang. Terdapat sebuah museum yang didedikasikan untuk segala hal berkaitan dengan Ninja, berjuluk Ninja Museum of Igaryu. Di tempat ini ada Ninja Yashiki alias rumah ninja yang dari luar terlihat biasa saja.

Ruang pameran untuk menampilkan alat, perkakas, kostum, dan senjata. Sedangkan panggung dipakai buat pertunjukan, seperti pertarungan menggunakan senjata sungguhan diantaranya “Shuriken” dan “Kusarigama”.

Ninja Yashiki Penuh Misteri via Instagram @jeninjoe0603
Ninja Yashiki Penuh Misteri via Instagram @jeninjoe0603

Latihan Menjadi Ninja

Belajar Jadi Ninja via Instagram @quorisghani.jpg
Belajar Jadi Ninja via Instagram @quorisghani.jpg

Ninja Yashiki punya tampilan layaknya rumah petani pada umumnya, namun terdapat alat-alat untuk melindungi diri dari musuh. Misalnya menghilang melalui pintu putar rahasia dengan cepat, kemudian melarikan diri lewat lubang maupun pintu tersembunyi.

Ada pula tempat-tempat rahasia di lantai, persembunyian senjata. Pengunjung pun dapat belajar bagaimana cara melempar Shuriken alias senjata berbentuk bintang. Serta pemakaian Kusarigama, senjata bentuknya seperti dua tongkat yang disambungkan dengan rantai. Dan juga seni bela diri khasnya, ninjutsu.

Ninja Tourism, Cara Unik Perkenalkan Pariwisata

Menyaksikan Ninja Show via Instagram @kevinjulio1993
Menyaksikan Ninja Show via Instagram @kevinjulio1993

Kota Iga biasanya menyelenggarakan festival Ninja antara bulan April dan Mei. Penduduk setempat maupun pelancong biasanya menggunakan pakaian Ninja dan berkeliling Kota Iga. Cara tersebut merupakan upaya pemerintah kota ini untuk meningkatkan sektor pariwisata dengan cara Ninja Tourism.

Mempertahankan kebudayaan yang terbilang sudah mulai luntur. Bahkan Teman Traveler bisa saja tinggal di area ini untuk mendedikasikan diri menjadi ‘Ninja’.

Berkunjung ke Ninja Museum of Igaryu

Keliling Desa Pakai Kostum Ninja via Instagram @tee_jaruji
Keliling Desa Pakai Kostum Ninja via Instagram @tee_jaruji

Ninja Museum of Igaryu dibangun tepat di sebelah Ueno Castle, berlokasi di Kota Iga, Prefektur Mie, Jepang. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Uenoshi station selama 5-10 menit. Tiket masuk museum sekitar Rp100 ribuan per orang, tambahan biaya menonton Ninja Show Rp50 ribuan per orang. Kalau ingin sekalian kunjungi kastil, ambil saja paket dengan harga Rp190 ribuan per orang.

Bagaimana Teman Traveler berminat untuk menjadi Ninja sehari? Langsung saja siapkan itinerari dan meluncur ke Kota Iga. Sekalian hadiri festivalnya yang berlangsung sekitar pertengahan tahun.