Inspirasi Ngabuburit di Jambi, Nungguin Buka Jadi Makin Seru

Bulan Ramadan selalu memiliki daya tarik tersendiri. Tak terbatas pada mereka yang beragama Islam saja. Beragam tradisi unik Ramadan dan kebiasaan unik kerap muncul. Salah satunya adalah ngabuburit. Bagi Teman Traveler yang berada di Sumatra, ada beberapa tempat asyik untuk ngabuburit di Jambi.

Ngabuburit sendiri adalah sebutan untuk aktivitas seru atau bersantai sambil menunggu adzan Maghrib berkumandang. Nah, berikut adalah rekomendasi beberapa tempat ngabuburit di Jambi yang cocok untuk berbagai kalangan, muda hingga tua.

Anchol Jambi

Anchol Jambi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Sejak pembangunan jembatan Gentala Arasy, tempat ini hadirkan daya tarik luar biasa bagi pengunjung. Berada di pinggiran sungai Batang Hari, Anchol jadi tempat adem untuk habiskan sore hari.

Di sini Teman Traveler bisa nikmati pemandangan cantik Gentala Arsy, berpadu dengan riak air Sungai Batang Hari. Terasa sangat sempurna menemani waktu santai, apalagi di tengah perut yang keroncongan karena tengah berpuasa.

Nikmati sore di dekat Sungai Batang Hari (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Ngabuburit di sini, Teman Traveler tak perlu bingung mencari menu buka. Dengan mudah kalian akan menjumpai deretan pedagang berjajar
rapi, menjajakan jualan mereka di sekitar sini. Mulai takjil hingga makanan makanan berat, semua bisa didapatkan di sini. Rata-rata dibanderol dengan harga murah, khas sajian pinggir jalan.

Soal rasa, tinggal sesuaikan dengan lidah Teman Traveler. Menariknya, biasanya ada beberapa pedagang yang juga menyediakan tempat bersantai, lengkap dengan meja dan kursi. Pas banget untuk duduk-duduk sambil nikmati sore.

Taman Jomblo Jambi

Ngabuburit di Taman Jomblo (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Namanya memang sedikit unik, tapi bukan semua pengunjung di sini jomlo, lho Teman Traveler. Cukup banyak juga yang datang bersama pasangan. Memasuki Ramadan, taman ini selalu dipadati pengunjung. Selain bersantai dan berfoto ria, kebanyakan juga ingin sekalian mencari takjil.

Pasar Beduk di dekat Taman Jomblo (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Ya, sekitar 50 meter dari taman ini terdapat Pasar Beduk. Pasar yang hanya bisa dijumpai di Bulan Suci Ramadan ini berisi aneka jajanan khas dan makanan nikmat. Keberadaannya kerap diserbu masyarakat yang ingin berburu bukaan.

Taman Jomblo menyediakan deretan kursi santai dengan corak warna-warni yang ceria. Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah ‘Wifi
Corner’. Area ini kerap dipadati anak kuliahan yang tengah sibuk dengan
laptop dan tugas kuliah, sembari menunggu adzan magrib.

Suasana Maghrib di Taman Jomblo (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bila Teman Traveler hendak berolahraga ringan, Taman Jomblo juga menyediakan beberapa alat kebugaran sederhana yang bisa dinikmati umum secara gratis.

Komplek Kantor Gubernur

Komplek Kantor Gubernur Jambi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Komplek Kantor Gubernur bisa jadi pilihan lain bagi Teman Traveler yang sedang bingung mencari tempat ngabuburit di Jambi. Jika sedang berada di
wilayah Telanaipura dan sekitarnya, langsung saja meluncur ke kawasan sekitar Kantor Gubernur.

Suasana di sekitar sini cukup tenang. Hawanya juga lumayan adem untuk bersantai. Di hari biasa, kawasan ini biasanya dipadati warga sekitar yang asyik jogging atau bermain bola. Memasuki bulan puasa, Teman Traveler akan menemukan banyak komunitas menggelar buka bersama sembari duduk beralas tikar.

Lesehan Menunggu buka di dekat Komplek Kantor Gubernur (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Jangan heran jika ketika datang halaman tempat ini sudah dipenuhi banyak orang. Mereka biasanya datang berkelompok dan terlihat asyik berbincang satu sama lain. Terlihat sangat asyik dan seru, sembari menanti momen adzan maghrib.

Itulah beberapa tempat santai untuk ngabuburit di Jambi. Bisa jadi inspirasi bagi Teman Traveler yang sedang jalan-jalan di sekitaran Jambi. Jangan lupa mampir ya.

Tags
Jambi kontributor Kuliner Jambi Travelingyuk wisata jambi
Share