Selain Indonesia, 4 Negara Ini Juga Pindah Ibu Kota

Kabar pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur masih hangat untuk dibicarakan. Banyak netizen yang pro dan bahkan kontra atas pemindahan ini. Namun yang pasti hijrahnya ibu kota ke Borneo mempunyai tujuan untuk memajukan Indonesia.  Nah, ternyata ada beberapa negara yang juga melakukan pindah ibu kota. Di mana saja ya? Simak ulasan berikut ini. 

Myanmar 

negara pindah ibu kota
Myanmar via instagram/memories.of.myanmar

Di Asia Tenggara ada negara yang melakukan pemindahan ibu kota, yaitu Myanmar. Pemindahan terjadi pada tahun 2005 yang awalnya dari Yangon beralih ke Naypyidaw.

Dilansir dari laman Detik, pemindahan dilakukan karena Naypyidaw lebih mudah diakses daripada Yangon yang letaknya berada di wilayah selatan. Dikabarkan pemindahan ini menghabiskan biaya sebesar empat miliar dollar. 

Kazakhstan 

negara pindah ibu kota
Kazakhstan via instagram/nathan_anthony_jones 

Beralih ke Asia Tengah, negara yang melakukan pemindahan ibu kota yaitu Kazakhstan di tahun 1997. Ada beberapa penyebab mengapa pemindahan ibu kota dari Almaty ke Astana perlu dilakukan.

Pertama, Astana lebih mudah diakses dari mana pun. Kemudian yang kedua, Almaty merupakan pusat bisnis dan kota dengan populasi terbesar di negara tersebut. Terakhir, kota satu ini mempunyai risiko kecil terkena bencana gempa bumi. 

Brazil 

Brazil via instagram/travel.liberti

Pada tahun 1960, Negara Brazil memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Hal ini dikarenakan Brasilia merupakan lokasi yang lebih sentral dari segala kawasan dibanding Rio. Kemudian, kepadatan penduduk di Rio menyebabkan kemacetan tinggi, sehingga menghambat jalannya pemerintahan.

Setelah dipindahkan, Brasilia dirombak habis-habisan menjadi wilayah modern dan didesain oleh seorang arsitektur bernama Oscar Niemeyer. Hasilnya, Brasilia masuk sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO karena perkembangannya, dinukil dari laman Kompas

Australia 

Australia via instagram/australia

Melbourne merupakan ibu kota pertama sejak berdirinya negara Australia. Namun pada 1911, pemerintahnya melakukan sayembara internasional karena ingin memilih ibu kota baru. Syaratnya, kota tersebut harus memiliki taman kota dengan dana besar di pusat kotanya. Hanya Canberra yang memenuhi syarat tersebut. Alhasil pada 1927 ibu kota Australia berpindah dari Melbourne ke Canberra.

Semua negara yang melakukan pindah ibu kota memiliki alasan konkrit di baliknya. Mulai dari alasan lokasi hingga suasana yang cocok untuk dijadikan ibu kota. Pemindahan ini dilakukan untuk membuat negara menjadi lebih baik. Semoga Indonesia menjadi lebih maju, ya. Teman Traveler setuju, kan?

Tags
Australia Brazil Kazakhstan Myanmar negara pindah ibu kota news
Share