Mengenal Negara Wanna-be di Eropa

Paris, Roma, dan Madrid barangkali menjadi kota dengan wisatawan terbanyak setiap tahunnya. Bertetangga dengan kota-kota tersebut, ternyata ada juga wilayah lain yang tidak kalah menarik untuk disimak. Selain menawarkan pemandangan yang menawan, wilayah-wilayah ini justru semakin catchy karena stastusnya yang ‘rawan’ untuk menjadi negara tersendiri.

Melengkapi Galicia, Aland Island, Faroe Island, dan Corsica di bagian pertama, berikut adalah bagian ke dua dari daftar negara wanna-be di Eropa, khususnya di Italia dan Moldova:

Sardinia

Dengan lorong-lorong sempit, skuter-skuter yang diparkir di pinggir jalan, dan aroma masakan yang menyeruak ke jalanan, Sardinia jelas sangat kental dengan suasana khas Italia. Tapi menurut jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Universitas Cagliari dan Edinburgh di tahun 2014, 87% penduduk Sardinia justru menginginkan otonomi yang lebih luas, sementara sisanya menghendaki kemerdekaan dari Italia.

Sardinia
Sardinia [Image Source]
Masalahnya, jajak pendapat ini justru berbanding terbalik dengan pemilu resmi di tahun yang sama. Partai pro-kedaulatan hanya memperoleh 18% dari total suara. Referendum online pun segera dilaksanakan dan gerakan separatis yang lebih mutakhir menginginkan Sardinia lepas dari Italia demi bergabung dengan Swiss. Italia, lo-gue-end! Swiss, lo-gue-friend! Begitukah?

Transdniestria

Terletak di antara Rumania dan Ukrania, menyelip sebuah negara kecil bernama Moldova. Sejak 1990, di wilayah yang hanya 10% dari Moldova ini menyempal sebuah negara wanna-be yang namanya bahkan ‘lebih panjang’ dari teritorinya, yakni Pridnestorvskava Moldavskava Respublika—atau singkatnya, Transdniestria.

Transdniestria
Transdniestria [Image Source]
Bermula dari ketidaksetujuan penduduk minoritas berbahasa Rusia untuk bergabung dengan Moldova yang mayoritas berbahasa Rumania, Transdniestria mengusung negara sendiri secara de facto di tahun 1992. Meskipun telah memiliki konstitusi, bendera, lagu kebangsaan, pemerintah, parlemen, mata uang, dan militer sendiri, satu-satunya yang kurang dari Transdniestra adalah pengakuan insternasional.

South Tyrol

Puncak gunung batu yang menjulang dari bukit menghijau, itulah kiranya pemandangan yang bisa didapatkan wisatawan di Tyrol. Tapi, wilayah pegunungan yang satu ini juga memiliki ‘pemandangan’ lain di seputar status wanna-be-nya. Tyrol sendiri sejatinya terpecah ke dalam wilayah Austira dan Italia, di mana Tyrol bagian selatan (South Tyrol) memiliki penduduk mayoritas berbahasa Jerman.

South Tyrol
South Tyrol [Image Source]
Di bawah kendali fasis beken, Benito Mussolini, South Tyrol berusaha dicaplok ke dalam wilayah Italia. Sebaliknya, pencaplokan ini justru memacu semangat lokal, termasuk serangkaian bom yang digalang South Tyrolean Liberation Committe di tahun 1960-an. Dewasa ini South Tyrol memiliki pemerintahan otonom, dengan beberapa opsi seperti bergabung kembali dengan Austria atau membentuk interim Free State of South Tyrol.

Venesia

Siapa sangka destinasi wisata macam Venesia yang terkenal akan gondola, sungai, dan keromantisannya, juga ingin menyempal dari Italia. Sekitar 2.000.000 penduduk Veneto, yang beribukota di Venesia, ikut ambil bagian dalam referendum online yang digelar tahun 2014. Hasilnya mengejutkan. Sebanyak 89% voter memilih untuk memisahkan diri dari Negeri Pizza.

Venesia
Venesia [Image Source]
Masyarakat setempat sadar diri bahwa Veneto merupakan salah satu wilayah paling kaya di Italia. Tapi, pajak yang mereka bayarkan kepada pemerintah justru tidak memiliki timbal balik ke Veneto, malah disalurkan ke wilayah-wilayah miskin di Italia Selatan. Itulah sebabnya penduduk Veneto menggagas suatu referendum. Pemerintah Italia sendiri menegaskan tidak akan menghiraukan referendum ini, mengingat tidak adanya institusi resmi yang terkait, sehingga rentan manipulasi.

Dengan keindahan alam dan statusnya yang senantiasa ‘rawan’, tentu empat wilayah di atas sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata alternatif, selain Paris atau Roma, misalnya. Akhir kata, selamat berlibur di negara wanna-be di Eropa!

Tags
destinasi unik negara unik negara wanna be
Share