8 Negara Mungil yang Dapat Anda Jelajahi Seluruhnya Kurang dari 1 Minggu

Rasanya menyenangkan, bukan, ketika mendapatkan kesempatan untuk traveling dan mengunjungi suatu negara atau tempat baru yang belum pernah sekalipun didatangi atau sebelumnya hanya dapat melihatnya dari laar kaca, tabloid atau internet.

Selain masalah fisik dan dana, waktu adalah salah satu kendala utama ketika harus berkeliling untuk mengeksplorasi daerah asing tersebut. Akan tetapi jangan risau, ada lho negara atau kota yang dapat ditelusuri setiap jengkal daerahnya hanya dalam satu hari.

Hal ini dikarenakan memang luas daerahnya yang tergolong kecil dan menjadikan satu pengalaman baru bagi siapa saja untuk dapat berputar-putar, berkeliling dan mengunjungi setiap pelosok di kota atau negara mungil tersebut.

Nah, berikut ini adalah kota atau negara yang dapat Anda jelajahi secara keseluruhan hanya dalam satu hari.

1. Gibraltar

Gibraltar [Image source]
Gibraltar [Image source]
Gibraltar adalah sebuah daerah ang masuk dalam teretorial Inggris Raya dan terletak di sebelah utara dari Iberian Peninsula. Luasnya hanya 6,7 km persegi saja dan sangat cukup hanya dalam satu hari untuk menjelajahi seluruh daerah di dalamnya.

Daerah yang bersebelahan dengan Provinsi Cadiz, Andalusia, Spanyol ini dihuni oleh sekitar 30 ribu penduduk asli dan orang dari daerah lain yang sudah menetap di sana. Bahasa utama yang digunakan oleh penduduk Gibraltar adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol.

2. Isle of Man

Isle of Man [Image source]
Isle of Man [Image source]
Isle of Man atau biasa dikenal dengan nama Mann ini merupakan daerah yang terletak di antara Inggris dan Irlandia. Total luasnya hanya 572 kilometer persegi yang dihuni sedikitnya 84 ribu orang. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya dan Manx serta Gaelic sebagai bahasa keduanya.

Sebelum 6.500 SM, Mann ini adalah sebuah daerah tak berpenghuni yang mana kemudian setelah itu dijadikan perebutan oleh banyak kerajaan sampai dengan negara-negara besar di sekitarnya. Bahkan, Mann sempat menjadi bagian dari Skotlandia dan juga Norwegia beberapa puluh tahun lalu.

3. Monaco

Monaco [Image source]
Monaco [Image source]
Seperti halnya Las Vegas di Amerika Serikat, Monaco adalah negara impian para miliuner dan orang-orang kaya lainnya untuk menghabiskan uang mereka di meja judi. Terletak di sebelah barat Eropa, tepatnya di French Riviera, Monaco hanya memiliki luas wilayah sebesar 2,02 kilometer persegi. Bahkan luas wilayahnya itu lebih kecil dari Pulau Jawa.

System pemerintahan di negara yang dihuni oleh sekitar 37 ribu orang ini adalah Monarki. Selain karena menjadi pusat hiburan bagi para miliuner, Monaco juga memiliki tempat-tempat wisata menarik yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan setiap tahunnya.

4. San Marino

San Marino [Image source]
San Marino [Image source]
Republik San Marino adalah sebuah negara dengan luas sangat kecil dan dikelilingi beberapa pulau milik Italia. Luas dari San Marino adalah 61 kilometer persegi dengan estimasi jumlah pendudukanya sekitar 32 ribuan. Mayoritas penduduk di San Marino menggunakan bahasa Italia dalam kesehariannya.

Alur perekonomian di San Marino adalah keuangan, industry, layanan jasa dan juga yagn berhubungan dengan wisata. Walaupun kecil, namun San Marino termasuk dari salah satu negara dengan pendapatan paling ‘sehat’ di dunia dan memiliki jumlah pengangguran sangat minim.

5. Liechtenstein

Liechtenstein [Image source]
Liechtenstein [Image source]
Dengan pergi ke Liechtenstein, maka Anda akan serasa sedang memasuki negeri dongeng. Banyak bangunan peninggalan zaman dahulu, kastil sampai dengan pemandangan alamnya yang sangat indah membuat siapa saja betah berlama-lama di negara mungil satu ini.

Dikatakan mungil Liechtenstein hanya memiliki luas wilayah sebesar 160 kilometer persegi dengan estimasi penduduk yang mendiami di dalamnya sebanyak 37 ribu jiwa. Bahasa yang digunakan di Liechtenstein adalah Bahasa Jerman.

6. Vatican

Vatican [Image source]
Vatican [Image source]
Dapat dikatakan bahwa Vatican adalah negara di dalam negara karena lokasinya tepat berada di Kota Roma, Italia. Walaupun dikatakan sebagai negara, namun luas wilayahnya sangat kecil sekali, yaitu hanya 44 hektar atau 0,44 kilometer persegi.

Dikarenakan hanya memiliki luas wilayah sempit, terbatas dan kecil, tentu saja populasi penduduk yang mendiami di dalamnya juga tidak begitu banyak, yaitu hanya sekitar 842 juta saja. Bahasa resmi dari Vatican adalah Bahasa Italia.

7. Andorra

Andorra [Image source]
Andorra [Image source]
Andora adalah sebuah negara kecil yang terletak di sebelah timur dari pegunungan Pyrenees dan berbatasan langsung dengan Spanyol serta Prancis. Negara yang didirikan sekitar 988 SM ini dihuni oleh sekitar 85 ribu jiwa yang mayoritas menggunakan Bahasa Catalana dalam keseharian. Walaupun begitu, para penduduknya juga mengerti dan terkadang menggunakan bahasa lain, seperti Spanyol, Portugis dan Prancis.

Keindahan alamnya membuat banyak turis dan traveler yang datang dan berlama-lama di negara yang hanya memiliki luas sebesar 467, 63 kilometer persegi tersebut. Ada sekitar 10,2 juta pengunjung yang selalu datang ke Andora setiap tahunnya.

8. Macau

Macau [Image source]
Macau [Image source]
Macau merupakan daerah administrasi khusus yang berada di bawah kekuasaan Cina. Dikenal dengan nama lain Macao, daerah ini hanya memilki luas sekitar 64 kilometer persegi saja. Walaupun begitu, Macau merupakan salah satu tempat penting karena menjadi pusat dari jalur bisnis di dunia.

Uniknya, walaupun luas wilayahnya sangat kecil, namun populasi penduduk yang mendiami di dalamnya ada sekitar 636 ribu lebih dan beberapa di antaranya bukan orang asli Cina atau berasal dari negara lain. Bahasa resmi yang digunakan di Macau adalah Bahasa Cina, Portugis dan Canton.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari negara-negara mungil di atas?

Tags
Andora Gibraltar Isle of Man Liechtenstein Luar negeri macau Monaco San Marino Vatican Wisata
Share