10 Negara Menakjubkan Ini, Wajib Dikunjungi Backpacker Pemula

Adi Nugroho

Adi Nugroho

On BackPacker
fiWisata fiWisata

Traveling bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengikuti tur dari travel agency hingga menggendong ransel dan melakukan backpacking. Ya, cara terakhir ini banyak dijadikan pilihan utama oleh pecinta perjalanan lantaran lebih praktis, murah, namun tetap menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Untuk Anda yang baru akan memulai petualangan dengan backpacking, 10 negara berikut ini wajib disinggahi.

1.Indonesia

Ya, Indonesia tentu jadi negara pertama yang wajib Anda jelajahi saat memulai petualangan sebagai seorang backpacker. Ada begitu banyak destinasi menakjubkan yang bisa dikunjungi.

Indonesia [image source]
Indonesia [image source]
Mulai dari yang bernuansa alam seperti hutan, pantai, dan lautan, hingga wisata budaya di Yogyakarta maupun Bali. Nilai tambahnya, Anda bisa belajar menjadi seorang backpacker tanpa perlu khawatir dengan kendala bahasa maupun biaya.

2. Nepal

Nepal merupakan salah satu negara Asia terbaik untuk dijadikan tujuan backpacking. Di negara ini, Anda akan merasakan pengalaman luar biasa melalui budaya Asia klasik, juga keindahan alam tropis.

Nepal [image source]
Nepal [image source]
Jangan lewatkan untuk mengunjungi Bhaktapur di lembah Kathmandu. Karena di sini menyimpan kemegahan candi Hindu dan Budha seperti Pashupatinath, Budhanilkantha, dan Manakamana.

3. Thailand

Thailand merupakan tujuan ideal untuk para backpacker pemula dengan budget terbatas. Selain bisa menikmati banyak candi Budha yang memukau seperti Wat Arun dan Wat Phrao Keo, Anda juga akan dimanjakan dengan Thai cuisine yang tak diragukan lagi kelezatannya.

Thailand [image source]
Thailand [image source]
Selain itu, di sini Anda juga bisa bergabung dalam beach party yang sering diadakan di pantai Pattaya. Atau bagi Anda yang suka wisata alam, bisa mengunjungi Chiang Mai, di sini kalian bisa melihat keindahan kota Thailand dari ketinggian 2565 meter.

4. India

India dikenal sebagai sebagai salah satu negara yang ramah untuk para backpacker. Biaya makanan, akomodasi, dan transportasi di India tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan negara lainnya.

India [image source]
India [image source]
Banyak lokasi wisata murah di India yang bisa kalian kunjungi seperti Taj Mahal, Kuil Jain Ranakpur, dan masih banyak lagi. Selain itu, budaya masyarakat India yang unik juga bisa Anda kenal dan nikmati selama berlibur di sana.

5. Sri Lanka

Selain Colombo, Sri Jayewardenepura Kotte juga merupakan kota yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Sri Lanka. Budaya Sri Lanka yang eksotis serta orang-orangnya yang ramah akan membuat Anda betah dan tak ingin meninggalkan negara ini!

Sri Lanka [image source]
Sri Lanka [image source]
Di Sri Lanka Anda akan merasa bagai di negeri tua. Karena di sini banyak sekali bangunan-bangunan tua masa penjajahan. Selain itu, jika beruntung Anda juga bisa bergabung dalam beberapa festival keagamaan di Sri Lanka, seperti Kandy Esala Perahera, Catholic Madhu Church Festival, Hindhu Vel Festival, dan festival jelang Ramadhan.

6. Nikaragua

Setelah mengelilingi Asia, saatnya melangkahkan kaki ke benua lain! Nikaragua yang merupakan negara kepulauan di Amerika Tengah menjadi salah satu tujuan terbaik.

Nicaragua [image source]
Nicaragua [image source]
Di negara ini, Anda bisa menikmati bangunan kolonial yang megah, serta keindahan danau vulkanik Laguna de Apoyo di kota Masaya. Negara ini disebut-sebut sebagai tempat surfing terbaik di dunia, jadi jangan ketinggalan untuk berselancar di antara deburan ombak pantai Nikaragua ya.

7. Peru

Peru merupakan negara tujuan backpacking yang komplet: murah, mudah dijelajahi, dan menyuguhkan destinasi-destinasi terbaik. Mulailah perjalanan dari Lima, sebelum menjelajahi kota-kota lain untuk menikmati kekayaan budaya Peru.

Peru [image source]
Peru [image source]
Di Peru Anda bisa mengunjungi hutan hujannya atau reruntuhan kuno yang keren. Jika masih ada sisa budget, sempatkan untuk mengunjungi Machu Pichu di Peru. Di sini Anda bisa tkakjub sekaligus merinding karena hawa mistisnya.

8. Turki

Negara yang terletak di perbatasan Asia-Eropa ini sangatlah unik, karena memiliki kombinasi budaya Barat dan Timur yang tercermin dari makanan serta bangunannya. Istanbul tentu saja jadi kota utama yang tak boleh dilewatkan saat tiba di negara ini.

Turki [image source]
Turki [image source]
Selain itu, negeri yang beribukota di Ankara ini, juga punya beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Gereja Chora. Selain itu ada festival seru yang sayang untuk dilewatkan yaitu Grand Bazaar. Dalam festival ini ditawarkan lebih dari 4000 toko beragam makanan khas timur tengah sejak abad ke 15.

9. Albania

Menikmati kebudayaan Mediterania di Italia atau Yunani mungkin terlalu mahal dan sulit untuk backpacker pemula. Nah, Albania merupakan negara terbaik yang menyuguhkan budaya serupa dengan biaya jauh lebih terjangkau.

Albania [image source]
Albania [image source]
Kunjungi ibu kota Albania, Tirana, yang memiliki banyak bangunan bersejarah dan juga keindahan gunung Daiti. Selain itu, dii Albania Anda juga bisa berkunjung ke museum-museumnya atau ke pantainya yang berpasir putih nan eksotis.

10. Costa Rica

Corcovado National Park yang ada di Costa Rica merupakan salah satu hutan hujan terbaik di seluruh dunia. Dan tentu saja lokasi ini wajib dikunjungi saat Anda backpacking ke Costa Rica.

Costa Rica [image source]
Costa Rica [image source]
Negara ini juga sangat pas untuk pecinta aktivitas air, karena ada begitu banyak air terjun dan sumber air panas alami yang bisa didatangi. Costa Rica juga terkenal akan folra dan faunanya yang beraneka ragam.

Bagaimana, traveler? Sudah menentukan negara tujuan Anda?