Nasi Tim Ayauw di Jakarta, Tempat Kuliner Legendaris yang Sudah Setengah Abad Lamanya

Nasi tim merupakan kuliner perpaduan Tionghoa dan Indonesia. Terdiri dari nasi dan daging ayam berbumbu gurih yang diolah dengan cara dikukus. Ada juga yang menggunakan daging sapi, ikan ataupun yang non-halal seperti daging babi. Cara penyajian nasi tim ini juga begitu unik, diletakkan di dalam kukusan dan ditangkupkan di atas piring sehingga isinya akan tercetak cantik. Ada satu nasi tim legendaris dan berusia setengah abad lamanya, yakni Nasi Tim Ayauw di Jakarta. Seenak apa, sih? Yuk, baca lebih lanjut.

Nasi Tim Ayauw Sudah Ada Sejak Tahun 1968

Nasi Tim di Jakarta, Via Instagram/globalfoodid
Nasi Tim di Jakarta, Via Instagram/globalfoodid

Sesuai namanya, Nasi Tim Ayauw di Jakarta didirikan oleh seorang pria yang bernama Ayauw. Pertama kali didirikan di tahun 1968, Nasi Tim Ayauw ini sekarang sudah memiliki usia 50 tahun lamanya. Meskipun sudah berusia setengah abad, tempat kuliner di Jakarta satu ini masih memiliki pelanggan yang begitu setia. Setiap harinya bahkan bisa menjual kurang lebih 500 porsi.

Rekomendasi Pakar Kuliner Almarhum Bondan Winarno

Telur ayam kampung mentah, Via Instagram/misshotrodqueen
Telur ayam kampung mentah, Via Instagram/misshotrodqueen

Semasa hidupnya, almarhum Bondan Winarno pernah menyebutkan salah satu rekomendasi nasi tim enak, yang dimaksud adalah Nasi Tim Ayauw di Jakarta ini. Bagaimana tidak, kuliner ini memiliki cita rasa yang bikin ketagihan. Tekstur nasi yang lembut, dipadu dengan rasa gurih dari lauknya. Daging cincangnya juga memiliki rasa yang pas, dipadukan dengan telur ayam kampung mentah yang diletakkan di atas nasinya. Ditambah dengan es liang teh, bikin rasanya makin mak nyuss.

Alamat Nasi Tim Ayauw

Lauk yang komplit, Via Instagram/sugih_d
Lauk yang komplit, Via Instagram/sugih_d

Buat Teman Traveler yang tertarik untuk menikmati dan mencicipi nasi tim di sini, kamu bisa menuju pusatnya ataupun beberapa cabangnya. Pusatnya terdapat di, Jl. Pasar Pagi (Proyek Pasar Pagi Lama lantai 1) Los No. U-21, Jakarta Barat. Nomer telepon Tel: 6902665, buka pagi – siang. Sementara itu untuk cabangnya ada tiga tempat yang berbeda,

Pertama: Gading Serpong Ruko, Bl Ak-1 No. 32
Jl. Kelapa Gading Selatan, Kelapa Dua
Jakarta Utara, Tel: (021) 547-6949

Kedua: Jl. Ratu Kemuning
Taman Ratu, Greenville, Jakarta Barat
Jl. Raya Kelapa Hibrida Blok AG 10 No.23
Kelapa Gading, Jakarta Utara, Tel: (021) 45860631

Ketiga: Pasar Muara Karang Blok Z Timur No.5
Jakarta Utara, Tel: 021-6679873/66695322

Harga Nasi Tim Ayauw

Ditambah bakso goreng juga enak, Via Instagram/bubueataway
Ditambah bakso goreng juga enak, Via Instagram/bubueataway

Untuk sekelas makanan legendaris di Jakarta, seporsi nasi tim di sini juga worth it buat dibeli. Satu porsinya dibanderol Rp38 ribu. Sementara itu untuk nasi tim dengan telur dihargai Rp40 ribu. Harga telurnya, Rp2.000 saja Teman Traveler. Ada pula menu lain seperti nasi hainam yang dibanderol dengan Rp40 ribuan juga. Lalu untuk bakso gorengnya Rp8.000 per pack-nya.

Nasi Tim Ayauw, Via Instagram/utjang
Nasi Tim Ayauw, Via Instagram/utjang

Kuiner ini merupakan nasi tim halal di Jakarta yang bisa dicoba siapa saja ya Teman Traveler. Cita rasa dan kenikmatannya tidak perlu untuk diragukan lagi. Jika sedang berkunjung ke Ibukota jangan lupa untuk mencicipinya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner legendaris satu ini?

Tags
Indonesia Jakarta kuliner nasi tim ayauw di jakarta
Share