Nasi Tempong Mbok Wah, Pedas Parah Tapi Nagih

Natalia

Natalia

On Indonesia
Nasi Tempong Mbok Wah Nasi Tempong Mbok Wah

Jawa Timur memang nggak ada matinya ya. Dari ujung ke ujung, setiap daerah punya pesona kuliner masing-masing. Banyuwangi termasuk salah satunya. Daerah berjuluk Sunrise of Java ini punya Nasi Tempong Mbok Wah.

Kedai Nasi Tempong Mbok Wah sajikan kuliner khas Banyuwangi dengan rasa pedas parah. Tapi anehnya, makin disuap justru makin bikin nagih lho. Tak percaya? Yuk, ikuti cerita lengkap saya saat mencicipinya..

Apa Itu Sego Tempong?

Pilihan lauk di Mbok Wah (c) Natalia/Travelingyuk

Saya selalu merasa bersyukur dilahirkan sebagai warga Indonesia. Bisa tinggal di negeri indah, dengan deretan makanan bercitarasa istimewa. Kalau Jogja punya Gudeg, maka Nasi Tempong merupakan salah satu masakan khas Banyuwangi. Sempat penasaran, rasa kepo saya akhirnya terjawab.

Cumi hitam yang menggoda (c) Natalia/Travelingyuk

Kuliner ini terdiri dari nasi, sayuran, lauk, dan sambal. Menggunakan nasi biasa, tidak berbeda dengan yang kita konsumsi sehari-hari. Yang membuat istimewa adalah sayurannya, menggunakan komponen rebusan bayam, kenikir, dan lain-lain. Tak ketinggalan sambal yang pedas parah.

Tempong sendiri dalam bahasa Banyuwangi memang berarti ‘tampar’. Teman Traveler sudah bisa bayangkan dari mana sebutan itu berasal kan?

Salah Satu yang Legendaris

Sate udang tepung (c) Natalia/Travelingyuk

Ada banyak tempat mencicipi kuliner Nasi Tempong khas Banyuwangi. Salah satu yang terkenal dan sempat saya kunjungi adalah Kedai Mbok Wah. Hati-hati buat Teman Traveler yang nggak doyan pedas, karena kuliner ini pasti menampar, sesuai namanya. 

Pilihan lauk ikan goreng (c) Natalia/Travelingyuk

Begitu tiba di Warung Mbok Wah, saya langsung disambut deretan lauk tertata rapi di etalase. Tanpa buang waktu, saya langsung memesan seporsi nasi tempong dengan lauk cumi hitam.

Setelah pesanan tersaji di depan mata, nampak nasi dan sayuran rebus. Meski sudah dimasak lama, rasanya tetap terasa segar. Potongan cuminya ada tiga, lengkap dengan sambal. Baru sesuap, saya sudah langsung kepedesan. Padahal saya termasuk pecinta cabai lho. Seporsi nasi tempong di sini dibanderol dengan kisaran Rp25.000. Sudah sangat kenyang, dengan pedas yang beneran menampar.

Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Menggiurkan kan? (c) Natalia/Travelingyuk

Siapa bilang makanan enak hanya disuguhkan di tempat mewah? Warung Sego Tempong Mbok Wah termasuk sederhana. Meski begitu, sajian yang disuguhkan benar-benar otentik, dengan rasa luar biasa lezat. Pedasnya sampai bikin terbayang-bayang. Ditambah lagi pilihan lauknya juga banyak.

Area lesehan via Instagram.com/ahmadzainm

Meski tak mewah, tempat ini cocok dikunjungi saat bertandang ke Banyuwangi bersama keluarga maupun teman. Meja dan kursinya tersedia lumayan banyak. Buat Teman Traveler yang lebih suka lesehan, ada juga lho tempatnya.

Lokasi Warung Mbok Wah memang tidak berada di pinggir jalan besar. Namun tenang saja, mobil masih bisa masuk dan parkir pas di depan warung kok

Lokasi Strategis

Sate telur puyuh (c) Natalia/Travelingyuk

Makanan enak, tapi tak bisa dijangkau juga akan jadi kendala. Terlebih karena waktu liburan tidak bisa selalu fleksibel. Tapi jangan khawatir, jika Teman Traveler sedang jalan-jalan di Banyuwangi, kuliner satu ini wajib masuk daftar untuk disambangi.

Sego Tempong khas Banyuwangi (c) Natalia/Travelingyuk

Warung ini beralamat di Jalan Gembrung No 220, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Di sekitarnya ada juga beberapa kuliner menarik untuk dicoba, Sate Maranggi Banyuwangi salah satunya. Oh ya, lokasi warung juga nggak jauh dari Desa Wisata Kemiren lho. Sayang kan kalau nggak sekalian singgah?

Teman Traveler yang ngaku doyan pedas, wajib nih coba Sego Tempong Mbok Wah saat berkunjung ke Banyuwangi. Ada yang sudah coba?