Mencicip Nasi Soto Mpring Pakai Mangkuk Bambu, Hanya 5 Ribuan!

Soto menjadi salah satu kuliner khas Nusantara yang memiliki banyak jenis. Mulai dari bumbunya, kuahnya, dan rasa yang menonjol. Kali ini, ada Nasi Soto Mpring yang mangkuknya sangat tidak umum. Supaya Teman Traveler tak penasaran, simak ulasan berikut yuk.

Berupa Lapak Sederhana di Desa

nasi soto mpring
Gerobak Nasi Soto Mpring (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Menuju Jogja bagian utara, kalian akan menjumpai warung yang beda dengan lainnya, namanya Nasi Soto Mpring. Memang bukan warung berbentuk bangunan, namun lapak sederhana yang terdiri dari gerobak dan area duduk berupa lesehan.

nasi soto mpring
Sudut lain lapak nasi soto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Untuk bisa menemukan Nasi Soto Mpring, Teman Traveler harus masuk dulu ke sebuah dusun. Salah satu gerai soto di Indonesia ini beralamat di Jalan Puri Domas, Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Tepatnya berada di belakang SD Negeri Sempu.

Inovasi Baru dari Penjual

nasi soto mpring
Inovasi baru dari penjual (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Awalnya Nasi Mpring menjual soto biasa seperti pada umumnya. Namun, pemilik warung mencoba peluang dengan memodifikasinya dengan sesuatu yang berbeda. Alhasil pertengahan bulan Agustus 2019, terciptalah Nasi Soto yang disajikan dengan wadah bambu. Meski masih tergolong baru, kuliner Jogja ini rupanya sudah memiliki banyak pelanggan.

nasi soto mpring
Diletakkan pada bambu (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bambu yang digunakan pun tidak sembarangan yakni menggunakan jenis betung atau petung. Bambu ini memiliki diameter yang besar dan batang yang keras, sehingga cocok digunakan sebagai wadah soto. Mangkuk ramah lingkungan ini pun tentu sudah melewati proses pembersihan meliputi penghilangan lugut-lugut bambu, baik yang di batang luar maupun ruas dalam.

Merupakan Soto Ayam Segar

nasi soto mpring
Tampilan Nasi Soto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Nasi Soto Mpring menawarkan soto ayam dengan kuah bening. Ditambah nasi putih, mie soun, kubis, tauge, dan suwiran ayam. Setelah disiram dengan kuah, ditaburi daun loncang dan diberi irisan jeruk nipis. Porsinya memang tidak terlalu banyak. Tapi untuk sekadar mengganjal perut, ukuran nasi sotonya pas.

nasi soto mpring
Disajikan dalam porsi yang pas (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Meski kuahnya bening, namun cita rasa rempahnya terasa. Nasi Soto Mpring ini dimasak tanpa MSG dan hanya mengandalkan bumbu alami. Suwiran ayamnya juga tidak pelit, cukup memanjakan lidah. Disajikan panas-panas, ada kelezatan tersendiri menyantap soto dalam bambu.

Untuk memperkaya rasa, Teman Traveler juga bisa menambahkan sambal dan kecap. Selain itu disediakan juga kerupuk, gorengan, dan aneka camilan yang bisa kalian tambahkan sebagai pelengkap makan soto.

Harga yang Sangat Terjangkau

Bisa Tambah Sambal (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kuliner Jogja satu ini termasuk murah meriah. Bagaimana tidak, satu porsinya hanya dibanderol dengan harga Rp5.000-an. Untuk menu minumannya juga terjangkau ,seperti teh dan es jeruk yang cukup merogoh kocek Rp2.000-an saja.

Harganya murah meriah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bagaimana, tertarik untuk mencoba Nasi Soto Mpring? Penggemar kuliner soto, sepertinya patut untuk mencicip makanan satu ini. Apabila ingin datang ke sini, bisa langsung meluncur dari pukul 07.30-17.00 WIB. Tempat ini buka setiap hari, kecuali Jumat.

Tags
Indonesia Jogja kontributor kuliner kuliner Jogja nasi soto mpring Travelingyuk
Share