12 Nasi Khas Indonesia yang Nikmatnya Tiada Tara

Advertisement

Nasi merupakan makanan utama orang Indonesia yang dijadikan makan pagi sampai makan malam. Bahkan, tak sedikit orang yang mengaku belum makan jika belum makan nasi. Dengan fakta yang sedemikian rupa, tidak mengherankan banyak nasi khas Indonesia yang berbeda-beda namun memiliki rasa yang tak bisa diragukan enaknya. Inilah jajaran nasi khas Indonesia yang bisa dicoba.

1. Nasi Liwet memiliki tekstur lebih lembut dari nasi pada umumnya. Nasi liwet berasal dari Solo. Rasanya gurih karena biasanya dipadukan dengan santan kental. Teksturnya yang lembut cocok untuk jadi menu sarapan.

Nasi Liwet yang menggugah selera, Via Instagram dapoerngeboeldintje

2. Nasi Kucing adalah makanan khas dari Jogja, Semarang, dan Surakarta. Disebut nasi kucing karena porsinya kecil. Di dalamnya ada nasi ditambah dengan sambal lauk pauk. Biasanya dijual di berbagai angkringan.

Nasi Kucing khas Jogja, Via Instagram dapur_resep

3. Nasi Langgi juga olahan beras dari berasal dari Solo. Nasi Langgi ini dibumbui dengan rempah, santan dan asam Jawa. Untuk lauknya biasanya dilengkapi dengan kering kentang, telur dadar, bistik, sambal goreng ati, mentimun, ditaburi kerupuk udang, dan serundeng.

Nasi Langgi di dalam cup, Via Instagram nasigemez

4. Nasi Tutug Oncom merupakan kuliner khas bumi Parahyangan Sunda. Rasanya nikmat dengan perpaduan nasi, oncom dan juga rempah. Untuk lauknya beragam tergantung selera, ada tempe, tahu, ayam, dan lain-lain.

Nasi Tutug Oncom, Via Instagram warungtutugoncomdiopi

5. Nasi Jamblang berasal dari Cirebon. Ciri utama Nasi Jamblang ini adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkusnya. Biasanya, Nasi Jamblang ini dimakan secara prasmanan.

Nasi Jamblang dengan daun jati, Via Instagram call_me_poci

6. Bali juga memiliki kuliner khas berupa Nasi Jenggo atau Nasi Jenggo yang biasanya dibungkus dengan memanfaatkan daun pisang dengan porsi yang kecil. Isiannya adalah nasi lauk pauk biasanya yang biasanya berupa telur, mie goreng, dan sambal.

Nasi Jinggo khas Bali, Via Instagram nasijinggo_pedas

7. Nasi uduk adalah salah satu menu sarapan yang banyak dicari karena enak dan nikmat. Ternyata ini merupakan makanan khas Betawi. Cara pembuatannya, beras dipadukan dengan santan kelapa. Dikonsumsi nasinya saja sudah sangat gurih, ditambah lauk pauk lengkap membuatnya makin istimewa.

Nasi Uduk, Via Instagram resep_masakanku

8. Nasi lainnya yang tak boleh dilupakan adalah Nasi Grombyang yang merupakan makanan khas dari Pemalang, Jawa Tengah. Disajikan dengan kuah melimpah sehingga terlihat bergoyang-goyang (dalam bahasa Jawa grombyang-grombyang).

Nasi Grombyang khas Pemalang, Via Instagram retno.dwisari16

9. Nasi Megono merupakan kuliner khas daerah Pantura, Jawa Tengah dan sangat familiar di sekitaran Pekalongan. Makanan ini terdiri dari nasi yang di atasnya nanti diberi cacahan nangka muda yang dipadu dengan parutan kelapa dengan bumbu lainnya.

Nasi Megono, Via Instagram ameltj2910

10. Kuliner nasi lainnya yang berasal dari Pati Jawa Tengah adalah Nasi Gandul. Kamu bisa dengan mudah menemukan Nasi Gandul ini di daerah Pati. Biasanya nasi ini dipadukan dengan jeroan sapi.

Nasi Gandul, Via Instagram wennyhendarto

11. Nasi Padang si makanan sejuta umat yang berasal dari Padang ini ada di mana-mana. Kamu pasti setidaknya pernah mencobanya meski mungkin tidak selalu menggemarinya. Nasi Padang biasanya dipadukan dengan berbagai bumbu bersantan yang memberikan sensasi rasa gurih yang nikmat.

Nasi Padang, Via Instagram rmsarumpun

12. Nasi Timbel berasal dari Sunda yang dibuat dari beras merah campuran yang dimasak bersamaan dengan bungkus daun pisang. Rasanya tidak perlu ditanya, enak dan recommended banget.

Nasi Timbel, Via Instagram madamerafa

Jika berbicara mengenai kuliner Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya ya. Yuk mulai mencicipi berbagai kuliner Tanah Air yang lokasinya dekat dengan tempatmu menetap sekarang. Berangkat?

Advertisement
Tags
Indonesia nasi di nusantara Nasi di Tanah Air Nasi khas Indonesia
Share