Nasi Bantingan, Kuliner Otentik Ramah Kantong ala Tulungagung

Teman Traveler mungkin sudah pernah dengar soal nasi kucing khas Jogja. Nah, di Tulungagung ada hidangan tradisional yang tawarkan sensasi serupa bernama Nasi Bantingan. Tak hanya hadirkan cita rasa otentik, sajian sederhana kuliner di Tulungagung ini juga sangat ramah kantong alias murah.

Pas untuk Traveling Hemat

dsc00272_v7O.jpg
Dijajakan di kedai kopi (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Nasi Bantingan telah lama dikenal sebagai teman begadang sambil menyeruput kopi di Tulungagung. Cita rasanya benar-benar khas, suguhkan kenikmatan tersendiri ketika disantap. Menemukan penjualnya juga cukup mudah. Sama seperti nasi lodho, penjaja kuliner ini memadati hampir tiap sudut kota.

nasi bantingan
Warung angkringan yang jual Nasi Bantingan (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Harganya pun sangat murah. Cukup rogoh kocek Rp3.500an, Teman Traveler sudah bisa nikmati lezatnya kuliner sederhana ini. Bakal lebih lengkap jika disantap bersama secangkir kopi maupun teh. Pas banget buat kalian yang sedang jalan-jalan dengan budget minim. Meski murah, tapi nikmat!

Asal-usul Nama ‘Banting’

nasi bantingan
Pilihan lauknya beragam (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Mulai muncul sejak 2000an, kuliner satu ini berhasil diterima dan menjadi alternatif sajian praktis bagi masyarakat Tulungagung. Dari segi nama, istilah ‘bantingan’ berasal dari kata ‘banting’.

Sebutan tersebut diberikan karena bungkusan nasi hanya seukuran genggaman tangan, seolah-oleh bisa dilempar begitu saja. Unik bukan Teman Traveler? Tak perlu ragu mencoba, nikmatnya gak kalah dengan makanan restoran kok!

Ragam Rasa Terus Berkembang

nasi bantingan
Varian rasa geprek pedas (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Jika awalnya nasi ini hanya berisi lauk sayur tahu, mie, dan potongan telur, belakangan ini muncul beragam varian anyar dengan jenis lauk berbeda. Teman Traveler bakal temukan Nasi Bantingan dengan isi ayam geprek, sambal tomat, dan masih banyak lagi. Namun tenang, apapun isinya, harganya tetap ada di kisaran Rp3.500an kok.

Boleh Tambah Lauk Sesuka Hati

dsc00275_Loe.jpg
Tambahan lauk telur (c) Akbar Dedy/Travelingyuk
nasi bantingan
Nasi dengan lauk potongan daging ayam (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa tambah beragam lauk sesuai selera. Biasanya yang tersedia adalah sate ati ampela dan telur puyuh, dibanderol Rp1.500 per tusuk. Selain itu masih ada gorengan dengan harga sekitar Rp500 per biji. Selesai makan, kalian bisa nambah secangkir kopi khas Tulungagung dengan harga Rp3.000an saja. Bagaimana, murah meriah kan?

Itulah sedikit ulasan mengenai Nasi Bantingan yang bisa jadi alternatif kuliner murah jika Teman Traveler sedang jalan-jalan dengan budget hemat. Jangan lupa cicipi bila sedang menjelajah wisata Tulungagung ya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor kuliner Kuliner Tulungagung Travelingyuk Tulungagung
Share