5 Nasi Ayam Legendaris di Semarang

Advertisement

Semarang memiliki banyak makanan khas. Selain tahu gimbal, tahu pong, lumpia, dan wingko babad, ibukota Jawa Tengah ini juga dikenal dengan kuliner nasi ayam. Sekilas mirip nasi liwet tapi tentu rasanya berbeda dan tidak kalah enak. Nah, di mana saja kamu bisa menikmatinya, simak ulasannya.

1. Nasi Ayam Bu Wido

Nasi Ayam Bu Wido.
Nasi Ayam Bu Wido. [image source]
Bu Wido sudah berjualan sejak 1994 lalu di area kuliner Simpang Lima, tepatnya di awal jalan arah Telogorejo diapit hotel Ciputra dan Plaza Simpang Lima. Menu ini lengkap dengan potongan telur rebus berbumbu, tahu opor, sayur labu manis dengan krecek, dan suwiran ayam, lalu diguyur kuah opor kuning. Kalau ingin tambahan lauk disiapkan sate telur, sate usus, opor daging paha, dada, kepala, dan sayap ayam. Sementara nasinya menggunakan bumbu santan dan rempah seperti daun salam dan serai. Satu porsi menu ini mulai Rp 10.000 sampai Rp 27.000.

Nasi Ayam Bu Wido.
Nasi Ayam Bu Wido. [image source]

2. Nasi Ayam Bu Pini

Nasi Ayam Bu Pini.
Nasi Ayam Bu Pini. [image source]
Menu ini dikenal banyak masyarakat karena rasanya yang gurih dan manis sehingga lezat ketika disantap. Nasinya diolah pakai santan dan dipadukan dengan sayur labu, telur dan suiran daging ayam serta kuah opor. Jika ingin lauk tambahan disediakan sate usus dan sate telur yang telah diolah. Satu porsi menu ini disajikan dengan alas daun pisang dan harganya mulai Rp 10.000. Lokasinya mudah dicari karena berada di Jalan Gang Pinggir Nomor 75, Krangan.

Nasi Ayam Bu Pini.
Nasi Ayam Bu Pini. [image source]

3. Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi Ayam Bu Nyoto.
Nasi Ayam Bu Nyoto. [image source]
Gurihnya opor dan krecek berpadu dengan sayur labu siam manis membuat lezat di lidah. Apalagi disajikan dengan pincuk daun pisang menambah kesedapannya. Bila ingin menambah lauk tersedia aneka sate seperti sate telur puyuh, sate usus, serta sate ati dan ampela. Harganya seporsi mulai Rp 10.000. Warung yang beralamat di Jalan MT Haryono ini termasuk yang legendaris karena telah ada sejak 1970.

Nasi Ayam Bu Nyoto.
Nasi Ayam Bu Nyoto. [image source]

4. Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum.
Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum. [image source]
Tidak berbeda dengan menu serupa yang lain, nasi ayam ini berisi tahu kulit, suwiran daging ayam, telur kecap separuh, sayur labu siam yang dimasak pedas dan disiram kuah opor dengan santan yang tipis. Namun tidak disajikan krecek karena seringkali pelanggan tidak suka, kalau ingin memakannya bisa langsung pesan sendiri ke pedagangnya. Disediakan pula lauk seperti sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, kripik tempe, dan krupuk. Harga seporsi mulai Rp 10.000 dan alamatnya di Jalan Puri Anjasmoro B1/23 Semarang.

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum.
Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum. [image source]

5. Nasi Ayam Yu Nah

Nasi Ayam Yu Nah.
Nasi Ayam Yu Nah. [image source]
Menu ini berupa nasi liwet yang diberi kuah opor kental, sayur labu siam, telur bacem dan suiran ayam serta dibungkus dengan daun pisang sehingga rasanya gurih dan sedap. Harganya mulai Rp 10.000 dan kalau ditambah lauk seperti sate usus dan sate ampela ati tambah Rp 5.000 rupiah per tusuknya. Dahulu pedagangnya berjualan di Jalan MT Haryono lalu karena banyak pelanggan pindah di jalan Anjasmoro.

Nasi Ayam Yu Nah.
Nasi Ayam Yu Nah. [image source]
Itulah beberapa nasi ayam yang ad di Semarang. Nah bagaimana nampak nikmat bukan? Buktikan sendiri kelezatannya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Nasi Ayam semarang
Share