Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku di Bali, Kenikmatan Melegenda Sejak 1960-an

Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer. Banyak daya tarik wisata yang disuguhkan, terutama pantainya yang keeksotisannya sudah diakui dunia. Tak hanya pantai saja, Bali juga memiliki tradisi dan budaya unik yang berhasil menyedot para pengunjung untuk berdatangan. Nah, jalan-jalan ke Bali akan sangat kurang lengkap tanpa mencicipi berbagai kulinernya. Misalnya saja Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Sudah Beroperasi Sejak 1960-an

Rekomendasi tempat kuliner di Bali, Via Instagram edwardirwantoro
Rekomendasi tempat kuliner di Bali, Via Instagram edwardirwantoro

Tempat kuliner Bali ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1960-an. Orang yang memulainya adalah Bu Mangku pada tahun 1964 yang meniti usahanya dengan berjualan nasi ayam di kaki lima sekitar wilayah Kedewatan, Ubud. Untuk membuat usahanya laris manis, Bu Mangku kala itu kerap berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Saat usahanya mulai membuahkan hasil dan ramai, ia memutuskan untuk membuka rumah makan sendiri.

Hanya Memiliki Satu Macam Menu Saja

Seporsi nasi Kedewatan yang nikmat, Via Instagram paulustjia
Seporsi nasi Kedewatan yang nikmat, Via Instagram paulustjia

Menu yang ditawarkan di sini hanya satu saja yakni nasi ayam kedewatan. Jadi, kamu tidak akan repot memilih menu. Meskipun hanya satu menu, namun rasanya benar-benar membuat orang-orang ingin datang kembali. Meski satu menu, tapi pilihan lauknya beragam. Ada ayam garang asam atau betutu, pepes ayam urap, ayam suwir, sate lilit ayam, oseng ati ampela garing dan lain sebagainya.

Siapa yang tidak tergiur, Via Instagram riobudi.m
Siapa yang tidak tergiur, Via Instagram riobudi.m

Ciri khas di sini, pilihan masakannya disajikan dengan bumbu khas Bali yang hampir selalu memanfaatkan kelapa dan juga kencur. Dalam seporsi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini biasanya akan berisi ayam suwir, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, ditambah sambal dan juga kulit ayam goreng yang menambah kenikmatannya.

Lokasi Ayam Kedewatan

Nasi yang bikin nafsu makan menggila, Via Instagram halliberty
Nasi yang bikin nafsu makan menggila, Via Instagram halliberty

Lokasi utama Ayam Kedewatan ini utamanya berada di Jl. Raya Kedewatan No. 18 Kedewatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk bukanya mulai dari jam 08:30 pagi hingga 07:00 malam. Ada cabang lainnya yang berlokasi di Jl. Tukad Badung No. 11, Renon, Denpasar. Pilih salah satu lokasi yang sekiranya paling dekat dengan keberadaanmu sekarang jika ingin mencicipi kuliner yang satu ini.

Ayo datang cicipi nasi di sini, Via Instagram arvin_sudarma
Ayo datang cicipi nasi di sini, Via Instagram arvin_sudarma

Bali memang menyuguhkan beragam pesona yang sayang sekali untuk dilewatkan. Termasuk juga dengan Nasi Ayam Kedewatan yang sudah melegenda ini. Jangan lupa mampir ke destinasi wisata kuliner di Bali satu ini yah.

Tags
Bali nasi ayam kedewatan ibu mangku
Share