Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pantang Terlewat

Mampir ke Ubud takkan lengkap jika tidak menjelajah kuliner khasnya. Buat Teman Traveler yang mencari sajian nikmat dan halal, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku bisa jadi alternatif pas untuk makan siang. Seperti apa istimewanya kuliner legendaris Pulau Dewata ini? Yuk, simak ulasannya.

Lokasi dan Jam Buka

Lokasi warung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kedai Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku bisa Teman Traveler temukan di Jl. Raya Kedewatan no. 18, Ubud, Gianyar. Namun kalian juga bisa mampir ke cabang mereka di Seminyak dan Denpasar. Rumah makan kenamaan ini buka tiap hari, mulai pukul 08.00 -18.00.

nasi ayam kedewatan ibu mangku
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Buka sejak pagi, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku sangat cocok buat Teman Traveler yang sedang bingung menentukan menu sarapan. Selain itu lokasinya juga sangat strategis, sehingga kalian takkan sulit menemukannya.

Menu Legendaris Dimasak Tradisional

nasi ayam kedewatan ibu mangku
Nasi Ayam dan Es Teler menggoda (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Berdiri sejak 1960-an, kedai ini telah menyandang status legendaris di Ubud. Di sini Teman Traveler hanya bisa pesan satu menu, yakni nasi ayam dengan pilihan lauk campur atau pisah. Jika tidak suka pedas, kalian bisa pesan versi lauk dipisah. Seporsinya terdiri dari daging ayam suwir, sate lilit, telur, lawar, dan sambal matah. Dijamin bikin kenyang!

nasi ayam kedewatan ibu mangku
Suasana di dalam tempat makan (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Uniknya, semua makanan di sini dimasak dengan cara tradisional, yaitu menggunakan tungku kayu bakar. Bumbunya pun kaya rempah, sehingga rasa dan aromanya begitu khas nan menggoda. Selain itu, semua bahan baku juga memanfaatkan produk pertanian lokal. Keren ya?

Soal harga, makan di sini dijamin takkan bikin Teman Traveler bangkrut. Seporsinya nasi ayam dibanderol Rp25.000 saja. Bagaimana, cukup ramah kantong bukan?

Indah dan Sejuk

Gazebo di bagian dalam (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Meski dari luar nampak mungil, area dalam warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ternyata cukup luas lho Teman Traveler. Bangunannya didesain dengan arsitektur ala Bali. Kalian akan menemukan beberapa joglo dengan meja dan alas duduk untuk lesehan. Jika datang bersama rombongan, kalian takkan sulit mendapatkan tempat.

Suasana asri (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Hampir tiap sudut tempat makan ini dihiasi ukiran khas Bali. Selain itu kehadiran pepohonan dan rumput segar membuat suasana di dalam terasa makin asri. Teman Traveler pasti bakal betah berlama-lama di sini. Jika ingin bersantap nikmat sambil menikmati suasana syahdu, warung ini bisa jadi pilihan tepat.

Selalu Ramai Pengunjung 

nasi ayam kedewatan ibu mangku
Ramai pengunjung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Nasi Ayam Kedawatan Ibu Mangku cabang Ubud hampir tak pernah sepi pengunjung. Pelanggannya tak hanya datang dari kalangan wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat mencari resto halal di Bali bukan perkara mudah.

Ditambah lagi pelayanan di sini sangat baik. Pengunjung tak perlu menunggu lama hingga pesanan mereka tersedia di meja. Teman Traveler dijamin tak bakal sampai keroncongan ketika mampir ke sini.

Pelayan sibuk melayani pengunjung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Menyempatkan mampir ke Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku dijamin takkan bikin Teman Traveler menyesal. Tak hanya lezat, harganya juga terjangkau kantong. Ditambah lagi tempatnya nyaman, sungguh sebuah paket lengkap buat kalian yang ingin mencicipi kuliner Bali. Bagaimana, tertarik mencoba?

Tags
Bali Indonesia kontributor kuliner kuliner bali nasi ayam kedewatan ibu mangku Travelingyuk
Share