Nasi Arab Gorengan Kambing Khas Betawi, Hidangan Pas untuk Idul Adha

Perayaan Idul Adha sudah tiba di hari ini. Teman Traveler tentu mencari-cari resep apa yang enak dari olahan kambing. Jangan bingung atau pun gundah, karena Traveling Yuk bakal merekomendasikan satu hidangan spesial yang jarang terpikirkan. Yaitu Nasi Arab Gorengan Kambing Khas Betawi. Untuk lebih lengkapnya, bisa disimak ulasan berikut ini. 

Sejarah Singkat Nasi Arab Gorengan Kambing

nasi arab khas betawi
Punya sejarah tersendiri via instagram/jualannya_dewi3r

Sajian satu ini ternyata punya sejarah tersendiri, Teman Traveler. Makanan ini berawal dari seorang pemuka Agama Islam dari Hadramaut, Yaman bersama teman-temannya saat menyiarkan agama di wilayah Betawi pada abad 18. Mereka mengajak warga Betawi untuk makan nasi khas Timur Tengah tersebut bersama-sama. 

Mulai dari sana, para pemuka agama tersebut mencoba-coba memadukan rempah asli Indonesia dengan makanan yang berbahan dasar kambing itu. Hasilnya pun tak mengecewakan, dan akhirnya makanan ini menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat ada perayaan yang berhubungan dengan Agama Islam. 

Nasi dengan Bumbu yang Lengkap 

nasi arab khas betawi
Nasi dengan bumbu yang lengkap via instagram/wirahardiyansyah

Makanan lezat dari Betawi ini merupakan salah satu hidangan dengan bumbu yang sangat komplit. Aromanya yang wangi berasal dari cengkeh, kapulaga, kayu manis, minyak samin dan juga jintan. Kemudian, potongan daging kambing yang dicampur dengan bumbu dan nasi membuat rasanya menjadi melekat kuat di lidah. Bisa dibayangkan betapa lezatnya makanan ini ketika sudah sampai di lidah. 

Disajikan Bersama Beberapa Bahan Lain

Dicampur dengan bahan lain via instagram/nasikebulibangmoch_3

Untuk menambah rasa Nasi Arab Gorengan Kambing ini menjadi lebih maknyus, biasanya disajikan dengan beberapa bahan makanan lain. Misalnya acar timun, tomat atau nanas segar. Sedangkan untuk lauk pendampingnya bisa memilih marak kambing atau sup kambing dengan kuah yang bening. Tapi, lauk pendamping ini hanya sebagai pilihan ya, Teman Traveler. Tak menggunakan lauk pun, Nasi Arab Gorengan Kambing tersebut tetap enak untuk disantap. 

Bisa Ditemukan di Resto Sekitar Jakarta 

Dijual di beberapa resto di Jakarta via instagram/nasikebulibangmoch_3

Bagi Teman Traveler yang kebetulan sedang di Jakarta atau berencana berlibur ke ibu kota, ada beberapa resto yang menyediakan Nasi Arab Gorengan Kambing khas Betawi. Pertama ada Nasi Kebuli Ny. Layla di Jl. Casablanca,Tebet. Kemudian di Pondok Nasi Kebuli Ibu Hana, Jakarta Selatan. Selanjutnya berlokasi di Nasi Kebuli Puas, Jl. Condet Raya Nomor 78, Jakarta Timur. Terakhir, ada di Nasi Kebuli Bang Madjid, Jl. Raya Condet No. 7A, Jakarta Timur. 

Well, itulah sekelumit info dari Nasi Arab Gorengan Kambing khas Betawi. Makanan ini cocok banget untuk menyambut Hari Raya Qurban. Oh iya, tidak lupa Traveling Yuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha bagi semua Teman Traveler yang merayakan. 

Tags
Indonesia Jakarta kuliner nasi arab khas betawi
Share