Tips Naik Pesawat Aman Bagi Ibu Hamil, Babymoon pun Tenang

Banyak artis yang menjadi babymoon sebagai trend baru. Setelah honeymoon, pasangan akan kembali liburan untuk merayakan kehamilan sang istri. Sebelum mengikuti gaya hidup yang satu ini, pastikan kamu memperhatikan hal-hal penting di bawah agar tetap aman naik pesawat saat hamil. Simak lebih lanjut, ya.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu babymoon
Pilih waktu babymoon via Instagram/@steviagnecya

Ibu hamil biasanya merasa paling sering mual di trimester pertama, yaitu kehamilan satu hingga tiga bulan. Hindari berpergian di waktu-waktu ini. Dilansir dari www.tripsavvy.com, American Congress of Obstetricians and Gynecologists menyarankan bahwa usia kandungan sekitar 14 hingga 28 minggu adalah yang paling aman untuk traveling. Sang ibu sudah tidak mual, tapi perut juga belum terlalu besar.

2. Banyak Minum Air

Banyak minum air
Banyak minum air via Instagram/@s1m2k5

Salah satu kunci agar ibu hamil tetap aman saat terbang adalah banyak air minum. Jangan sampai mengalami dehidrasi. Siapkan air minum di tangan dan minumlah sesering mungkin meski tidak merasa haus. Banyak air minum ini juga akan menghindari sang ibu untuk merasa nyeri di punggung. Pastikan juga kamu tidak terbang dalam keadaan perut kosong karena akan lebih mudah untuk merasa mual.

3. Pilih Penerbangan yang Pendek

Pilih penerbangan pendek
Pilih penerbangan pendek via Instagram/@bindawalla

Agar tidak terlalu lelah, pilihlah penerbangan yang pendek. Bagi orang biasa saja, kabin pesawat dirasa sempit. Apalagi bagi ibu hamil yang sedang membawa janin di perutnya. Berjam-jam di dalam pesawat akan membuat si ibu kelelahan, juga cenderung merasa kram di kaki dan bagian tubuh lainnya.

4. Tempat Duduk Paling Tepat

Duduk samping lorong
Duduk samping lorong via Instagram/@syrif_s

Salah satu cara untuk mengatasi pegal saat berada di pesawat adalah dengan banyak-banyak berjalan. Pilihlah tempat duduk di sebelah lorong. Selain itu, ibu hamil akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Sebisa mungkin memilih tempat duduk yang tak terlalu jauh dari toilet kamar mandi.

5. Destinasi Domestik

Babymoon ke pantai
Ilustrasi Babymoon ke pantai via Instagram/@themountmuse

Lupakan dulu impian ingin babymoon ke luar negeri. Banyak destinasi domestik yang tak kalah cantik. Selain hanya membutuhkan penerbangan yang sebentar, kamu tak perlu melewati perubahan cuaca yang ekstrem. Berjemur di pantai-pantai Bali, atau keliling Jogja juga akan menjadi kenangan yang indah, lho.

6. Bawa Catatan Kesehatan

Bawa salinan catatan kesehatan
Bawa salinan catatan kesehatan via Instagram/@immigrationdr

Jangan lupa untuk membawa salinan catatan kesehatanmu. Hal ini diperlukan jika ada hal-hal tidak diinginkan terjadi sehingga membutuhkan dokter pesawat. Maka tidak akan ada alergi yang terlewat, atau kondisi khusus yang tidak diketahui oleh dokter. Pastikan juga kamu sudah mendapat izin dari doktermu untuk terbang, ya.

7. Siap Cemilan sehat

Camilan buah
Camilan buah via Instagram/@xfooddiary_

Ada cara lainnya untuk menghindari mual saat terbang. Siapkan beberapa cemilan sehat, seperti permen jahe, buah potong, atau granola. Camilan untuk diet seperti biskuit kedelai juga cocok dijadikan teman perjalanan bagi ibu hamil. Hindari membawa makanan yang asin karena akan cenderung membuatmu haus.

Setelah membaca tips-tips di atas, jangan ragu untuk traveling berdua dengan pasangan untuk merayakan babymoon. Pastikan kamu sudah konsultasi dengan doktermu terlebih dahulu, ya. Bagaimana, mau ke Bali atau Jogja nih?

Tags
Akomodasi Indonesia tips naik pesawat ibu hamil
Share