Pria Indonesia Nekat Motoran Jakarta-London, Medan Indah nan Menantang Ini Bakal Dilalui

Stephen Langitan sebelumnya tak dikenal banyak orang, namun belakangan namanya menjadi buah bibir di sejumlah media Indonesia. Hal tersebut terjadi usai Stephen mengumumkan rencana menempuh perjalanan Jakarta-London dengan menggunakan motor. Misi nekat tersebut ia lakukan demi menginspirasi para pemuda Tanah Air untuk meraih mimpi mereka.

Menurut laporan yang diturunkan oleh Antara, perjalanan Stephen bakal menempuh jarak kurang lebih 30 ribu kilometer. Lewat kegiatan yang menuntut disiplin dan mental tangguh tersebut, Stephen berharap bakal bisa mengajak para generasi muda untuk berani bermimpi. Ia juga memasang target sampai di tujuan pada 17 Agustus, tepat pada hari perayaan kemerdekaan Indonesia.

Ditanya soal rute, Stephen menyatakan ia sudah memikirkannya dengan matang hingga hanya perlu menyebrangi laut sebanyak dua kali. Lantas seperti apa Medan yang bakal dilewati sang pemotor nekat dalam mewujudkan misinya tersebut? Berikut Travelingyuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Menyebrang dari Jawa ke Sumatra

Pemandangan di sekitar pelabuhan Merak via Instagram fathanphoto

Stephen Langitan bukan orang baru dalam dunia solo touring, alias mengendarai motor jarak jauh sendirian. Pada 2015 silam, ia pernah melakukan perjalanan dari Jakarta ke Sabang. Kemungkinan untuk mencapai London tahun ini ia juga akan menggunakan rute yang hampir sama.

Cerahnya langit di Pelabuhan Merak via Instagram siswondo_wa

Itu artinya Stephen bakal meluncur dari pusat kota Jakarta ke Tangerang, sebelum kemudian menuju Serang. Dari sana, Stephen akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Merak, di mana ia bakal menumpangi salah satu kapal penyebrangan untuk mencapai Pelabuhan Bakauheni yang ada di Sumatra.

Perjalanan awal bakal banyak dihabiskan di Provinsi Banten, yang memang terkenal dengan keindahan alamnya. Ada beberapa pantai elok di kawasan ini, seperti Anyer, Karang Bolong, dan Sangiang. Selain itu masih ada juga Taman Nasional Ujung Kulon dan Perkampungan Baduy. Sepanjang jalan juga bakal ada banyak warga yang menjajakan buah serta kuliner lokal.

2. Melintasi Sumatra menuju Malaysia

Pemandangan senja di Selat Sunda via Instagram rifai_romadon

Begitu sampai di Sumatra, Stephen bakal kembali melintasi jalur darat sebelum kemudian mencoba menyebrang ke Malaysia. Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk bisa mencapai Negeri Jiran dengan menaiki motor. Stephen bisa berangkat lewat pelabuhan Tanjung Balai, Belawan, maupun Dumai.

Kapal berwarna-warni yang ada di Pelabuhan Dumai via Instagram suci_ck

Namun demikian, opsi terakhir lebih menarik dari sisi biaya. Konon untuk menyebrang ke Malaysia dan mengangkut motor, satu orang penumpang biasanya harus mengeluarkan kocek hingga 6 juta rupiah. Namun jika memilih menyebrang via Dumai, biaya yang dikeluarkan hanya berikisar 2 juta rupiah.

Sebelum itu, Stephen bakal dihadapkan dengan jalanan Sumatra yang dikenal rawan karena kelokannya yang cukup curam. Namun sebagai kompensasi bakal ada pemandangan alam yang menakjubkan di sisi kiri dan kanan jalan.

3. Dataran Tinggi India

Jalanan motor yang menantang di India via Instagram LonelyIndia

Sesampainya di Malaysia, petualangan Stephen masih akan terus berlanjut. Ia bakal harus menjelajah jalanan di sejumlah negara di Asia Tenggara, sebelum akhirnya mencapai India. Di sini sang pemotor bakal menghadapi kerasnya medan di Central India Highland.

View pegunungan yang ada di India bagian utara via Instagram lhn_colorshots

Central India Highland merupakan kawasan biogeografis yang dibentuk oleh perbukitan Satpura dan Vindhya. Luasnya mencapai 250 ribu kilometer persegi dan terdapat tak kurang dari 20 tempat penangkaran satwa dan tujuh taman nasional di kawasan ini. Namun di luar kawasan ini, Stephen juga akan melewati sejumlah dataran tinggi dengan kondisi menantang sekaligus menyuguhkan panorama menakjubkan.

4. Padang pasir Pakistan dan Iran

Senja di salah satu gurun pasir di Pakistan via Instagram kekkotd87

Dari India, Stephen akan coba memasuki kawasan Eropa dengan melewati Pakistan dan Iran. Dua negara ini dikenal memiliki iklim panas dan juga jalanan panjang yang berada di kawasan gurun alias padang pasir. Dibutuhkan determinasi dan kondisi fisik prima untuk bisa melewati tantangan ini hanya dengan menunggangi motor.

Gurun Pasir Lut di Iran via Instagram iranalpinetravel

Gurun sudah menjadi salah satu wisata favorit bagi para turis di Iran dan Pakistan. Biro perjalanan lokal biasanya sudah menyiapkan paket khusus bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi petualangan di padang pasir. Di sana mereka biasanya akan diajak menunggang unta, menjelajah dan menikmati pemandangan sekitar, serta berkemah.

5. Jalur Pegunungan Alpen

Menyusuri jalanan Pegunungan Alpen dengan naik motor via Instagram habrdakbaworak

Begitu berada di kawasan Eropa, Stephen akan langsung dihadapkan tantangan melalui jalanan di sekitar area Pegunungan Alpen. Alpen atau dikenal juga dengan nama Alps, merupakan sebuah pegunungan besar di Eropa. Panjangnya diperkirakan mencapai 1.200 kilometer dan membentang dari Austria dan Slovenia Timur, melewati Italia, Swiss, Liechtenstein, dan Jerman, hingga ke Prancis bagian barat.

Pemandangan cantik Gunung Alpen via Instagram ra_audi

Rute Pegunungan Alpen sering digunakan oleh para penghobi touring di Eropa. Jalurnya terbilang cukup menantang karena di beberapa titik terdapat kelokan tajam dan ada beberapa jalur yang cukup curam. Namun para pemotor bakal dimanjakan panorama alam yang luar biasa indahnya.

Itulah tadi beberapa medan eksotis dan menawan yang bakal dilewati Stephen Langitan dalam touring ambisiusnya dari Jakarta menuju London. Kita doakan saja Stephen sukses menuntaskan misinya pada Agustus mendatang dan sanggup menginspirasi para pemuda di Tanah Air.

Tags
India Indonesia Iran Pakistan Wisata
Share