Empat Museum yang Menyimpan Koleksi Heroik TNI, Wajib Dikunjungi

Serangan udara yang diluncurkan oleh TNI Angkatan Udara Indonesia di markas militer Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga, membuat 29 Juli menjadi tanggal yang sakral. Selain itu, berbagai macam momen penting dan heroik juga dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia. Tak heran jika beberapa museum mengkhususkan untuk mengoleksi dan menyimpan beberapa benda-benda yang terkait dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Seperti empat museum yang menyimpan benda perang ini.

Museum Satria Mandala, Jakarta

Salah satu pesawat tempur di Museum Satria Mandala via jakarta-tourism.go.id

Museum dibuka pada  tahun 1972 dan diresmikan oleh Mantan Presiden Soeharto. Di dalamnya kamu dapat menemukan berbagai macam benda-benda perang. Miniatur kapal perang, meriam, rudal, pesawat terbang, torpedo, hingga rudal adalah contohnya. Museum yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia ini berada di Jalan Gatot Subroto 14-16, Jakarta Selatan.

Museum Dirgantara Mandala, Yogyakarta

Koleksi pesawat di Museum Dirgantara Mandala via yogyalagi.com

Awalnya Museum Dirgantara Mandala berada di Jakarta, karena Jogja merupakan tempat kelahiran TNI AU, dipindahlah museum ini. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi di dalamnya. Sebanyak 36 pesawat terbang, 1000 foto, 28 diorama, lukisan, hingga tanda kehormatan dapat kamu temukan di dalamnya. Namun dari jumlah tersebut terdapat replika pesawat Dakota VT-CLA yang merupakan masterpiece museum ini.

Museum Yos Sudarso, Surabaya

Museum Yos Sudarso via Facebook.com

Jika dua tempat sebelumnya merupakan museum yang menyimpan peralatan miliki TNI AU, di Museum Yos Sudarso teman traveler mempelajari sejarah TNI AL. Pada lantai bawah, terdapat auditorium dan videorama yang memutar sejarah TNI AL dan profil perjuangan Komodor Yos Sudarso. Sedangkan di lantai dua, terdapat sejarah perebutan Papua Barat dari jajahan Belanda. Terdapat juga beberapa sejarah pertempuran Laut Aru yang menewaskan Yos Sudarso.

Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya via idsejarah.net

Museum Brawijaya berada di Kawasan Ijen Boulevard. Tempat ini menyimpan berbagai macam benda bersejarah yang menjadi bagian dari perjalanan Indonesia. Karenanya Museum Brawijaya dapat menjadi lokasi yang tepat jika ingin mengajak anak kecil untuk berwisata sembarii edukasi. Tempat ini tak hanya menyimpan benda bersejerah dari Kota Malang saja. Terdapat tank sisa perang pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya. Uniknya lagi, terdapat sebuah gerbong maut yang mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya.

Untuk mengingat jasa dan aksi-aksi heroik para pahlawan, beberapa tempat menyimpan beberapa benda-benda yang bersejarah. Seperti yang dapat ditemukan pada beberapa tempat di atas. Dari empat lokasi tersebut ada yang pernah teman traveler kunjungi?

Tags
Indonesia Museum sejarah TNI Wisata
Share