5 Museum Unik di Dunia, Ada yang Serba Alat Kelamin Wanita

Seperti yang kita tahu selama ini, museum sebagian besar menyimpan benda-benda bersejarah. Namun, ada beberapa museum unik di dunia ini yang di dalamnya berisikan barang nyleneh, tak pernah kalian bayangkan sebelumnya. Contohnya seperti sejumlah museum yang akan Traveling Yuk bahas di bawah ini. Simak, yuk. 

Museum Vagina 

museum unik
Ilustrasi museum vagina via instagram/vagina_museum 

Baru-baru ini ada berita mengejutkan dari Inggris. Pada tanggal 16 November 2019 nanti, akan dibuka museum vagina yang pertama di dunia. Berlokasi di wilayah Camden Market, museum ini dibangun untuk memberikan pendidikan seputar alat kelamin dan reproduksi wanita.

Si pendiri, Florence Schecter, berharap museum ini bisa menjadi daya tarik dengan menampilkan segala hal tentang alat kelamin perempuan, baik dari sisi ilmu pengetahuan, kesehatan, maupun sejarah. Berbagai kelengkapan dan atraksi disiapkan untuk membuat pengunjung nyaman.

Museum Kematian 

museum unik
Siriraj Medical Museum via instagram/campari_ignoranza_e_stile

Di Bangkok, Thailand ada museum kematian yang banyak mengundang perhatian wisatawan. Di dalamnya berisikan beberapa kerangka manusia sampai dengan janin yang diawetkan. Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat bagaimana paru-paru rusak karena berbagai sebab. Seperti paru-paru tertusuk pisau dan juga otak yang mengalami pendarahan. 

Museum yang bernama asli Siriraj Medical Museum ini ternyata memiliki beberapa bagian di dalamnya. Contohnya museum anatomi, patologi, pengobatan tradisional Thailand dan  toksikologi. Bagi Teman Traveler yang ingin ke sana, bisa langsung meluncur ke Rumah Sakit Siriraj. 

Museum Toilet 

museum unik
Sulabh International Museum of Toilet via instagram/nidhinuts

Tak kalah unik dengan dua di atas, ada museum toilet yang bertempat di New Delhi, India. Ketika berkunjung ke sana, Teman Traveler akan melihat berbagai macam toilet yang ada dari dulu hingga saat ini.

Museum bernama Sulabh International Museum of Toilet ini didirikan untuk perbaikan sanitasi di berbagai negara sebagai sarana meningkatkan kondisi kesehatan. Tempat ini diciptakan oleh Sulabh International yang merupakan organisasi layanan sosial di India. 

Museum Alat Kelamin Pria 

Iceland Phallological Museum via instagram/madmaxwinston

Kalau tadi ada museum vagina, di Islandia ada tempat yang membahas alat kelamin pria. Tempat yang bernama asli Iceland Phallological Museum tersebut bukan hanya menampilkan seputar alat kelamin manusia.

Alat kelamin dari berbagai jenis hewan, seperti paus, anjing laut dan mamalia darat juga dipamerkan di sini. Total koleksinya ada sekitar 280. Sejak didirikan pada 2011, museum ini sudah menarik banyak pengunjung, yang rata-rata berjumlah 11 ribu orang per tahunnya. 

Museum Vacuum Cleaner 

Vacuum Cleaner Museum and Factory Outlet via instagram/ariellethemermaiden

Terakhir, ada Vacuum Cleaner Museum and Factory Outlet yang berada di Saint James, Missouri, Amerika Serikat. Di dalam museum ini, kalian dapat menemukan banyak sekali vacuum cleaner. Mulai dari yang antik seperti Royal Model 1, sampai modern yaitu jenis hoover.

Sebagian besar koleksi berasal dari kurator museum bernama Tom Gasko. Pria tersebut adalah seorang ahli vacuum yang tertarik dengan alat kebersihan ini sejak masih kecil.

Jadi, itulah deretan museum unik yang ada di dunia. Ternyata nggak cuma benda bersejarah yang dipamerkan museum, ya. Meski begitu, tetap tidak menghilangkan fungsinya sebagai pemberi informasi kepada khalayak umum. Bagaimana, tertarik berkunjung ke mana dulu, nih?

Tags
Amerika Serikat India Inggris Islandia Luar negeri Museum Unik Thailand Wisata
Share