Museum Trupark, Pertama di Indonesia Gabungkan Selfie dan Edukasi Batik

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia

Museum biasanya identik dengan barang lawas dan usang. Namun Teman Traveler tak bakal menemukan itu di Museum Trupark. Destinasi anyar di Cirebon ini justru mengusung konsep baru dan unik.

Berdiri tepat di sebelah sentra batik ternama, Museum Trupark diklaim sebagai pertama di Indonesia yang hadirkan wahana selfie dan edukasi batik. Tak heran jika di dalamnya terdapat sederet spot Instagenic menarik, menanti untuk dieksplorasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bagian dari Sentra Batik Ternama

Spot foto belajar batik
Spot foto belajar batik via Instagram.com/truparkmuseum

Museum Trupark terletak di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Gedungnya berada tepat di sebelah sentra batik ternama, Batik Trusmi. Bukan kebetulan, karena inisiatif mendirikan museum memang datang dari pengelola pusat penjualan batik langganan turis tersebut.

Batik Trusmi sendiri menyediakan berbagai macam pilihan batik untuk para pelancong. Motif dan harganya beragam, dari santai sampai resmi, mulai ribuan hingga ratusan juta rupiah. Selesai berbelanja, para pengunjung kini bisa lanjutkan perjalanan dengan mampir ke museum batik Trupark.

Wahana Foto Selfie dan Edukasi

Salah satu spot foto keren
Salah satu spot foto keren via Instagram.com/truparkmuseum

Guna memancing minat pengunjung, pengelola museum tak serta merta langsung menyuguhkan sederet informasi sejarah batik. Begitu masuk, Teman Traveler justru bakal disambut beberapa spot foto cantik nan menarik. Beberapa di antaranya hadir dalam bentuk topeng babakan lima, batik mega mendung, dan masih banyak lagi.

Pengunjung berfoto dengan alat tenun
Pengunjung berfoto dengan alat tenun via Instagram.com/truparkmuseum

Setelah puas berfoto-foto dan mengagumi indahnya warisan budaya Cirebon tersebut, Teman Traveler bisa melanjutkan ke lantai II. Di bagian inilah baru pengelola fokus pada wahana edukasi. Pengunjung akan disuguhi beragam artefak berupa canting, malam, dan ember. Selain itu ada juga pemaparan mengenai sejarah Desa Trusmi.

Pertunjukan Visual Plus Sewa Kostum

Imam Nahrawi sempat sambangi Trupark
Imam Nahrawi sempat sambangi Trupark via Instagram.com/truparkmuseum

Tak salah memang jika Museum Trupark disebut berbeda dari yang lain. Wahana yang disuguhkan pengelola benar-benar atraktif. Ada satu sudut di mana pengunjung bisa berfoto keren di ruangan visual, menggunakan latar belakang video yang selalu berubah-ubah.

Pengunjung bisa menyewa kostum
Pengunjung bisa menyewa kostum via Instagram.com/truparkmuseum

Jika masih belum puas, pengunjung juga bisa menyewa kostum. Tersedia beberapa pakaian batik yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto. Pastinya bakal membuat pengalaman berkunjung ke Trupark terasa kian mengesankan.

Tiket Masuk Terjangkau

Trupark hadir dengan tiket terjangkau
Trupark hadir dengan tiket terjangkau via Instagram.com/truparkmuseum

Museum Trupark termasuk destinasi wisata yang tak bakal menguras kantong. Pengelola hanya mematok Rp50.000 per orang untuk tiket masuk. Sangat sebanding dengan wahana dan keseruan yang ditawarkan.

Asyiknya lagi, museum ini buka setiap hari. Mulai Senin hingga Jumat, mereka beroperasi antara pukul 12 siang hingga pukul 6 sore. Sementara untuk Sabtu dan Minggu, destinasi selfie dan edukasi ini dibuka antara jam 9 pagi hingga pukul 6 sore.

Museum Trupark
Museum Trupark via Instagram/@melindaarizka25

Itulah sederet penjelasan mengenai Museum Trupark, pertama di Indonesia yang hadirkan batik dalam konsep edukasi dan selfie. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang tertarik berkunjung ke sini?