Museum Satwa Batu, Wisata Edukasi yang Selalu Baru

Advertisement

Batu terkenal sebagai kota wisata karena banyak destinasi wisata yang bisa Teman Traveler kunjungi. Hampir selalu ada kejutan baru yang bikin penasaran untuk dinikmati. Salah satu wahana wisata yang menarik banyak pengunjung adalah Museum Satwa Batu.

Jalur Tour Museum Satwa

Pintu masuk Museum Satwa (c) Bunda Zakiyah Travelingyuk

Museum Satwa terletak satu lokasi dengan Secret Zoo di Jatim Park 2, Museum Satwa Batu berada di Jl. Oro-oro Ombo No.9 Kota Wisata Batu. Setelah melewati pintu masuk museum satwa terbesar di Indonesia ini, kamu akan menjumpai sangkar raksasa yang berisi aneka burung unik. Tidak hanya itu, di Museum Satwa juga ada replika dan hewan-hewan langka.

Replika binatang langka yang sudah diberikan spot kursi untuk foto
(c) Bunda Zakiyah Travelingyuk

Pas sekali jika Museum Satwa Batu dijadikan sebagai sarana eduwisata atau wisata belajar, karena tempat ini bisa mengenalkan aneka hewan kepada pengunjung, khususnya anak-anak. Hal menarik lainnya. Cocok sekali menjadi sarana liburan keluarga dan menjadi ajang komunikasi antara orang tua dan anak.

Lukisan 3D

Lukisan 3D untuk berfoto (c) Bunda Zakiyah Travelingyuk

Ingin mempercantik social media? Teman Traveler bisa selfie, ataupun berfoto dengan lukisan 3D yang dapat kamu jumpai di beberapa spot di dalam Museum Satwa. Lukisan yang detail dan mirip dengan aslinya hampir menipu setiap pengunjung. Ditambah pencahayaan yang pas, membuat suasana semakin keren, seolah-olah kamu berada benar-benar di dalam hutan.

Insectarium

Wahana Insectarium (c) Bunda Zakiyah Travelingyuk

Belajar jenis-jenis serangga dari seluruh dunia, tidak hanya bisa dibaca melalui ensiklopedia. Teman Traveler juga bisa berkunjung ke Museum Satwa dan masuk ke Insectarium yang menampilkan sejumlah koleksi serangga dari berbagai negara, bahkan yang langka sekalipun. Teman Traveler juga bisa menemukan serangga seperti jenis kupu-kupu, laba-laba,, juga yang jarang terlihat sekalipun.

Diorama Hewan

Replika leopard yang sedang berburu di Museum Satwa (c) Bunda Zakiyah Travelingyuk

Melalui diorama di Museum Satwa, Teman Traveler bisa melihat
miniatur tiga dimensi yang menggambarkan pemandangan hewan-hewan dari berbagai negara, beserta habitatnya. Diorama tersebut diletakkan di dalam akuarium kaca yang besar, sehingga pengunjung berkesempatan melihat secara luas gambaran alam liar dan juga menjadi spot foto yang apik.

Fosil Hewan Purba

Beberapa peninggalan purba yang diabadikan di Museum Satwa (c) Bunda Zakiyah Travelingyuk

Fosil Hewan Purba juga dapat dilihat di Museum Satwa, seperti kerangka Tyranoshaurus T-Rex yang berukuran besar dan kerangka hewan purba lainnya. Teman Traveler juga bisa melihat dari dekat, serta mempelajari detail peninggalan purbakala dibantu dengan deskirpsi di samping display.

Mayapada Show

Melalui drama musical Mayapada Show, Teman Traveler juga bisa belajar tentang pentingnya menjaga hutan yang berfungi sebagai paru-paru dunia.
Show yang berlangsung di dalam Museum Satwa ini dapat dinikmati dalam tiga sesi yaitu pukul 11.00, 13.00, dan 15.00. 15.00. Pastikan kamu datang di waktu yang tepat agar mendapat foto yang ciamik dari Mayapada Show

Fasilitas dan Kunjungan

Dibutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam termasuk menikmati Mayapada Show dan menikmati wisata foto di Museum Satwa. Saat weekend, kamu mungkin membutuhkan waktu lebih panjang karena ramainya pengunjung bisa membuat antre untuk melakukan foto di spot-spot menarik.

Kalau Teman Traveler merasa lelah kerena berjalan lama di Museum Satwa Batu, jangan khawatir karena ada beberapa bangku untuk duduk di beberapa tempat. Namun, jarang sekali pengunjung yang duduk karena tidak merasa lelah menikmati pemandangan di museum ini.

Fasilitas lain yang ada di Museum Satwa adalah toilet, musola, dan warung desa sebagai tempat mampir saat Teman Traveler ingin menikmati makanan dan minuman.

Hanya merogoh kocek Rp 120 ribu, kamu sudah bisa menikmati semua wahana di Museum Satwa lho, plus masuk ke Secret Zoo yang menampilkan aneka binatang langka dari berbagai negara. Bagaimana, siap untuk menghabiskan waktu di wisata Batu satu ini?

Advertisement
Tags
Batu Indonesia museum satwa
Share