Hanya di New Meksiko, Ada Museum Berisi Ratusan Rudal Perang

Advertisement
Advertisement

Jika biasanya museum adalah tempat penyimpanan benda-benda bersejarah namun lain halnya dengan museum yang ada di New Meksiko ini. Barang koleksi dari museum ini adalah rudal. Berbagai jenis rudal lengkap dengan informasi seputar kecanggihannya bisa didapatkan di museum ini.

White Sands Missile Range (WSMR) berada di selatan New Meksiko, menempati area hampir 8.300 km persegi, situs ini merupakan salah satu instalasi militer terbesar di Amerika Serikat. Fungsi utama dari tempat ini adalah mendukung pengembangan rudal dan program tes untuk Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan instansi pemerintah serta swasta lainnya.

Museum Rudal (c) Flickr
Museum Rudal (c) Flickr

Seperti kebanyakan instalasi militer besar di negara Barat, White Sands diciptakan selama Perang Dunia II, secara resmi didirikan pada tanggal 9 Juli 1945 atau satu minggu sebelum ledakan nuklir pertama di dunia, tes Trinity. Selama bertahun-tahun sebagian besar sistem rudal di gudang senjata AS diuji di WSMR, termasuk V-2, Nike, Viking, Kopral, Lance dan Multiple Launch Rocket System.

White Sands Missile Range Museum berada di dalam lokasi fasilitas militer, sekitar 100 km sebelah selatan dari Situs Trinity. Museum rudal penuh sesak dengan informasi tentang asal-usul program nuklir Amerika. Tampilan paling menarik dari museum ini adalah taman rudal.

Taman Rudal di White Sands Missile Range (WSMR) (c) exploracation.blogspot.in
Taman Rudal di White Sands Missile Range (WSMR) (c) exploracation.blogspot.in

Di taman terbuka ini ada libih dari 60 roket berbagai jenis yang pernah digunakan dalam pertempuran pada Perang Dunia II. Di taman ini juga Anda bisa menemui rudal balistik jarak jauh pertama di dunia yang mampu menjangkau ruang angkasa. Roket-roket ini di pasang dalam posisi menghadap ke langit seolah-olah siap untuk diluncurkan.

Rudal-rudal ini berasal dari Perang Dunia II (c) Flickr
Rudal-rudal ini berasal dari Perang Dunia II (c) Flickr

Dikutip Travelingyuk dari situs resmi White Sands Missile Range Museum, museum ini buka sepanjang tahun dan wisatawan yang berkunjung tidak dikenakan biata apapun alias gratis. Jam kunjung pada hari kerja mulai pukul 8.00-16.00 dan 10.00-03.00 pada hari Sabtu. Hari libur dan hari Minggu tutup.

Advertisement
Tags
Musem Rudal NASA White Sands Missile Range (WSMR)
Share