Museum Perdamaian Hiroshima Kembali Dibuka, Saksi Bisu Perang Dunia II yang Ganas

Wisata Jepang identik dengan bunga sakura, Gunung Fuji, atau kuil bersejarah. Tak hanya memperlihatkan keindahan alam, negeri sakura juga menyimpan masa lalu yang kelam dan Teman Traveler bisa menyaksikannya di Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima.

Gedung yang menjadi saksi bisu kekejaman Perang Dunia II tersebut akhirnya kembali dibuka setelah dua tahun hiatus. Ada hal menarik apa saja di dalamnya? Intip bareng yuk!

Kembali Dibuka Setelah Direnovasi

Museum Perdamaian Hiroshima, via Instagram/__sakurasaita__

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima termasuk satu dari sekian banyak tempat populer di Jepang. Kabar baik bagi Teman Traveler yang ingin mempelajari sejarah negeri sakura, kalian sudah bisa mampir ke museum mulai Kamis 25 April 2019.

Sebelumnya, museum ditutup selama dua tahun karena direnovasi. Gedung museum menjadi saksi bisu atas kekejaman yang terjadi pada Perang Dunia II yang berakhir dengan peluncuran bom atom tanggal 6 Agustus 1945 silam.

Memperlihatkan Sisa Barang Milik Korban Ledakan

Hiroshima Peace Memorial Museum, via Instagram/markjlwang

Bangunan terbagi menjadi dua yakni gedung utama dan di sisi timur. Di dalamnya terdapat foto, film, koran, majalah, yang berkaitan dengan peristiwa di Hiroshima pada saat itu. Tak hanya diberi pengetahuan lewat literasi, museum Hiroshima juga memiliki galeri yang menampilkan barang-barang milik Hibakusha (orang yang terkena ledakan).

Mulai dari sepatu, jam, kacamata, kotak makan siang, sepeda, yang rata-rata telah hangus terbakar. Peristiwa tersebut menyebabkan ratusan ribu nyawa melayang.

Dilindungi UNESCO

Sisa reruntuhan bangunan bekas bom di Hiroshima, via Instagram/wee_scottish_lass

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima atau lebih dikenal sebagai Genbaku Dome merupakan salah satu bangunan yang tersisa pada saat terjadinya ledakan. Museum ditetapkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1966. Teman Traveler masih bisa menyaksikan reruntuhan bangunan dibalik pagar pembatas.

Lokasi dan Rute

Genbaku Dome, via Instagram/michaelvischer

Museum Perdamaian Hiroshima bertempat di Nakajimacho, Naka Ward, Hiroshima. Tak sulit untuk menemukannya. Wisatawan hanya perlu pergi ke stasiun JR Hiroshima dan naik kereta trem nomor 2 atau 6 untuk turun di halte Genbaku-Domu.

Perjalanan memakan waktu selama 15 menitan dan harga tiketnya sebesar Rp20 ribuan. Setelah sampai di halte, kalian tinggal berjalan kaki selama 5 menitan untuk sampai ke lokasi.

Bagi Teman Traveler yang ingin mengetahui sejarah Jepang pada saat Perang Dunia II, maka Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima merupakan tempat yang tepat untuk kalian kunjungi. Tertarik untuk kenal lebih dalam tentang Negeri Sakura?

Tags
Luar negeri Museum Museum Jepang Museum Perdamaian Hiroshima Wisata
Share