Museum Pasifika Nusa Dua, Ratusan Karya Seni dari Asia Pasifik

Jika Teman Traveler ingin menemukan suasana yang baru ketika berlibur, berkunjung ke Museum adalah pilihan yang tepat. Selain dapat melihat karya seni yang bersejarah, museum juga menyimpan banyak cerita menarik untuk dibahas, salah satunya adalah Museum Pasifika di Nusa Dua, Bali. Baru-baru ini, Museum Pasifika mendapatkan penghargaan di Perancis. Faktor apa yang menjadikan tempat ini mendapat penghargaan dari KBRI?

Penghargaan dari KBRI

Museum Pasifika mendapat penghargaan dari KBRI
Museum Pasifika mendapat penghargaan dari KBRI via Instagram/mirtabettes

Kabar baik datang dari Museum Pasifika yang baru mendapatkan penghargaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2018 lalu. Penghargaan berupa “Certificate of Appreciation” diberikan kepada salah seorang pendiri Phillipe Augier di Perancis.

Kiprah Phillipe selama ini turut meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Perancis dalam bidang seni budaya dan ekonomi. Penghargaan seperti ini memang diberikan secara khusus bagi warga negara yang dinilai telah memberikan banyak kontribusi untuk membangun hubungan antar negara.

Largest Asia Pacific Art Museum

Museum seni Asia Pasifik terbesar
Museum seni Asia Pasifik terbesar via Instagram/gwmarzukixx

Disebut sebagai “Largest Asia Pacific Art Museum” karena museum ini menampung sebanyak 600 lebih koleksi seni dan budaya. Teman Traveler bisa menemukan macam-macam lukisan, patung, tekstil, dan benda antik lain yang berasal dari berbagai negara di Asia Pasifik terutama di Bali, Indonesia. Koleksi yang ditampilkan pun kebanyakan merupakan lukisan tua. Para seniman juga telah ada yang menetap di Bali karena merasa budaya Bali sangat indah dan unik. Tercatat, ada sebanyak 200 lebih seniman dari 25 negara yang karyanya dipamerkan di sini.

Sebagai Wisata Edukasi

Wisata edukasi bagi pelajar
Wisata edukasi bagi pelajar via Instagram/apti_yaning

Museum merupakan salah satu wisata edukasi karena para pengunjung dapat belajar langsung tentang karya seni secara lebih mendalam. Pihak museum juga sering melakukan kegiatan rutin dengan mengundang anak-anak sekolahan terdekat untuk belajar sambil bermain. Kegiatan ini mereka lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sebulan. Selain melihat dan mempelajari karya seni, pihak museum juga mengadakan lomba menggambar. Karya dari pemenang lomba tersebut nantinya akan dipajang di museum.

Menyebarkan Keanekaragaman

Berbagai keanekaragaman
Berbagai keanekaragaman via Instagram/yohanesraka

Museum Pasifika berdiri karena memiliki misi untuk melestarikan budaya dan keanekaragaman tradisi para penduduknya. Selain itu juga sebagai media untuk menuangkan persepsi dari para seniman asing yang pergi ke daerah ini, dengan begitu akan terjadi proses pertukaran budaya. Museum ini didirikan sebagai lembaga permanen untuk menampilkan karya seni kepada seluruh masyarakat untuk dipelajari dan dinikmati.

Bagaimana, Teman Traveler? Jadi langsung ingin terbang ke Pulau Dewata, ya. Berlibur ke Bali ternyata nggak harus ke pantai dan gunung saja kan?

Tags
Bali Indonesia museum pasifika Nusa Dua Wisata wisata bali wisata nusa dua
Share