The Museum of Bad Art, Tempat Berkumpulnya Karya Jelek

Biasanya museum berisi barang-barang berharga yang sayang sekali jika hilang atau punah. Atau bisa juga berisi peninggalan bersejarah yang bisa jadi ilmu pengetahuan untuk generasi mendatang. Tapi di Massachusette, Amerika Serikat ada museum yang malah menampung berbagai seni-seni yang merupakan produk gagal. Museum ini bernama Museum of Bad Art. Dari namanya sudah ketahuan ya, jika museum ini menampung barang-barang seni yang gagal.

Sudah Menampung Seni Buruk Sejak Tahun 1993

Contoh karya seni di Museum of Bad Art, Via Instagram jeansbeanz

Ternyata Museum of Bad Art ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1993 yang lalu. Awalnya ini bermula ketika Scott Wilson, seorang penjual barang antik, menemukan lukisan ikonik Lucy in the Fieldwith Flower di tong sampah. Setelah menemukan gambar terbuang itu, kemudian Wilson mencari koleksi berbagai seni gagal dan menggelar pertunjukan di rumahnya dan singkat cerita banyak orang tertarik untuk melihat berbagai koleksi produk gagal dari seni tersebut.

Tujuan Didirikannya Museum of Bad Art

Mirip Macan Cisewu ya, Via Instagram alashiyabellydance

Alasan yang melatarbelakangi didirikannya Museum of Bad Art tersebut ternyata untuk jadi hiburan para pengunjungnya. Tujuan paling utamanya adalah bukan untuk menghina, melainkan untuk menghibur dan memberikan apresiasi terhadap karya seni. Seburuk apapun karya seni itu, ternyata memiliki manfaat juga. Misalnya saja jadi hiburan untuk banyak orang seperti sekarang ini.

Koleksi Karya Seni Buruk yang Jumlahnya Sudah Ratusan

Terlalu buruk untuk diabaikan, Via Instagram gonzography

Secara perlahan, di dalam perkembangannya, Museum of Bad Art ini sekarang sudah memiliki banyak sekali koleksi. Setidaknya sudah ada sekitar 600 koleksi. Tetapi lantaran keterbatasan dari ruangan, pihak museum hanya menujukan setidaknya 50-70 koleksi saja. Dan semua karya yang ada di dalamnya, ada penjelasan yang mudah diterima. Para pengunjung yang datang ke sini dijamin akan terhibur. Semuanya bisa datang dan bersenang-senang.

Hiburan berbagai seni tersebut ternyata bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Meskipun begitu, di dalamnya ada beragam jenis lukisan atau karya seni. Mulai dari landscape, potrait, pemandangan, dan lain sebagainya.

Sudah Ada Tiga Museum Serupa

Koleksi yang benar-benar nggak biasa, Via Instagram blizzy

Sekarang ini ternyata sudah ada tiga museum serupa di Massachusettes. Yang pertama da di Museum of Bad Art di Basement of Dendham Community Theatre di 580 High Street. Kedua di Basement of Somerville Theatre di 55 Davis Square, Somerville. Dan yang terakhir ada di 46 Teppan Street lantai paling atas di Brookline.

Jika menginginkan hiburan yang tidak biasa, silahkan mampir saja ke Museum of Bad Art. Akan banyak sekali karya seni yang membuatmu tertawa terpingkal-pingkal. Saat pulang, penat yang menumpuk di pikiran akan sedikit berkurang.

Tags
amerika Luar negeri museum of bad art
Share