Museum Megah di Dunia, Tempat Mengenal Benda Bernilai Tinggi

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Perkembangan dunia yang begitu pesat membuat negara memiliki banyak benda bersejarah. Karenanya terdapat banyak museum yang dapat ditemukan di berbagai negara. Beberapa di antaranya menyimpan benda-benda berharga maupun yang berasal dari zaman prasejarah. Berikut ini merupakan daftar museum-museum megah di dunia.

British Museum, Inggris

Interior di British Museum via instagram/antbuchet

Dengan mengusung gaya bangunan Yunani Kuno,  museum ini bermula dari kolektor Sir Hans Sloane yang memberikan seluruh koleksinya kepada Raja George II. Museum yang berdiri di lahan seluas 75.000 meter persegi itu memiliki koleksi barang antik Mesir, Klasik, dan Mesopotamia. Pada area museum bagian depan terdapat gambar, lukisan, dan kaligrafi Asia. Pada tempat ini Teman Traveler  dapat menemukan galeri Mesir, patung Parthenon, koleksi Sir Percival David, pemakaman kapal Sutton Hoo, dan Assyrian Lion Hunts.

Louvre Museum, Perancis

Louvre Museum via instagram/imsaulemergen

Museum megah di Dunia lainnya adalah Louvre. Museum ini  menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Paris. Piramida kaca khasnya yang digagas arsitek Amerika-Cina, I.M. Pei, merupakan daya tarik utama untuk para turis.  Louvre merupakan benteng yang dibangun oleh Philippe Auguste pada tahun 1190. Setelah menjadi tempat tinggal para raja dan ditinggalkan, tempat ini dijadikan sebagai tempat perlindungan bagi koleksi karya seni negeri ini.  Saat ini, Louvre memiliki lebih dari 380.000 benda dan 35.000 karya seni, termasuk Napoleon III Apartments yang sangat berlapis emas (1852-1857), Bathsheba Rembrandt di Her Bath, Johannes Vuberer’s The Lacemaker, dan Leonardo da Vinci’s Mona Lisa.

Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat

Bagian dalam Metropolitan Museum of Art via instagram/petal.chi

Metropolitan Museum of Art dibuka pada tahun 1870 dan berdiri pada lahan seluas 190.000 meter persegi di Fifth Avenue, New York. Sekarang museum ini  menampung lebih dari dua juta lukisan, relik, dan artefak. Beberapa koleksi yang terkenal dari tempat ini adalah Jembatan Claude Monet, A Over of Pond of Water Lilies, Jacques-Louis David The Death of Socrates, dan The Temple of Dendur.

The State Hermitage Museum, Rusia

The State Hermitage Museum via instagram/palacesquared

Didirikan pada tahun 1754 oleh Catherine the Great, museum seni dan budaya ini berada di bekas ibu kota Rusia, St. Petersburg. Berdiri di lahan seluas 233.000 meter persegi, museum ini memiliki  tiga juta koleksi. Beberapa hal yang dapat dilihat termasuk patung Crouching Boy karya Michaelangelo, Statues of Atlantes, galeri harta karun, Raphael Madonna Conestabile, dan kamar Leonardo da Vinci.

Tak semua museum terkesan membosankan, beberapa di antaranya malah memiliki berbagai macam koleksi yang impresif. Bahkan beberapa museum modern saat ini juga memiliki desain bangunan yang menarik. Museum mana yang pernah Teman Traveler kunjungi?