Museum Hopping Sekitar UNPAR Bandung, Belajar Nggak Kudu di Kampus

Belajar memang beragam medianya, mulai dari formal sampai informal. Nah, ada nih cara buat Teman Traveler yang berada di Bandung dan pengin jalan-jalan plus nambah ilmu. Cobain deh, museum hopping di sekitar UNPAR (Universitas Katolik Parahyangan) Bandung. Mulai dari Museum Bandung Planning Gallery sampai Gedung Sate. Yuk, simak ulasan berikut.

Museum Bandung Planning Gallery

Museum Hopping Sekitar UNPAR
Museum Bandung Planning Gallery (c) Zhella Rizky Anggita/Travelingyuk

Sesuai dengan namanya, Museum Bandung Planning Gallery menampilkan pembangunan Kota Bandung. Teman Traveler bisa menemukan tempat ini di Jalan Aceh Nomor 36, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung.

Museum Bandung Planning Gallery dilengkapi dengan teknologi super canggih dan interaktif. Wisata Bandung ini terbagi ke dalam beberapa bagian, di antaranya area utama yang menampilkan proyeksi video mapping pada maket dan Bandung Masa Lalu & Masa Kini untuk mengenal profil kota ini.

Ada juga Smart City & Urban Mobility yang berisi rencana pengembangan kota pintar dan transportasi urban dan Bandung Teknopolis. Bagian menariknya adalah Post It Room di mana pengunjung bisa menempelkan kertas post it berisi harapan untuk Kota Bandung.

Museum Asia Afrika Bandung

Museum KAA (c) Zhella Rizky Anggita Travelingyuk
Museum KAA (c) Zhella Rizky Anggita/Travelingyuk

Selanjutnya adalah Museum Asia Afrika Bandung yang berlokasi di Jalan Asia Afrika Nomor 65. Seperti yang tertera pada namanya, tempat ini menjadi wadah bagi ukiran sejarah KAA (Konferensi Asia Afrika) yang diadakan di kota ini pada tahun 1955an.

Teman Traveler bisa jelajah museum ini untuk membaca buku di perpustakaannya, mengenal sejarah KAA melalui tayangan video, maupun napak tilas Gedung Merdeka yaitu tempat KAA berlangsung.

Museum Kota Bandung

Museum Hopping Sekitar UNPAR
Museum Kota Bandung (c) Zhella Rizky Anggita/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa museum hopping sekitar UNPAR dengan berkunjung ke Jalan Aceh Nomor 47, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung. Di sini terdapat Museum Kota Bandung yang menampilkan informasi tentang sejarah Kota Bandung. Wisata edukasi ini berisi beragam dokumen yang dikemas menarik secara visual. Bikin Teman Traveler betah menambah ilmu di sini.

Museum Gedung Sate 

Museum Gedung Sate via Instagram @duniakulinerbdg
Museum Gedung Sate via Instagram @duniakulinerbdg

Teman Traveler bisa lanjutkan museum hopping sekitar UNPAR ke Gedung Sate. Tempat ini dibangun untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah kantor Gubernur Jawa Barat. Istimewanya, museum ini dilengkapi teknologi canggih.

Di antaranya layar sentuh berisi informasi latar belakang pembangunan Gedung Sate, 3D laser scanning yang menampilkan gambar bangunan tiga dimensi, augmented reality dan virtual reality yang membuat Teman Traveler seolah berada di saat masa pendirian Gedung Sate.

Seru kan, museum hopping sekitar UNPAR? Jadi semakin tertarik untuk berkunjung? Segera rencanakan liburanmu, ya.

Tags
Indonesia Jawa Barat Museum Hopping Sekitar UNPAR Wisata
Share