4 Museum di Universitas Seluruh Indonesia, Ada yang Bahas Tentang Kematian

Seperti yang kita tahu selama ini, kalau universitas digunakan untuk menuntut ilmu. Tapi ternyata, beberapa kampus di Indonesia juga sediakan wisata yang bisa dikunjungi oleh umum. Bukan spot instagramable, melainkan museum dengan tema yang berhubungan dengan universitas itu sendiri. Supaya Teman Traveler tidak penasaran, simak yuk ulasan di bawah ini. 

iMuseum IMERI 

museum universitas
iMuseum IMERI via instagram/baka.neko.baka

Universitas Indonesia tak hanya sediakan tempat nongkrong nyaman bagi mahasiswanya. Tapi juga menyediakan museum bernama iMuseum IMERI yang diresmikan oleh Puan Maharani. Museum itu menjadi rujukan nasional tentang pembelajaran dan pendidikan di bidang kesehatan dan kedokteran.Di dalamnya terdapat lebih dari 5.000 koleksi, baik berupa spesimen kedokteran maupun benda-benda peninggalan atau artefak berupa alat bantu pendidikan. 

iMuseum ini terbuka untuk umum dengan jadwal buka mulai hari Selasa hingga Sabtu. Selasa sampai Jumat buka sejak pukul 09.00 hingga 17.00 dan hari Sabtu buka pukul 9.00 hingga 14.00. Sementara hari Minggu, Senin dan hari libur nasional tutup.

Museum Etnografi 

museum universitas
Museum Etnografi via instagram/rizkysugiantop

Universitas Airlangga juga punya museum menarik. Bernama Museum Etnografi yang berlokasi di Kampus B Universitas Airlangga. Disebut menarik, karena museum tersebut bernuansa seram layaknya rumah hantu. Bahkan, untuk menambah kesan menakutkan, terdapat fasilitas bunyi-bunyian jangkrik sampai aroma dupa. 

Meskipun seram, tempat ini tidak ditujukan untuk menakut-nakuti pengunjung. Museum ini didirikan untuk memperlihatkan pengunjung tentang adat-adat pemakaman yang ada di Indonesia. Salah satu contohnya yang paling menarik perhatian adalah pemakaman khas Toraja. Selain itu, pengunjung juga diperlihatkan tentang tahap pemakaman, dari dikuburkan hingga menjadi tulang belulang. 

Kalau kalian tertarik, bisa langsung datang ke Jl. Airlangga, No. 4-6, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Buka dari hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 09.00 sampai 15.00 waktu setempat. Untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, museum ini tidak buka. 

Museum Pendidikan Nasional 

Museum Pendidikan Nasional via instagram/yudhirosyadii

Di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ada museum yang disebut dengan Museum Pendidikan Nasional. Pembangunan museum ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UPI sebagai perguruan tinggi yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian warisan sejarah budaya bangsa khususnya di bidang pendidikan. 

Di dalamnya terdapat banyak hal mengenai pendidikan di Indonesia. Seperti sejarah guru, pendidikan masa kolonial dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, di museum ini banyak spot instagenic yang bisa kalian gunakan untuk berfoto ria. 

Untuk alamatnya berada di Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, Jawa Barat. Museum ini buka dari Senin sampai Jumat pada pukul 09.00 sampai 15.30 dengan biaya tiket sebesar Rp5 ribu. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu tutup kecuali jika ada reservasi minimal 300 orang.  

Museum UGM 

Museum UGM via instagram/jogjaindietour

Terakhir, ada Universitas Gadjah Mada yang memiliki museum bernama Museum UGM. Museum yang diresmikan 64 tahun pasca UGM berdiri, tepatnya pada 19 Desember 2013 tersebut menyimpan beragam koleksi bukti bendawi tentang sejarah kampus biru tersebut. Hingga saat ini, Museum UGM memiliki 327 buah koleksi dari berbagai macam kategori. Seperti arsip, kliping koran, tanda jasa dan lain sebagainya. 

Supaya kalian tak penasaran, bisa mampir ke Bulaksumur Blok D7-8, Universitas Gadjah Mada. Teman Traveler bisa mengunjunginya di hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 – 15.00. 

Ternyata, ada banyak museum di universitas yang jarang diketahui oleh masyarakat. Bahkan, museumnya memiliki keunikan yang bisa Teman Traveler jadikan wisata ilmu selanjutnya. Jadi, kalian ingin berkunjung ke mana nih? 

Tags
Bandung Depok Indonesia Jawa Barat Jawa Timur Jogja museum universitas Surabaya
Share