Berlibur Sambil Belajar? Ini Pilihan Museum di Magelang yang Menarik Untuk Dikunjungi

Berada di Provinsi Jawa Tengah, kota Magelang memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hal tersebut tampak dari banyaknya peninggalan sejarah yang diabadikan. Bagi Teman Traveler yang ingin berlibur, nggak ada salahnya untuk datang ke beberapa museum di Magelang. Travelingyuk akan memberikan sejumlah tempat yang memiliki keunikan dan hal menarik di dalamnya. Pantau terus yuk!

Museum Kapal Samudra Raksa

Museum Kapal Samudra Raksa
Museum Kapal Samudra Raksa via Instagram/yesikagouw

Salah satu tempat untuk mengenang sejarah bahari di Indonesia adalah Museum Kapal Samudra Raksa yang berlokasi di Taman Wisata Candi Borobudur di Jl. Badrawati. Di dalam, pengunjung dapat melihat seberapa kokohnya Kapal Samudra Raksa yang berukuran 18,29 x 4,25 meter dengan tinggi sekitar 2,25 meter. Museum terdiri dari tiga bangunan, bangunan pertama berisi tentang ragam informasi, pameran, poster, dan lain-lain.

Untuk bangunan kedua, merupakan tempat dipamerkannya kapal tersebut. Terakhir, terdapat kantor dan tempat untuk membeli suvenir. Buka setiap hari mulai jam 06.00 hingga pukul 17.00 pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk namun jika ingin memasuki badan kapal akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000.

Museum OHD

Museum OHD
Museum Oei Hang Djien via Instagram/ignatiusgio7

Bagi pecinta seni, patut banget nih untuk berkunjung ke Museum Oei Hang Djien atau yang lebih dikenal dengan OHD di Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo. Oei Hang Djien merupakan pendiri museum ini dan salah satu kolektor lukisan. Memulai untuk mengoleksi di tahun 70-an kini sudah terdapat lebih dari 2000 koleksi dari anak bangsa. Pengunjung akan menemukan berbagai lukisan, pahatan, seni instalasi, dan juga patung.

Beberapa diantaranya adalah karya milik seniman legendaris seperti Affandi, S.Sudjojono, Hendra Gunawan, dan masih banyak lagi. Hal menariknya, karya di sini juga ada yang menggunakan barang bekas sebagai bahan dasarnya. Buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga pukul 16.00 pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp50.000 per orangnya.

Museum Haji Widayat

Museum Haji Widayat
Museum Haji Widayat via Instagram/justinuskn

Selanjutnya ada Museum H. Widayat yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 32, Sawitan I. Museum ini merupakan wadah bagi seniman H. Widayat untuk mengapresiasi dan mengabadikan karya dari pelukis muda khususnya mahasiswa Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Institus Seni Indonesia (ISI). Berdiri diatas lahan seluas 7.000 meter persegi, hingga kini telah memiliki lebih dari 1.000 lukisan H. Widayat dan lebih dari 500 lukisan berasal dari berbagai seniman. Buka setiap hari kecuali Senin, mulai jam 08.00 hingga pukul 16.00 sore, pengunjung museum di Magelang ini hanya ditarik biaya sebesar Rp1.000 untuk anak-anak dan Rp2.000 untuk orang dewasa. Murah banget kan!

Museum Karmawibhangga

Museum Karmawibhangga
Museum Karmawibhangga via Instagram/aryadidarwanto

Museum yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Museum Karmawibhangga. Hal menarik dari museum ini adalah terdapat koleksi purbakala, kemudian patung Unfinished Budha, dan foto relief tersembunyi yang berada di balik kaki candi. Terletak di jalan keluar Taman Wisata Candi Borobudur, di halaman terdapat ribuan balok batu yang tertata rapi. Batu-batu tersebut merupakan bagian dari Candi Borobudur yang disimpan di museum karena belum ditemukan pasangannya. Selain itu di sini juga terdapat foto relief Karmawibhangga, miniatur Candi Borobudur, Arca Candi Hindu, patung kepala Buddha terbesar di Indonesia, dan lain-lain. Buka setiap hari mulai jam 06.00 hingga pukul 17.00, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orangnya.

Itulah sekian museum di Magelang yang dapat menambah pengetahuan Teman Traveler tentang sejarah dan seni rupa. Kapan nih ajak keluarga dan kerabat dekat untuk berkunjung ke sini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Magelang museum di magelang Wisata wisata magealang
Share