Jelajah Museum di Kampus Jogja, Liburan yang Bikin Makin Pintar

MS Fitriansyah

MS Fitriansyah

On Indonesia
Museum di Kampus Jogja Museum di Kampus Jogja

Jogja masih kental dengan nilai sejarahnya. Banyak bangunan tua yang masih terjaga dan kini malah dijadikan objek wisata. Beberapa di antaranya juga dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Tidak hanya untuk liburan, Kota Gudeg ini memang pas dijadikan tujuan untuk belajar. Penasaran di mana saja? Berikut museum di kampus Jogja rekomendasi dari Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah.

Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM (c) MS Fitriansyah
Museum Biologi UGM (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Museum Biologi merupakan museum yang dimiliki Universitas Gadjah Mada (UGM). Salah satu museum di kampus Jogja ini beralamat di Jala Sultan Agung No.22. Tempat ini diperuntukkan bagi pendidikan dan penelitian hayati. Museum Biologi UGM termasuk tertua yang resmi dibuka pada 1 Januari 1970. Meski hampir berumur 50 tahun, tapi masih terawat. Di sana Teman Traveler bisa menggali pengetahuan melalui koleksi seperti jenis binatang hingga tumbuh-tumbuhan.

Museum Pendidikan Indonesia UNY

Museum Pendidikan Indonesia (MPI) merupakan bagian dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lokasinya berada di Jl. Colombo No.1 atau berada tepat di belakang gedung Rektorat UNY. Salah satu tujuan dari pendirian MPI adalah untuk memberikan pemahaman kepada anggota masyarakat dan civitas akademika tentang eksistensi dan peran Museum Pendidikan.

Museum Pendidikan Indonesia (c) MS Fitriansyah
Museum Pendidikan Indonesia (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Di MPI Teman Traveler akan menjumpai beberapa koleksi berupa arsip, foto-foto tokoh pendidikan, peralatan sekolah tempo dulu, serta ruang Cinema MPI. Nah, dengan adanya koleksi tersebut diharapkan mampu memberikan informasi mengenai dunia pendidikan dulu-sekarang. Bagi yang tertarik ke MPI bisa datang kapan saja. Museum ini buka pada Senin-Jumat (07.30 – 15.00 WIB). Jika datang di hari Sabtu atau Minggu, diharapkan untuk reservasi terlebih dahulu.

Museum Geoteknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta

Prof. Drs. H. R Bambang Soeroto, Rektor pertama UPN “Veteran” menjadi pencetus berdirinya Museum Geoteknologi Mineral. Letak museum ini berada di Kampus II UPN Veteran Yogyakarta, Jalan Babarsari No.2. Tempat wisata Jogja ini bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat mengenai Ilmu Kebumian dan Geoteknologi rekayasa secara terbaru, lengkap dan modern.

Museum Geoteknologi Mineral UPN
Museum Geoteknologi Mineral UPN (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Sebagaimana tujuan awal di atas, Museum Geoteknologi Mineral terbuka bagi siapapun. Siapapun bisa mengakses pengetahuan melalui museum tersebut.  Di dalamnya terdapat beberapa koleksi seperti kristal, batu mulia, jenis-jenis batuan, fosil, hingga peralatan pertambangan. Banyak kan?

Museum di kampus Jogja ini tidak hanya bisa jadi tempat belajar tapi juga destinasi wisata untuk memperkaya pengetahuan. Bagaimana, sudah siap untuk melangkahkan kaki ke Jogja lagi kan? Yuk, segera susun rencana perjalanan dan jangan lupa ajak teman atau saudara.