Serunya Jalan-jalan ke Museum di Hiroshima, Takhanya tentang Peristiwa Bom dan Sejarah Kelamnya

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Luar Negeri

Kota Hiroshima di Jepang terkenal dengan peristiwa bom yang terjadi pada Perang Dunia II. Ia bisa dijadikan salah satu jujugan saat Teman Traveler berlibur ke Negeri Sakura. Banyak hal menyenangkan di sini. Di antaranya adalah berbagai museum di Hiroshima. Mulai dari museum yang menyimpan berbagai informasi tentang bom Hiroshima hingga museum yang menyimpan berbagai karya seni. Penasaran apa saja museum yang menarik dikunjungi? Berikut ulasannya!

1. Hiroshima City Museum Contemporary of Art

Hiroshima City Museum Contemporary of Art via Instagram/ eiji_okada

Hiroshima City Museum Contemporary of Art merupakan sebuah museum yang berada di Taman Hijiyama. Taman Hijiyama sendiri merupakan sebuah taman dengan pemandangan yang indah dan nyaman. Museum ini berdiri sudah sejak 1989 lalu. Ia berisi berbagai koleksi seni kontemporer yang khas, seperti patung pahatan, lukisan, karya tuli hingga rekaman video.

Ruangan di Hiroshima City Museum Contemporary of Art via Instagram/ transcreative

Karya seni yang ada di museum ini memiliki keindahan yang dapat menyentuh hati serta pikiran para pengunjung. Beberapa karya spektakuler yang bisa Teman Traveler saksikan saat berada di sini adalah Takubo Kyouji yang merupakan karya seni dari ribuan besi yang membentuk pemandangan sebuah kota. Menarik!

2. Hiroshima Peace Memorial Museum

Monumen Bom Hiroshima via Instagram/ ckleyton

Hiroshima Peace Memorial Museum berada di kompleks Hiroshima Peace Memorial Park. Museum ini dibangun untuk mengenang sejarah bom atom yang terjadi di Hiroshima pada tahun 1945. Letaknya berada di tepi Sungai Ota dan tidak jauh dari Atomic Bomb Dome yang merupakan satu-satunya bangunan “selamat” dari peristiwa serangan bom pada Perang Dunia II.

Hiroshima Peace Memorial Museum via Instagram/ d_bleng005

Di museum ini Teman Traveler bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai peristiwa ledakan bom Hiroshima, mulai dari foto, film, liputan koran dan majalah hingga barang-barang sisa yang terkena bom seperti jam tangan, sepeda, hingga tempat bekal makan siang.

3. Hiroshima Children’s Museum

Hiroshima Children’s Museum via Instagram/ merikokko110

Selanjutnya, museum yang menarik untuk dikunjungi, terutama jika pergi bersama keluarga adalah Hiroshima Children’s Museum. Museum ini sudah berdiri sejak 1980. Di sini terdapat berbagai sarana belajar yang menggembirakan untuk anak-anak, terutama mengenai sains. Museum ini berada di pusat Kota Hiroshima. Letaknya tidak terlalu jauh dari Green Arena Convention Center.

Salah Satu Sudut di Museum Anak Hiroshima via Instagram/ laurieallen8043

Selanjutnya, museum yang menarik untuk dikunjungi, terutama jika pergi bersama keluarga adalah Hiroshima Children’s Museum. Museum ini sudah berdiri sejak 1980. Di sini terdapat berbagai sarana belajar yang menggembirakan untuk anak-anak, terutama mengenai sains. Museum ini berada di pusat Kota Hiroshima. Letaknya tidak terlalu jauh dari Green Arena Convention Center.

4. Hiroshima Prefectural Art Museum

Ruangan di Hiroshima Prefectural Art Museum via Instagram/ kcw.96

Destinasi museum selanjutnya yang harus Teman Traveler kunjungi saat berada di Hiroshima adalah Hiroshima Prefectural Art Museum. Lokasinya berada di Taman Shukkeien.

Menariknya Hiroshima Prefectural Art Museum via Instagram/ kcw.96

Jalan-jalan di Hiroshime Prefectural Art Museum, pengunjung akan kenyang dengan ribuan koleksi karya seni yang masih berhubungan dengan Hiroshima dari seniman-seniman Jepang atau luar negeri. Tidak kalah menarik dengan berbagai koleksi seni di museum Hiroshima lainnya.

Mengunjungi museum di Hiroshima, mulai dari museum bersejarah, hingga museum-museum seni, menarik untuk dikunjungi. Teman Traveler bisa agendakan untuk jalan-jalan ke sini. Bagaimana? Kapan mau ke sini?