Museum Dewantara Kirti Griya, Rasakan Sensasi Perjuangan Bapak Pahlawan Pendidikan Indonesia

Teman Traveler tentu tahu dengan Ki Hadjar Dewantara. Sosok yang paling berpengaruh di pendidikan Indonesia. Nah, bagi kalian yang ingin tahu banyak tentang pahlawan satu ini, bisa ke Museum Dewantara Kirti Griya. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak ulasan di bawah ini, ya.

Bentuk Apresiasi Perjuangan Ki Hadjar Dewantara

museum dewantara kirti griya
Tempat Tidur Ki Hadjar Dewantara (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Sosok Ki Hadjar Dewantara selalu melekat kuat di ingatan seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, perjuangannya sangat keras untuk memajukan pendidikan di tanah air. Maka dari itu, untuk menghormatinya, rumah yang dulu beliau tempati kini dijadikan sebuah museum dengan nama Museum Dewantara Kirti Griya.

museum dewatara kirti griya
Ruang Tamu Utama Kediaman Ki Hadjar Dewantara (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Museum yang Masih Mempertahankan Kondisi Aslinya

museum dewantara kirti griya
Potret Dr. Maria Montessori (kiri) (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Keunikan dari museum ini adalah masih mempertahankan kondisi asli. Khususnya tata letak barang dan ruangannya. Ketika Teman Traveler ke sana, akan melihat banyak sekali benda-benda peninggalan dari Ki Hadjar Dewantara. Mulai dari jam tangannya hingga buku catatan yang selalu beliau bawa dalam masa memperjuangkan pendidikan Indonesia.

Sebuah Tas dan Pena Milik Ki Hadjar Dewantara (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Lokasi, Harga Tiket dan Jam Operasional

Sebuah Jam Tangan dan Catatan Milik Ki Hadjar Dewantara (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler ingin berkunjung ke museum, bisa langsung ke Jl. Taman Siswa No.25, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00 wib sampai 13.00 wib. Untuk tiket masuk, pengunjung dapat memberikan secara sukarela dengan memasukkan ke dalam kotak yang telah disediakan museum.

Ki Hadjar Dewantara Juga Seorang Seniman Musik (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Melalui Museum Dewantara Kirti Griya, Teman Traveler bisa melihat sendiri bagaimana perjuangan dari pahlawan pendidikan Indonesia satu ini. Selain itu, kalian juga dapat menambah ilmu tentang kehidupan Ki Hadjar Dewantara di masa lalu. Yuk, tunggu apalagi, siapkan waktu untuk berlibur ke museum satu ini.

Tags
Indonesia kontributor museum dewantara kirti griya Wisata Yogyakarta
Share