Kunjungi Museum Bung Karno, Kenal Lebih Dekat dengan Sang Proklamator

Siapa tak kenal sosok Bung Karno? Nama Bapak Proklamator ini sudah tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Nah, jika kalian ingin melihat koleksi barang-barang pribadi beliau, cobalah berkunjung ke Blitar, Jawa Timur. Teman Traveler bisa menemukan Museum Bung Karno yang berisi aneka memorabilia Putra Sang Fajar. Posisinya berada di pusat kota, sangat mudah diakses. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Satu Komplek dengan Makam Bung Karno

Salah satu koleksi keris Bung Karno (c) Rosita/Travelingyuk

Menemukan Museum Bung Karno sama sekali bukan hal susah. Letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau para wisatawan. Berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Ir Soekarno, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, satu komplek dengan Perpustakaan dan Makam Bung Karno.

Memasuki akhir pekan, wisata Blitar ini biasanya akan dipadati wisatawan luar kota. Sebagian besar berasal dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. Rata-rata menyempatkan mampir usai sebelum berziarah ke Makam Bung Karno.

Mudah Dijangkau Kendaraan

Jas yang dikenakan Bung Karno saat mempersiapkan kemerdekaan Indonesia (c) Rosita/Travelingyuk

Ada banyak opsi yang bisa dipilih untuk mengunjungi museum ini. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, sudah tersedia lahan parkir memadai. Akses jalannya juga sudah sangat bagus, baik untuk kendaraan roda empat maupun dua. Datang bersama rombongan menggunakan bus? Tak masalah.

Lantas bagaimana jika ingin menggunakan transportasi publik? Teman Traveler bisa menggunakan jasa tukang becak. Mereka akan menyambut kalian dengan ramah dan siap mengantar hingga tujuan. Bagi yang berdomisili di luar kota, kereta api adalah pilihan tepat.

Mengenal Bung Karno lebih Dekat

Pemandangan saat pertama masuk museum (c) Rosita/Travelingyuk

Ada sejak 2004, Museum dan Perpusatakaan Bung Karno diresmikan bersamaan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri, salah satu putri Sang Proklamator. Di sini Teman Traveler bisa mengenal sosok Bung Karno lebih dekat. Tak sekedar lewat foto, namun juga berbagai koleksi barang milik beliau.

Koper Bung Karno saat keluar masuk rumah tahanan (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu masuk kawasan museum, Teman Traveler bakal disambut deretan lukisan Bung Karno. Kalian juga akan menjumpai sejumlah koleksi uang bergambar Presiden Pertama RI tersebut. Jangan lewatkan kesempatan melihat sejumlah memorabilia, salah satunya jas yang dikenakan beliau saat mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Ada juga koper yang sempat digunakan Bung Karno saat sering keluar masuk ruang tahanan selama masa penjajahan. Sang Presiden pun ternyata diketahui hobi mengoleksi keris. Senjata tradisional berbalut corak kuning emas yang Teman Traveler lihat di sini merupakan salah satu koleksi beliau.

Koleksi foto Bung Karno (c) Rosita/Travelingyuk

Setelah puas melihat-lihat, lanjutkan perjalanan ke ruangan berikutnya. Di sini Teman Traveler akan disuguhi koleksi foto-foto Bung Karno, menunjukkan beragam aktivitas beliau semasa menjadi Presiden RI.

Itulah sekilas ulasan mengenai Museum Bung Karno, tempat Teman Traveler bisa mengenal sosok Sang Proklamator lebih dekat. Yuk, segera wujudkan rencana jalan-jalan ke Blitar dan sertakan museum ini dalam daftar tempat wajib dikunjungi. Kapan rencanakan datang ke Kota Bung Karno ini?

Tags
Blitar kontributor museum bung karno Travelingyuk wisata blitar
Share