Mudik Sambil Wisata di Solo, Simak Rekomendasinya

Selain dikenal dengan kekayaan kuliner dan budayanya, Solo juga termasuk salah satu tujuan populer mudik. Oleh karena itu sayang sekali jika pulang kampung ke kota asal Jokowi, namun tidak sekalian berlibur. Ada beragam tempat menarik yang bisa digunakan mudik sambil wisata di Solo.

Mudik sambil wisata di Solo akan memberikan banyak keuntungan. Selain merayakan Idul Fitri di kampung halaman, sobat traveler juga berkesempatan mempererat tali silaturahmi dengan seluruh anggota keluarga. Tanpa banyak kata, berikut Travelingyuk berikan sejumlah rekomendasi destinasinya.

1. Pandawa Water World

Pandawa Water World
Pandawa Water World via Instagram putrie_arie21

Sobat traveler yang mendambakan wisata bertemakan air dengan beragam wahana seru, sangat disarankan berkunjung ke Pandawa Water World. Selain kolam seluncuran, lokasi wisata ini juga menawarkan keseruan lewat kolam ombak, kolam dewasa, dan masih banyak lagi. Semua anggota keluarga dijamin bakal bisa bersenang-senang di sini.

Selesai bermain air, pengunjung bisa bersantai sejenak sebelum pulang. Pandawa Water World juga menyediakan fasilitas seperti layanan spa, kafe, dan restoran. Hanya saja pastikan berangkat sepagi mungkin karena biasanya lokasi ini cukup ramai.

2. Grojokan Sewu

Grojokan Sewu
Grojokan Sewu via Instagram alfiaray

Sobat traveler yang menyukai wisata bernuansa alam dan punya fisik cukup mumpuni sangat disarankan mengunjungi Grojokan Sewu. Air terjun di dekat lereng Gunung Sewu ini menawarkan pemandangan sangat luar biasa. Menjulang di ketinggian 81 meter, Grojokan Sewu termasuk salah satu lokasi wisata populer di Solo.

Sangat disarankan melakukan persiapan fisik sebelum datang ke tempat ini. Sebab ada lebih dari seribu anak tangga yang harus ditapaki sebelum bisa sampai di air terjun. Namun jika memang tidak kuat, masih ada beberapa keseruan lain yang bisa dicoba , seperti flying fox, arung jeram, atau kuliner sate kelinci.

3. Taman Balekambang

Taman Balekambang
Taman Balekambang via Instagram soloindonesia

Taman Balekambang cocok sekali untuk sobat traveler yang ingin menghabiskan liburan Hari Raya bersama keluarga. Destinasi instagenic ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Tak hanya indah, namun juga menawarkan nilai edukasi.

Pengunjung bisa belajar lebih banyak mengenai beragam tanaman langka koleksi Taman Balekambang. Selain itu saking luasnya, wisata ini dibagi menjadi area Taman Air Partini dan Hutan Partinah. Jangan sampai melewatkan berkunjung jika kebetulan berada di Solo.

4. Kebun Binatang Taru Jurug

Satwa di Kebun Binatang Taru Jurug
Satwa di Kebun Binatang Taru Jurug via Instagram sulistyopb610

Kebun binatang adalah salah satu lokasi wisata bernuansa edukatif yang bisa dipilih untuk liburan keluarga. Solo punya Kebun Binatang Taru Jurug yang terletak di tepian Sungai Bengawan Solo. Sobat traveler bisa menghabiskan waktu liburan menyenangkan bersama sanak famili di sini.

Kebun Binatang Taru Jurug memiliki beragam koleksi satwa menarik seperti macan tutul, komodo, landak, singa, gajah, dan macan tutul. Tak perlu khawatir soal kenyamanan, karena lokasi ini ditumbuhi banyak pohon rindang yang siap melindungi dari teriknya sinar matahari.

5. Situs Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran
Museum Purbakala Sangiran via Instagram serpihankilat__

Museum Purbakala Sangiran terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen. Lokasi ini pas bagi sobat traveler yang menyukai wisata bertemakan edukasi. Para pengunjung Museum Sangiran akan bisa belajar lebih banyak soal kehidupan penduduk asli Jawa di zaman purbakala.

Koleksi yang dipamerkan cukup menarik, meliputi fosil manusia purba, binatang laut, artefak batu, dan sisa tulang belulang dari makhluk lainnya. Selain itu ada juga ruang audio visual yang rutin menayangkan film pendek mengenai sejarah zaman purbakala di Indonesia.

6. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran via Instagram andriandri29

Pura Mangkunegaran adalah salah satu bangunan peninggalan Kerajaan Surakarta dengan nuansa elegan kuat. Menurut informasi yang beredar, sejumlah furnitur di tempat ini didatangkan langsung dari Eropa. Tak heran jika suasana mewah sangat terasa begitu masuk ke lokasi satu ini.

Bangunan yang didirikan oleh Raden Saleh pada 1757 ini terletak di kawasan Keprabon ini punya beberapa titik menarik yang wajib dikunjungi. Selain lukisan dinding berbentuk 3D, ada juga Bangsal Pracimayasa yang digunakan untuk menjamu tamu. Pura Mangkunegaran juga sering digunakan menggelar pertunjukan seni Tari Bedoyo.

7. Kraton Kasunanan

Kraton Kasunanan
Kraton Kasunanan via Instagram ericwahyuheryanto

Jika masih belum puas dengan wisata bertema budaya, perjalanan bisa dilanjutkan Keraton Kasunanan. Terletak di Keluruhan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, destinasi ini memiliki banyak warisan budaya menarik. Selain koleksi kereta kuda, masih ada wajan terbesar, alat permainan putri keraton, dan perlengkapan menikah keluarga kerajaan.

Tidak perlu bingung jika ingin bertanya-tanya atau tahu lebih banyak soal fakta menarik Kraton Kasunanan. Ada banyak guide lokal yang siap membantu. Satu hal menarik lain dari tempat ini adalah keberadaan Kyai Slamet, sapi ‘bule’ yang dianggap keramat oleh masyarakat.

Itulah tadi sejumlah rekomendasi destinasi untuk mudik sambil wisata di Solo. Bagi yang punya kampung halaman di tempat kelahiran Jokowi, tak ada salahnya menggunakan daftar ini sebagai referensi mengisi libur Hari Raya bersama keluarga.

Tags
Solo Wisata
Share