Mudik Nggak Selalu Membosankan, Kamu Bisa Sekalian Liburan Kok

Banyak menganggap perjalanan saat mudik benar-benar membosankan, meskipun setelah sampai dan bertemu keluarga semuanya menjadi menyenangkan. Lelah saat perjalanan dan terkendala macet adalah hal yang paling sering ditemui. Padahal hal tersebut dapat disiasati dengan mencari destinasi seru saat mudik. Apalagi tahun ini cuti bersama lumayan panjang. Kamu bisa berangkat lebih awal dan mudik sambil liburan. Simak tips ini ya.

Cari Rekomendasi Tempat Wisata yang Sejalur

Cek tempat wisata yang satu jalur dengan rute mudikmu via pexels.com
Cek tempat wisata yang satu jalur dengan rute mudikmu via pexels.com

Agar tidak ribet karena kurang pversiapan, kamu harus menata jadwal perjalanan mulai dari jauh-jauh hari. Lakukan riset apa saja destinasi wisata yang berada dalam jalur mudik yang kamu lewati. Setelah menemukan beberapa destinasi di jalur mudikmu, sesuaikan dengan waktu yang diperlukan. Estimasikan waktu dengan akurat, jangan sampai waktu jadi lebih lama dan kamu sampai di kampung halaman setelah lebaran.

Kuliner Khas Daerah Jangan Lupa Dicoba

Cari kuliner legendaris di daerah yang kamu lewati via pexels.com
Cari kuliner legendaris di daerah yang kamu lewati via pexels.com

Saat mudik dengan kendaraan pribadi dan melalui jalur darat, kamu akan lebih leluasa memilih tujuan perjalanan. Begitu pun dengan memilih tempat untuk makan. Sama halnya dengan destinasi wisata, kamu harus melakukan survey terlebih dahulu. Misalnya mencari informasi terkait kuliner legendaris pada daerah yang kamu lewati.

Cek Tiket Transportasi Lebih Awal

Cek jadwal transportasi via pexels.com
Cek jadwal transportasi via pexels.com

Jika kamu pulang kampung menggunakan alat transportasi umum, lebih baik cek jadwalnya mulai jauh-jauh hari. Hal itu dapat kamu lakukan dengan berbagai macam aplikasi akomodasi yang ada pada smartphone-mu. Kamu tetap dapat mudik sambil liburan meskipun menggunakan alat transportasi umum. Hanya saja kamu harus mencari informasi terbaru terkait destinasi wisata di sekitar kampung halaman.

Siapkan Uang Cash

Jangan lupa sediakan uang tuna via pexels.com
Jangan lupa sediakan uang tuna via pexels.com

Membawa uang tunai adalah hal yang harus kamu lakukan. Hal ini akan mengurangi keribetanmu untuk mencari mesin ATM, terlebih lagi di destinasi wisata yang aksesnya cukup jauh dari kota. Pecahan uang yang akan kamu bawa pun harus diperhatikan.

Mudik tak selalu membosankan, tergantung bagaimana kamu mengemas perjalanan. Agar tidak membosankan coba beberapa tips mudik sambil liburan di atas ya.

Tags
Indonesia tips mudik Wisata
Share