Mudik Naik Kereta Pasundan, Seru dari Jogja ke Tasik

Billy Ramdani

Billy Ramdani

On Indonesia
Kereta Api Pasundan Kereta Api Pasundan

Mudik jadi tradisi rutin jelang Lebaran di Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, para perantau serentak kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri. Saya pun juga demikian, merasakan serunya mudik naik kereta Pasundan.

Stasiun Lempuyangan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang berniat berangkat dari Jogjakarta menuju ke arah Tasikmalaya dan sekitarnya, Kereta Api Pasundan sangat layak untuk dipertimbangkan. Berikut adalah keuntungan yang bakal didapat dengan mudik naik Kereta Pasundan.

Harga Tiket yang Murah

Suasana di stasiun Lempuyangan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi yang memiliki budget terbatas, Kereta Api Pasundan sangat cocok dijadikan pilihan utama. Harga tiketnya sangat ekonomis, hanya Rp 88.000. Perjalanan bakal dimulai dari Stasiun Lempuyangan Jogjakarta, tepat pukul 14.10 dan tiba di Stasiun Tasikmalaya pada pukul 19.38.

Suasana Keakraban Kereta Ekonomi

Akrab dengan penumpang lain (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Pasundan merupakan kereta api kelas ekonomi dengan formasi tempat duduk saling berhadapan. Secara psikologis hal ini akan membuat para penumpang saling berinteraksi dan tak jarang bertukar cerita sepanjang perjalanan. Apalagi kala mudik lebaran, hati yang tengah gembira akan semakin mudah menumbuhkan keakraban di antara penumpang.

Pemandangan Alam Eksotis

Kereta api Pasundan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan dari Jogjakarta menuju Tasikmalaya, Teman Traveler akan dimanjakan sajian pemandangan alam eksotis. Persawahan hijau terhampar luas, pegunungan terlihat begitu epik, terowongan panjang yang seru, hingga pengalaman unik melewati jembatan curam di kawasan Kulon Progo, Jogjakarta, maupun Cirahong. Semuanya akan jadi kesan tak terlupakan sepanjang mudik.

Buka Puasa di Dalam Kereta

Buka puasa di dalam kereta (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Mudik lebaran dengan Kereta Pasundan, Teman Traveler bisa merasakan uniknya berbuka bersama di dalam gerbong. Beberapa saat sebelum Maghrib, PT KAI biasanya akan membagikan paket makanan plus takjil gratis pada penumpang. Fasilitas ini diberikan sejak H-7 lebaran.

Itulah pengalaman seru saya mudik naik Kereta Pasundan. Selain relatif aman dan bebas macet, perjalanan kali ini memberikan kesan yang begitu mendalam. Selamat berlibur Teman Traveler.