Mudik Menggunakan Kendaraan Umum, Pastikan 5 Hal Ini

Sudah menjadi tradisi jika menjelang dan sesudah Idul Fitri volume kendaraan selalu meningkat karena arus mudik. Beberapa orang memang lebih memilih menggunakan mobil pribadi untuk mudik, tetapi banyak juga para pemudik juga menggunakan kendaraan umum untuk menuju kampung halamannya. Kalau kamu termasuk yang mudik menggunakan kendaraan umum, jangan lupa 5 hal ini agar perjalanan mudik jadi tak membosankan.

1. Earphone

Earphone untuk penghilang bosan via pexels.com
Earphone untuk penghilang bosan via pexels.com

Menempuh perjalanan jauh pasti akan sangat membosankan. Memang kita dapat bericara dengan penumpang lain, tapi bagaimana kalau mereka tidur atau kehabisan bahan pembicaraan? Daripada garing, kamu bisa mendengarkan lagu dari smartphonemu. Karena itulah kenapa earphone menjadi salah satu benda yang tidak boleh ketinggalan.

2. Powerbank

Powerbank termasuk hal penting yang harus di bawa via
Powerbank termasuk hal penting yang harus di bawa via mobilefun.co.uk

Benda yang satu ini pasti sangat dibutuhkan saat mudik. Terlebih lagi jika jarak tempuh mudikmu cukup panjang. Meskipun beberapa kendaraan umum saat ini menyediakan stop kontak, kamu tetap harus membawa powerbank. Dengan perbandingan jumlah pemudik dan stop kontak yang tidak seimbang, ada kemungkinan untuk tidak kebagian stop kotak.

3. Jangan Overpacking

Membawa barang bawaan terlalu banyak menyusahkan diri sendiri via pexels.com
Membawa barang bawaan terlalu banyak menyusahkan diri sendiri via pexels.com

Over packing atau membawa barang bawaan terlalu banyak juga dapat menjadi masalah. Dengan padatnya situasi dan kondisi saat mudik menggunakan kendaraan umum, membawa terlalu banyak barang dapat merepotkanmu. Bawa pakaian secukupnya, kalaupun ingin membawa oleh-oleh sesuaikan dengan kapasitasmu. Sebaiknya kamu juga memberi perhatian ekstra terhadap barang bawaan dan tetap waspada.

4. Pesan Tiket Jauh Hari

Pesan tiket jauh hari agar tidak kehabisan via pexels.com
Pesan tiket jauh hari agar tidak kehabisan via pexels.com

Pembelian tiket harus kamu lakukan mulai jauh hari. Saat lebaran kemungkinan untuk kehabisan tiket sangat besar. Karena memang banyak orang yang juga memilih untuk mudik dengan menggunakan kendaraan umum, terlebih lagi kereta api. Kalaupun kamu mendapatkan tiket, ada kemungkinan untuk berdiri dalam kereta jika terlalu mepet membeli tiket.

5. Membawa Snack

Jangan lupa bawa snack dan air munum via pexels.com
Jangan lupa bawa snack dan air munum via pexels.com

Perjalan jauh tentu memakan waktu yang lama, belum lagi jika terjebak macet. Meskipun beberapa alat transportasi umum menawarkan snack dan makanan, menunya pun terbatas. Karena itu jangan lupa membawa makanan ringan dan air minum.

Mudik memang menjadi hal yang ditunggu-tunggu saat lebaran. Apalagi jika kamu seorang perantau. Namun sebelum melakukan perjalanan mudik, perhatikan lima hal di atas ya. Ngomong-ngomong ke mana rencana mudik tahun ini?

Tags
Indonesia Kendaraan umum Lebaran Mudik tips Wisata
Share