Mudik ke Cirebon Sambil Wisata? Simak Ragam Destinasinya

Selain dikenal sebagai salah satu tujuan liburan populer, Cirebon juga termasuk kota paling ramai didatangi saat mudik lebaran. Sobat traveler yang tahun ini berencana pulang ke sana, ada baiknya sekaligus merencanakan liburan bersama keluarga. Ada banyak destinasi menarik bagi yang ingin mudik ke Cirebon sambil wisata.

Ada banyak sekali destinasi wisata Cirebon mulai dari destinasi bernuansa sejarah seperti keraton, Cirebon juga punya banyak wisata alam dan tempat wisata kekinian. Mulai dari sumber air panas hingga sentra pembuatan batik. Berikut Travelingyuk berikan sejumlah rekomendasi destinasi untuk mudik ke Cirebon sambil wisata.

1. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi
Kampung Batik Trusmi via Instagram dwitasoewarno

Batik adalah salah satu oleh-oleh dan produk andalan Cirebon. Bagi sobat traveler yang ingin mengetahui lebih dalam soal proses pembuatannya, bisa langsung meluncur ke Kampung Batik Trusmi. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa membeli batik dengan beragam motif dan warna.

Harga yang ditawarkan cukup kompetitif. Karena sekaligus jadi pusat grosir, potongan harga menarik bakal diberikan untuk mereka yang membeli dalam jumlah besar. Tak hanya populer di antara wisatawan lokal, Kampung Batik Trusmi juga sering dikunjungi traveler luar negeri.

2. Cave Park Sunyarangi

Cave Park Sunyarangi
Cave Park Sunyarangi via Instagram goa_sunyarangi

Destinasi wisata satu ini terletak tak jauh dari Cirebon, hanya berjarak sekitar lima kilometer. Lokasi ini dulunya merupakan bagian dari wilayah Kerajaan atau Keraton. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah memutuskan menjadikannya sebagai tempat wisata.

Sobat traveler yang ingin masuk kawasan ini harus membayar tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah. Di dalam Cave Park ini pengunjung bisa menyaksikan beragam warisan arsitektur kuno perpaduan gaya Tiongkok dan Jawa. Tak perlu takut membawa anak-anak atau keponakan, karena mereka bisa santai atau bermain bebas dengan nuansa alam asri di sini.

3. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan via Instagram banyupanasgempol

Berendam di air panas adalah cara terbaik untuk membuat badan rileks usai beraktivitas seharian. Otot-otot yang kaku bakal jadi lebih lemas, tubuh pun terasa lebih sehat dan segar. Sobat traveler yang berniat mudik ke Cirebon sambil wisata bisa mengunjungi Banyu Panas Palimanan.

Tempat wisata ini menyediakan sejumlah kolam air panas yang bisa digunakan untuk berendam saembari rileks sejenak. Di sekitarnya ada banyak pepohonan rindang yang memanjakan mata. Namun disarankan datang lebih pagi, karena Banyu Panas Palimanan biasanya selalu ramai pengunjung, terutama saat libur.

4. Situ Sedong

Situ Sedong
Situ Sedong via Instagram deejase

Bersantai sembari menikmati pemandangan danau bukan ide yang buruk untuk berlibur bersama keluarga. Sobat traveler bisa melakukannya dengan mengunjungi Situ Sedong atau dikenal juga dengan nama Setu Pengasinan. Menurut penuturan warga sekitar, danau buatan ini ada sejak zaman Belanda dan awalnya didirikan untuk mengairi perkebunan tebu.

Tak cuma sekedar mengagumi panorama sekitar, pengunjung juga bisa merasakan sejumlah keseruan di sini. Mulai dari memancing, bermain air, atau menyewa perahu dan mengelilingi danau. Dijamin tak bakal mengecewakan.

5. Taman Wisata Siwalk

Pemandangan di Siwalk
Pemandangan di Siwalk via Instagram cirebon.banget

Taman Wisata Siwalk bisa dibilang merupakan wahana wisata lengkap untuk keluarga. Berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, destinasi populer di Cirebon ini siap memanjakan pengunjung dengan pemandangan alamnya yang indah. Sejauh mata memandang, terlihat gugusan bukit kecil plus hamparan sawah hijau.

Dari segi fasilitas, Taman Wisata Siwalk termasuk sangat lengkap. Selain wahana outbond, kolam renang, dan lapangan golf, pengunjung masih akan dimanjakan dengan flying fox, ATV, dan speed boat. Tak usah ragu menghabiskan liburan lebaran bersama keluarga di sini.

Itulah tadi sejumlah rekomendasi destinasi menarik bagi sobat traveler yang ingin mudik ke Cirebon sambil wisata. Semoga bisa jadi inspirasi andai masih bingung menentukan kegiatan untuk menghabiskan liburan di Hari Kemenangan.

Tags
Cirebon Wisata
Share