Mudik Gratis 2019! Lengkapi Syaratnya dan Buruan Daftar!

Teman Traveler sudah rencanakan mudik 2019 ini? Kalau pengin libur lebaran lebih hemat, coba deh manfaatkan mudik gratis 2019. Program tersebut diselenggarakan oleh beberapa instansi pemerintah. Lengkapi syaratnya dan buruan daftar! Soalnya kuota terbatas.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta

Mudik Gratis 2019
Ilustrasi Mudik Naik Bus Bareng Dishub Jakarta via Shutterstock

Dinas Perhubungan DKI Jakarta punya program mudik gratis 2019 buat Teman Traveler yang pengin hemat libur lebaran. Tentunya harus melengkapi sejumlah persyaratan.

Di antaranya mengisi formulir online di situs https://mudikgratis.jakarta.go.id. Beberapa data yang harus diisi adalah informasi KTP dan STNK bagi yang punya sepeda motor. Fasilitas yang disediakan adalah transportasi bus untuk mudik dan balik serta pengiriman sepeda motor ke kota tujuan.

Program ini mengantar Teman Traveler ke 10 pilihan tujuan, di antaranya Ciamis, Pekalongan, Jombang, Semarang, dan Jogja. Keberangkatan dilaksanakan di Monas, serentak pada tanggal 30 Mei 2019. Sedangkan arus balik dilakukan pada tanggal 8 Juni 2019.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Ilustrasi Mudik Naik Kereta Bareng Kemenhub RI via Shutterstock
Ilustrasi Mudik Naik Kereta Bareng Kemenhub RI via Shutterstock

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyelenggarakan program mudik gratis 2019 dengan tiga moda transportasi, yaitu kereta api, bus, dan kapal laut. Namun berhubung kuota sangat terbatas, jalur yang masih tersedia adalah kereta api.

Teman Traveler harus memilih sendiri tanggal mudik dan balik. Stasiun keberangkatan dan tujuannya cukup beragam di antaranya dari Bandung, Jakarta, Jogja, dan Surabaya.

Cara pendaftarannya melalui situs resmi mudikgratis.dephub.go.id. Melengkapi informasi KTP, KK, dan STNK. Sepeda motor Teman Traveler juga bisa sekalian dikirim secara gratis ke kota tujuan.

Mudik Gratis 2019 oleh BUMN Indonesia

Ilustrasi Mudik Naik Kapal Bareng BUMN Indonesia via Shutterstock
Ilustrasi Mudik Naik Kapal Bareng BUMN Indonesia via Shutterstock

Kurang lebih 30 BUMN Indonesia menyediakan program mudik gratis 2019, yang langsung bisa diintip di laman https://mudikbumn.co.id. Teman Traveler bebas memilih mau mengikuti perusahaan yang mana.

Moda transportasi, kota keberangkatan, dan tujuannya beragam. Sehingga Teman Traveler dapat lebih leluasa menentukan mudik kali ini. Tapi buruan daftar, karena kuota terbatas. Jangan lupa untuk melengkapi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan masing-masing instansi.

Pemerintah Prov. Jawa Tengah

Ilustrasi Mudik ke Jawa Tengah via Shutterstock
Ilustrasi Mudik ke Jawa Tengah via Shutterstock

Teman Traveler di Jakarta yang mau mudik gratis 2019 ke Jawa Tengah, bisa ikutin program dari pemerintah provinsinya. Teman Traveler harus mendaftar langsung ke kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Jalan Prapanca II Nomor 11 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dokumen yang harus dibawa adalah KTP yang masih berlaku dan KK atau SIM.

Keberangkatan dengan moda bus dilakukan di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, Jakarta Timur, pada 1 Juni 2019. Sedangkan yang pilih pakai kereta api akan berangkat tanggal 2 Juni 2019, dari Stasiun Pasar Senen.

Ayok, buruan daftar! Jangan sampai kehabisan kuota. Lumayan, loh, bisa bikin libur lebaran lebih hemat. Setuju?

Tags
Akomodasi Indonesia Mudik 2019 Mudik Gratis
Share