Mountable, Karya Anak Bangsa untuk Tingkatkan Keamanan Para Pendaki

Saat musim kemarau tiba, naik gunung merupakan salah satu pilihan aktivitas yang banyak diambil. Terutama memang buat mereka yang pecinta alam dan tantangan sekaligus. Seperti yang kita ketahui bersama, mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi pemula. Sudah banyak juga kasusnya pendaki hilang. Nah, untuk meminimalisir adanya korban tersesat atau kecelakan diciptakanlah Mountable.

Apa Itu Mountable?

Penampakan mountable, via situs resmi UI
Penampakan mountable, via situs resmi UI

Mountable (Smart Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area) merupakan jawaban dari banyak masalah saat mendaki. Untuk mengevakuasi korban tersesat digunung, berkomunikasi dan lain-lain.

Hebatnya, alat ini bisa digunakan tanpa sinyal seluler dan tanpa internet, khususnya di area pendakian gunung. Tujuan utama diciptakan alat ini guna meningkatkan keamanan pendaki gunung dengan memanfaatkan teknologi.

Fitur yang Lengkap untuk Keamanan Pendaki

Alat yang memudahkan, via situs resmi UI
Alat yang memudahkan, via situs resmi UI

Fitur yang terdapat di Mountable ini cukup banyak. Misalnya saja tracking dan monitoring pendaki, penunjuk arah, emergency system, realt time sistem dan group tarcking, dan pendeteksi cuaca. Tidak hanya fitunya yang banyak, Mountable juga travel friendly atau mudah dibawa dan portable.

Alat yang Diciptakan oleh Mahasiswa UI

Sudah diuji ke gunung, via Instagram/supardi_smc
Sudah diuji ke gunung, via Instagram/supardi_smc

Alat yang begitu bermanfaat ini diciptakan oleh sivitas akademika (siva) Universitas Indonesia. Mereka ini adalah empat peneliti dan pengajar Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Mereka adalah Valda Orchidea Zahwa S.T; Yudha Dwiputra S.T; Prof. Dr. -Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M. Eng; dan Dr. Yohan Suryanto S. T., M.T. Karya anak bangsa yang patut untuk diacungi jempol, kan?

Mendapatkan Penghargaan Medali Emas

Mountable yang multifungsi, via Instagram/raden_kasus69
Mountable yang multifungsi, via Instagram/raden_kasus69

Alat ini memang benar-benar bermanfaat untuk para pendaki. Tak salah jika Mountable berhasil menyabet penghargaan medai emas dalam sebuah ajang Indonesia International Invention Festival 2019, yang telah berlangsung pada 22-25 April di Malang, Jawa Timur. Menggiurkan untuk dimiliki ya, Teman Traveler.

Mountable memang cukup menggiurkan untuk dimiliki. Terutama buat Teman Traveler yang berencana buat mendaki gunung tingggi di Indonesia. Persiapkan semuanya dengan matang supaya mendaki tak lagi jadi momok yang menakutkan.

Tags
alat mendaki gunung alat mountable mountable
Share