7 Motivasi Unik untuk Mendaki Gunung, Kamu yang Mana?

Bang Harlen

Bang Harlen

On Indonesia
7 Motivasi Unik Seseorang Mendaki Gunung 7 Motivasi Unik Seseorang Mendaki Gunung

Beberapa tahun belakangan ini, hobi mendaki gunung merupakan aktifitas yang paling digandrungi. Apalagi semenjak film 5 cm dirilis  pada 2012 silam dan juga sejalan dengan adanya sebuah stasiun tv yang mengadakan acara traveling. Hal ini seolah membius semangat anak-anak muda untuk beramai-ramai ambil bagian dalam berpetualang di alam bebas. Meski begitu, tentu saja masing-masing penggiat alam bebas ini memiliki alasan tersendiri melakukan hobi yang penuh tantangan ini. Berikut adalah 7 motivasi unik untuk mendaki gunung berdasar kontributor Travelingyuk, Bang Harlen.

1. Menguji Diri Sendiri

Alasan mendaki (C) Bang Harlen
Alasan mendaki (C) Bang Harlen

Motivasi unik untuk mendaki gunung yang pertama adalah pembuktikan. Ketika seseorang mendaki sebuah gunung, tentu ia sedang sedang menguji dirinya sendiri, menguji kemampuannya mengendalikan egonya, sejauh mana kakinya dapat melangkah, dan sekuat apa ia mampu bertahan menghadapi cuaca ekstrim yang berubah-ubah dan sewaktu-waktu bisa mengancam nyawanya.

2. Menenangkan Diri

Alasan mendaki gunung (C) Bang Harlen
Alasan mendaki gunung (C) Bang Harlen

Suasana di puncak juga menjadi salah satu motivasi unik untuk mendaki gunung. Lokasi ini merupakan pilihan yang tetap saat kamu ingin mencari ketenangan dan mengasingkan diri sejenak dari hiruk pikuk dunia luar. Menghirup udara segar dan aroma embun di pagi hari, mendengarkan suara dedaunan saat tertiup angin yang sesekali diiringi nyanyian burung-burung yang bertengger diantara pepohonan. Fenomena alam ini tentu mampu mendamaikan hati dan menentramkan jiwa siapapun yang merasakannya. Jadi jangan ragu-ragu untuk mendaki gunung manakala kamu membutuhkan ketenangan.

3. Mencari Inspirasi

Pemandangan dari atas gunung (C) Bang Harlen
Pemandangan dari atas gunung (C) Bang Harlen

Lingkungan yang damai dan pemandangan yang aduhai, apalagi dinikmati sambil menyeruput secangkir kopi tentu akan membuat kamu serasa di surga duniawi. Suasana yang menentramkan ini akan memancing imajinasi dan inspirasi. Tak heran banyak orang yang mendadak puitis saat mendaki gunung.

4. Objek Fotografi

Hobi mendaki gunung (C) Bang Harlen
Hobi mendaki gunung (C) Bang Harlen

Kalian pasti setuju jika lanskap puncak gunung itu memiliki keindahan tiada duanya. Menyaksikan sendiri proses matahari terbit atau sunrise, memandang bagaimana awan-awan itu bertabrakan satu sama lain, sungguh indah. Panorama alam ini sangat disayangkan jika tidak diabadikan dalam sebuah foto. Buat kamu yang bingung menentukan lokasi foto prawedding, puncak gunung dapat menjadi rekomendasi yang pas untuk momen kebahagiaanmu.

5. Mencoba Hal yang Baru

Mencoba hal baru, mendaki gunung (C) Bang Harlen
Mencoba hal baru, mendaki gunung (C) Bang Harlen

Mencoba hal baru juga bisa menjadi motivasi unik untuk mendaki gunung. Bagi sebagian orang, mendaki gunung merupakan hal yang baru. Aktifitas yang penuh adrenalin ini bisa menjadi opsi buat kamu yang sudah jenuh dengan keseharianmu yang hanya diisi dengan pergi dari mall  ke mall atau nongkrong dari cafe ke cafe. Dijamin kamu pasti ketagihan.

6. Cari Jodoh

Cari jodoh di gunung (C) Bang Harlen
Cari jodoh di gunung (C) Bang Harlen

Memiliki kekasih dengan hobi yang sama tentu menjadi dambaan setiap orang. Sehingga tak sedikit para pendaki yang berharap menemukan tambatan hatinya saat berada di gunung. Perjalanan menuju puncak tidak akan membosankan karena ada bidadari surga yang selalu menemani.

7. Ikut-Ikutan

Sunrise di gunung (C) Bang Harlen
Sunrise di gunung (C) Bang Harlen

Ada juga sebagian orang yang mendaki gunung hanya mengikuti tren kekinian. Mereka  mendaki gunung karena saat ini hal itu menjadi tren yang populer di kalangan anak muda. Seru juga jika akhirnya bisa jatuh cinta dengan kegiatan ini dan turut menjaga alam.

Wah, ternyata banyak juga alasan di balik seseorang menyukai hobi ini. Nah, dari deretan motivasi unik untuk mendaki gunung di atas, Teman Traveler termasuk yang mana nih?