Walah, Monyet Ini Asyik Mandi di Tengah Badai Salju

Jalan-jalan ke Jepang saat musim dingin paling asyik menyambangi sahabat satwa yang memiliki kedekatan dengan manusia yaitu monyet. Monyet-monyet di Jepang ini disebut dengan Monyet Salju karena habitatnya berada di daerah yang memang beriklim sangat rendah dimana selama empat bulan dalam setahun daerah ini selalu ditutupi salju.

Sekumpulan monyet asli Jepang ini menempati sebuah taman yang berada di Lembah Sungai Yokoyu, Prefektur Nagano, Jepang dengan ketinggian 850 meter. Taman tersebut benama Jigokudani yang secara harfiah berarti “lembah neraka”. Nama tersebut didasarkan atas lokasinya yang berada di tempat yang bersuhu rendah dengan tebing-tebing yang menjulang di sekelilingnya. Namun anehnya di tengah-tengah taman terdapat sumber air panas yang memiliki uap dan air yang berbuih layaknya sedang mendidih.

Monyet Salju Jepang (c) amusingplanet
Monyet Salju Jepang (c) amusingplanet

Dari kolam air panas ini sekelompok kecil populasi monyet salju berhasil menjaga dirinya tetap hangat. Mereka sangat senang berendam di kolam air panas selama musim salju datang melanda. Salju bubuk yang yang mencuat keluar dari rambut kepala mereka menjadi tontonan yang menarik bagi wisatawan.

Musim dingin adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan atraksi monyet salju (c) amusingplanet
Musim dingin adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan atraksi monyet salju (c) amusingplanet

Namun belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Monyet Jigokudani tersebut lantaran lokasinya yang berada di puncak tebing. Hal ini menyebabkan banyak turis yang enggan melakukan perjalanan sejauh dua kilometer melewati hutan beku di puncak musim dingin.

Ekspresi lucu dari monyet salju (c) amusingplanet
Ekspresi lucu dari monyet salju (c) amusingplanet

Taman Jigokudani sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Joshinetsu Kogen. Monyet-monyet liar ini akan berdiam di dalam hutan selama bulan-bulan hangat dan akan turun ke lembah saat musim dingin tiba. Nah pada saat itulah waktu yang tepat untuk menyaksikan tingkah lucu para monyet yang sedang berendam di dalam kolam. Tingkah lucu dan ekspresi kedinginan para monyet ini dijamin akan menghibur para pengunjung. Terlebih monyet-monyet ini sudah terbiasa dengan kehadiran manusia sehingga kita dapat melihatnya dari dekat tanpa takut mereka kabur. Unik kan?

Tags
jepang monyet salju traveling
Share