Replika Unik di Indonesia, dari Wajah Hokage Sampai Istana Negara

Tugu Empat Marga.
Tugu Empat Marga. via Instagram/anggavra

Salah satu cara yang dipakai untuk meningkatkan daya tarik wisata adalah dengan membuat replika sebuah landmark terkenal. Kota sekelas Las Vegas saja bahkan memiliki tiruannya. Tak terkecuali berbagai bangunan terkenal di dunia, seperti Menara Eiffel. Di Indonesia sendiri, ada juga replika unik yang jadi tempat liburan seru. Ada di mana saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Replika Istana Negara di Jember

Replika Istana Merdeka di Jember.
Bangunan mirip Istana Merdeka di Jember. via Instagram/ela.dna

Warga Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur bisa bangga karena memilki kantor desa yang sangat megah. Di pedesaan, kantor desa biasanya memiliki arsitektur yang sederhana. Tapi kantor desa Kemuningsari Kidul didesain mirip Istana Negara.

Pembangunan balai desa ini sudah melahap dana sekitar 1,8 miliar rupiah. Bahkan rencananya akan dibangun gerbang megah dan tempat bermain anak juga. Pemilihan arsitektur yang megah diharapkan bisa mendatangkan pendapatan lebih dengan banyaknya pengunjung

2. Replika Candi Borobudur di Bali

Miniatur Borobudur di Taman Nusa.
Miniatur Borobudur di Taman Nusa. via Instagram/gabriellajeanete

Jika ingin menikmati keindahan dan kebudayaan Indonesia dalam waktu singkat, Teman Traveler bisa datang ke Taman Nusa, Gianyar, Bali.
Ada miniatur Candi Borobudur. Replika itu tentu saja tidak sebesar aslinya, tapi sudah mencakup semua aspek candi. Mini Borobudur ini dibangun dengan tiga tingkat dengan teras segi empat, teras bundar, dan juga stupa raksasa di puncak.

Selain itu, area lain yang tidak kalah populer di sini adalah Rumah adat dari banyak suku dibangun di sini. Menariknya, rumah itu juga ditinggali oleh pemerhati budaya. Bukan cuma itu, mereka juga bisa menunjukkan keterampilan dan budaya dari tempat asal rumah adat tersebut.

3. Patung Empat Marga ala Hokage

Tugu Empat Marga, Tulang Bawang.
Tugu Empat Marga, Tulang Bawang. via Instagram/mutiyona

Patung Megow Pak alias Empat Marga di Tulang Bawang, Lampung, ini sebenarnya adalah monumen yang dibuat oleh masyarakat setempat. Komunitas adat itu dibentuk untuk mempertahankan hak mereka dari penjajahan Belanda. Dari sisi bentuk monumen, terdapa empat wajah yang mewakili masing-masing pemuka marga .

Anak-anak muda setempat juga mengenal tempat ini dengan sebutan Patung Hokage (gelar kepala desa dalam serial manga/anime Naruto). Di Naruto, wajah para Hokage memang dipahat di sebuah tebing Desa Konoha. Jika ditelusuri lebih jauh lagi, model patung wajah di tebing seperti ini meniru monumen Mount Rushmore yang dihiasi pahatan empat wajah Presiden Amerika Serikat.

4. Replika Istana Merdeka Beserta Isinya di Jatim Park 3

Replika Istana Merdeka di Jaawa Timur Park 3.
Replika Istana Merdeka di Jawa Timur Park 3. via Instagram/dhiaz_anggie

Jawa Timur Park 3 di Kota Wisata Batu juga punya replika Istana Merdeka. Di sini, bangunannya dibuat sangat bagus untuk menarik wisatawan. Tapi kemiripan bukan hanya ada pada kemegahan istana berwarna putih itu. Di bagian dalam, ada patung tujuh Presiden Indonesia. Para pengunjung pun bisa berpose bukan cuma di depan istana, tapi juga dengan patung para Presiden.

Itulah beberapa replika unik yang ada di Indonesia. Datang ke sini tidak hanya akan bikin cantik feed Instagram, tapi juga bisa sekalian menambah wawasan. Liburan terdekat, ingin mampir ke mana dulu, Teman Traveler?

Tags
Indonesia Wisata
Share