Tempat Keren dengan Monumen Pesawat Terbang, Instagram-able Banget

Tempat-tempat unik dan anti mainstream selalu dicari-cari untuk dijadikan sebagai tempat foto atau sekedar mengagumi sesuatu yang jarang ada di muka bumi. Ada yang sampai menjelajahi hutan hingga menemukan fenomena alam baru atau berpose di tempat dengan bangkai pesawat terbang berikut ini. Ada juga yang sengaja diperindah dengan taman-taman dan menjadi monumen kebanggaan. Kemudian ada yang dibiarkan begitu saja agar terkesan antik.

Pesawat dalam ukuran dan bentuk sebenarnya jarang bisa kita lihat dari dekat kalau tidak ke bandara atau memang berkesempatan terbang bersama burung besi itu. Nah yang belum bagaimana? Tenang saja, kamu masih bisa menikmati pemandangan seperti itu dengan datang ke beberapa tempat berikut ini.

1. Bangkai Pesawat Pandawa Bali

Bangkai Pesawat Pandawa Bali [image source]
Lokasinya tidak begitu jauh dari bibir Pantai Pandawa di Bali. Kamu yang sempat mengunjungi Pantai Gunung Payung juga bisa mampir untuk melihat pesawat berwarna putih yang sudah tidak lagi digunakan. Karena berada di dasar tebing, kamu bisa melihat keseluruhan badan pesawat dari ketinggian. Jenisnya adalah Boeing 737. Rencana Awalnya, bangkai pesawat itu akan direnovasi hingga menjadi sebuah restoran mewah oleh pemiliknya. Karena masih belum rampung, maka para wisatawan yang kebetulan lewat di dekat lokasi sengaja mampir untuk mengambil foto dengan latar belakang bangkai pesawat.

2. Monumen Pesawat Tilatang

Monumen Pesawat Tilatang [image source]
Tilatang adalah sebuah kecamatan di Sumatera barat, jaraknya hanya 5 km dari Kota Bukittinggi. Ada sebuah pesawat yang diresmikan sebagai monumen di tempat ini. Menjadi tanda peringatan dan bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah kala itu. Maka yang ditampilkan adalah jenis pesawat tempur yaitu Avro Anson RI 0003. Pembelian pesawat ini dulunya dari sumbangan masyarakat Minang . Sayangnya, keadaan patung ini sekarang sungguh memprihatinkan dan tidak terawat lagi. Bahkan area di sekitarnya dijadikan sebagai lokasi belajar mengemudikan mobil.

3. Monumen Pesawat Lanud Malang

Monumen Pesawat Lanud Malang[image source]
Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Malang senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan areanya. Apalagi terdapat bandara yang semakin ramai melayani transportasi para penumpang. Di area pangkalan terdapat monumen pesawat terbang. Yang membuat unik adalah bagian luarnya dicat dengan motif-motif unik. Kamu bisa melihat lebih dari lima monumen yang keren. Salah satunya di depan gerbang masuk Jenisnya adalah Mustang. Kemudian ada juga B-25 Mitchel dan masih banyak lainnya.

4. Monumen Dirgantara Pekanbaru

Monumen Pesawat Pekanbaru [image source]
Monumen Dirgantara yang ada di Pekanbaru disebut juga Tugu Pesawat. Awalnya Berada di titik nol km ibu kota Riau, kini dipindahkan di Depan Gedung Juang Pekanbaru. Adanya monumen ini akan mengingatkan kita bahwa Pekanbaru pernah menjadi basis kekuatan Angkatan Udara selama Indonesia berkonfrontasi dengan Malaysia sekitar tahun 1950-an. Yang dijadikan monumen di sini adalah pesawat tempur jenis Sabre 86 J388. Alat tempur yang berhasil dibeli oleh Indonesia berkat dana patungan sejumlah pihak di Pekanbaru. Pernah juga digunakan untuk melawan Belanda saat perang kemerdekaan.

5. Monumen Pesawat Aceh

Monumen Pesawat Aceh [image source]
Aceh juga punya monumen pesawat keren. Namun yang ada di Lapangan Blang Padang ini ternyata replika. Bangkai yang asli disimpan di Taman Mini. Keberadaan monumen ini juga tidak bisa dilepaskan dari peran masyarakat Aceh di masa silam. Waktu itu, atas kerja sama banyak pihak akhirnya terkumpulah dana untuk membeli pesawat pertama Indonesia yang kemudian diberi nama Dakota R-001 Seulawah.

6. Monumen Dirgantara Banjarbaru

Monumen Dirgantara Banjarbaru [image source]
Jika kamu melewati simpang empat landasan Ulin, Banjarbaru, dekat Pangkalan TNI-AU Syamsudin Noor Kalimantan Selatan, pasti akan melihat monumen pesawat yang nampak usang karena usia. Namun taman-taman di sekitarnya mampu menjadi pemanis, dan bangkai pesawat buatan Rusia itu jadi sedap di pandang. Jenisnya adalah MIG-17 dan memiliki mesin canggih pasa masanya. Pesawat ini pernah ikut ambil bagian dalam operasi pembebasan Irian Barat sekitar tahun 1962.

7. Bangkai Pesawat di Semarang

Bangkai Pesawat Kalipancur [image source]
Tempat yang satu ini lagi hits banget di Semarang, banyak yang datang untuk naik ke moncong pesawat kemudian berfoto selfie. Awalnya hanya bangkai pesawat yang dibiarkan begitu saja, namun karena unik dan antik, tiba-tiba saja berubah jadi tempat wisata. Lokasinya ada di Kawasan wisata Kalipancur tepatnya di Jalan Candi Penataran, Manyaran Semarang. Kamu bisa masuk tuh ke dalamnya namun jangan harap menemukan bangku-bangku penumpang karena perut pesawat sudah di kosongkan.

Itulah beberapa tempat keren dengan monumen atau bangkai pesawat. Tertarik untuk ke sana?

Tags
Bali monumen PEsawat semarang
Share